Manfaat Daun Pandan

Daun pandan banyak dijumpai di Indonesia, karena sebagian besar masyarakat Indonesia pasti akan menanam daun pandan di halaman / perkarangan rumah mereka. Sebab, dan pandan banyak digunakan sebagai pewarna hijau alami dan juga digunakan sebagai penambah aroma hingga dari suatu masakan. Namun ada fakta yang lebih mencengangkan, karena daun pandan bukan hanya berguna untuk masakan saja, tetapi juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Untuk informasi selengkapnya, ini adalah sajian informasinya untuk Anda:

Mengatasi Penyakit Diabetes

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Magazine telah mengungkapkan bahwa ekstrak daun pandan dapat menurunkan kadar gula yang berlebihan dan dapat merangsang produksi hormon insulin. Yang mana kedua hal tersebut, sangatlah ampuh sekali dalam mengatasi / mengobati penyakit diabetes.

Mengobati Penyakit Kanker

Berdasarkan penelitian para ahli yang dilakukan pada than 2014, terungkap bahwa ekstrak dari daun pandan memiliki sifat antiproliferatif, antimitotik, apoptosis dan sitotoksik. Sifat-sifat tersebut berperan aktif untuk mencegah dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker yang berada di dalam tubuh.

Menetralisir Racun

Cobalah minum teh daun pandan, karena minuman ini terbukti sangat efektif dalam menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Cara kerjanya adalah, dapat melepaskan kotoran dan setiap racun yang sebelumnya telah terserap oleh tubuh.

Mengobati Rematik

Rematik adalah permasalahan radang sendi yang bisa menyebabkan rasa nyeri, sakit dan bisa terjadi pembengkakan pada area persendian. Biasanya, hal ini terjadi karena disebabkan oleh autoimun. Namun, permasalahan rematik bisa diatasi dengan menjadikan air rebusan daun pandan dan minyak kelap untuk dijadikan sebagai obat gosok / obat oles pada bagian tubuh yang terasa sakit karena rematik.

Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Punya masalah ketombe dan rambut rontok yang tak kunjung usai? Coba manfaatkan daun pandan sebagai masker rambut, caranya hanya tinggal menumbuk daun pandan hingga halus untuk dioleskan dari ujung hingga ke bagian pangkal rambut. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas merata menggunakan air bersih.

Ternyata di balik daun pandan yang biasanya sering digunakan sebagai pelengkap masakan, ternyata ada banyak sekali manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jangan pernah merasa menyesal setelah menanamnya. Rawatlah baik-baik tanaman daun pandan kesayangan Anda, agar tetap terjaga dan tetap bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Walaupun manfaat daun pandan bagi kesehatan sangatlah besar sekali, namun tetap gunakn alam ukuran atau dalam dosis yang bijak. Sebab, jika digunakan secara berlebihan, kita sendiri pn tak pernah tau dampak yang seperti apa yang akan ditimbulkan, akibat mengkonsumsi / menggunakan daun pandan dalam jumlah yang berlebihan untuk per harinya.