Manfaat Minum Kopi

Sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta kopi, sehingga aktivitas minum kopi kini sudah menjelma sebagai hal yang wajib dilakukan, sebelum dan sesudah melakukan sesuatu. Apalagi, di jaman digital seperti sekarang ini sudah banyak gerai, cafe, kedai dan tempat lain yang menyediakan hidangan kopi level premium yang dilengkapi fasilitas lengkap bagi para pengunjungnya. Jadi, nikmat minum kopi seperti apa yang akan terdustakan?

Ternyata kebiasaan minum kopi bukan hanya nikmat saja, karena manfaat dari kopu itu sendiri turut melengkapi keistimewaanya. Dibalik rasa manis pahit yang ada pada kopi, ternyata ada banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Adapun setiap manfaatnya adalah, sebagai berikut ini:

Membuat Lebih Bertenaga

Setiap penggemar kopi pun pasti tahu, bahwa kopi memiliki kandungan kafein. Nah, stimulan kafein inilah yang dapat mempengaruhi kinerja otak dalam menghasilkan rangsangan baik bagi tubuh, yakni dapat meningkatkan energi dan suasana hati.

Dapat Menurunkan Resiko Kematian

Sungguh luar biasa, karena kebiasaan minum kopi bisa menurunkan resiko kematian. Pernyataan ini diperkuat dengan adanya penelitian dari sebuah Sebuah National Institutes of Health – AARP Diet dan Studi Kesehatan yang dilakukan dari tahun 1995 hingga 2008. Penelitian tersebut menyebabkan skitar 400.000 orang pecinta kopi. Hasilnya adalah, orang yang terbiasa minum kopi 2 – 3 cangkir setiap hari, dapat mengurangi resiko kematian dari 6 – 10%.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Anda harus tahu, bahwa kebanyakan suplemen yang dijual di pasaran mengandung kafein. Alasannya adalah, di dalam kafein terdapat zat alami yang dapat membantu proses pembakaran lemak. Dengan demikian, minum kopi pun bisa membantu menurunkan berat badan secara bertahap.

Kaya Akan Sumber Antioksidan

Kopi merupakan minuman yang tinggi akan kandungan sumber antioksidan. Manfaat dari antioksidan itu sendiri ialah, dapat mencegah penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan kanker. Selain itu, antioksidan juga berperan untuk menangkal radikal bebas, sehingga sel-sel di dalam tubuh akan selalu sehat.

Mencegah Penyakit Parkinson

Parkinson merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya degenerasi fungsi sel saraf. Penyakit ini ditandai dengan rasa gemetar yang berujung pada saraf yang kemudian melemah. Kondisi seperti ini sering teerjadi pada lansia, akan tetapi hal semacam ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi kopi setiap hari.

Sejauh ini Anda pasti berpikir bahwa kopi termasuk salah satu minuman kesehatan. Namun hal tersebut tidaklah benar, karena meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, kopi tidak boleh dikonsumsi dalam takaran yang berlebihan. Ya, seperti dua sisi mata uang yang berbeda. Selain ada manfaat, ada pula dampak buruknya, yang mana berpengaruh pada peningkatan tekanan darah dan asam lambung. Jadi, tetaplah minum kopi dalam porsi yang bijak ya.