Manfaat Minum Teh Hijau

Selain ngopi atau ngopi, kebiasaan orang Indonesia juga gemar mengkonsumsi teh. Namun, jika dibandingkan dengan teh hitam, teh hijau lebih banyak digemari dan lebih populer. Sebab, I dalamnya terdapat banyak manfaat yang menguntungkan kesehatan tubuh. Di dalam teh hijau terdapat kandungan antioksidan tinggi, gunannya sebagai penolak racun dan mendukung proses detoksifikasi.

Selain itu ada pula beberapa kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin C, vitamin E, polifenol dan lain sebagainya. Lantas apa saja manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi teh hijau secara teratur? Selengkapnya, ini adalah sajian informasinya untuk Anda.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan vitaminĀ  E yang ditemukan di dalam teh hijau, ternyata begitu bermanfaat sekali untuk meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh (imunitas), yang mana sistem imun adalah bagian tubuh yang berperan untuk menangkal bakteri, virus dan kuman yang masuk.

Dektoksifikasi Alami

Pada dasarnya tubuh kita telah mempunyai kemampuan mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan sendirinya. Namun, hal tersebut akan berjalan lebih optimal lagi, apabila didukung dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan antioksidan tinggi yang berperan aktif untuk menangkal racun.

Menangkal Efek Radikal Bebas

Efek radikal bebas begitu berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena bisa menimbulkan adanya penyakit kanker. Namun, kandungan polifenol yang terdapat pada teh hijau sngat ampuh untuk menangkal efek radikal bebas, sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit kanker dan jenis penyakit kronis lainnya.

Apakah Anda memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi teh hijau setiap hari? Walaupun hal tersebut merupakan kebiasaan yang menyehatkan, karena teh hijau direkomendasikan untuk dikonsumsi 3 x sehari sebagai minuman kesehatan dan diet. Namun, tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dikaidahkan sebelum mengkonsumsinya.

Teh hijau juga memiliki kandungan kafein, sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi dalam kondisi perut yang masih kosong, terutama bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit lambung. Sebab, jumlah kafein yang ada di dalam teh hijau justru dapat meningkatkan produksi asam lambung / HCL ketika perut sedang kosong. Jadi, konsumsilah teh hijau di pagi, siang hingga sore hari, sesudah makan.

Tak hanya itu saja, kebiasaan mengkonsumsi / minum teh hijau sangat tidak dianjurkan bagi wanita hamil, terutama bagi janin yang hipersensitif atau yang lebih rentan terhadap kandungan kafein. Biasanya resiko keguguran kerap terjadi, pada kandungan trimester pertama, sehingga bagi ibu hamil, sebaiknya jangan mengkonsumsi teh hijau, kecuali jika dikonsumsi atas petunjuk dokter.

Setiap manfaat minum teh hijau yang telah disebutkan di atas, hanya bisa kita dapatkan, ketika kita mengkonsumsinya secara bijak, yakni dalam jumlah yang tidak berlebih dan juga selalu mengikuti tata cara yang benar.