Manfaat Daun Bidara

Apakah sudah familiar dengan daun bidara? Bidara memiliki nama latin / nama ilmiah, Ziziphus Mauritiana. Tanaman ini menyerupai tumbuhan semak belukar yang bisa tumbuh dengan cepat. Tanamananya memiliki banyak cabang dan terdapat duri pada setiap batang kayunya. Sementara bagian daunnya berbentuk elips dengan warna hijau mengkilap. Untuk lebih jelasnya, bisa Anda ketahui dari gambar.

Alasan Mengapa Anda harus mengetahui daun ini ialah, karena daun bidara memiliki banyak manfaat yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Jadi, Anda harus mengenali ciri-cirinya agar tidak salah menggunakan jenis daun. Untuk selebihnya, Anda bisa memanfaatkan manfaat daun bidara seperti halnya yang ada di bawah ini:

Mengobati dan Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah permasalahan umm yang sering dialami oleh semua orang, terutama para remaja. Namun jangan khawatir, permasalahan jerawat bisa diatasi dengan menggunakan daun bidara, yakni dengan menumbuk daun tersebut hingga halus dan ditambahkan dengan sedikit air menjadi pasta. Kemudian, olehkan pada bagian wajah yang bejerawat seperti memakai masker. Kemudian diamkan selama 20 menit, lalu cucilah wajah hingga bersih.

Menyehatkan Organ Lambung

Bagi yang memiliki riwayat penyakit lambung, mengkonsumsi air rebusan daun bidara sangatlah pas. Sebab, daun ini dapat meredakan berbagai macam penyakit dan keluhan penyakit lambung.

Menjaga Kesehatan Mulut

Permasalahan pada mulut yang begitu menganggu, biasanya adalah sariawan dan bibir pecah-pecah. Permasalahan ringan seperti ini bisa diatasi menggunakan daun bidara, yakni dengan mengkonsumsi air dan bidara secara teratur.

Mengatasi Masalah Haid Yang Tidak Lancar

Daun bidara sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi para wanita, karena daun ini berkhasiat untuk melancarkan siklus menstruasi dan dapat menagatasi haid yang biasanya terasa sakit.

Mengatasi Masalah Keputihan Pada Wanita

Selain dapat memperlancar siklus menstruasi, manfaat daun bidara juga berfungsi untuk mncegah dan mengatsi keputihan yang dialami oleh wanita. Daun ini berkhasiat untuk menghilangkan jamur yang terdapat di dalam miss V, yang mana keberadaan jamur tersebut merupakan penyebab utama dari timbulnya keputihan dan permasalahan kesehatan kewanitaan lainnya.

Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka karena jatuh, tergores ataupun semacamnya bisa disembuhkan hanya dengan menggunakan daun bidara. Daun ini memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu menyembuhkan luka jauh lebih cepat.

Mencegah Bakteri dan Virus

Daun bidara berperan ampuh untuk meningkatkan dan menjaga kesimbangan sistem kekebalan di dalam tubuh, sehingga tubuh akan terhindar dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Apakah Anda masih ragu dengan manfaat daun bidara? Jika tidak, cobalah untuk menanam atau membudidayakan tanaman bidara ini, agar Anda bisa menggunakannya sewaktu-waktu apabila sedang diperlukan. Sebab, di daerah perkotaan, keberadaanya memang sudah terbilang sulit untuk ditemukan.