Manfaat Buah Pisang

Ayo tebak! Buah apa yang panjang, kuning dan manis? Ya, benar sekali, jawabannya adalah buah pisang. Sama halnya dengan jenis buah lainnya, pisang juga termasuk salah satu buah yang difavoritkan oleh banyak orang dari setiap kalangan. Harganya yang terjangkau dan manfaatnya yang begitu banyak bagi kesehatan tubuh, membuat buah ini dijadikan sebagai kudapan wajib dalam keseharian.

Apakah Anda sudah mengetahui, mengenai apa saja mafaat yang terkandung di dalam buah pisang? Ayo cari tahu informasi seputar manfaat dari mengkonsumsi buah pisang. Yang mana setiap penjabarannya, dapat dilihat dari sini.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Keluhan masalah / gangguan sistem pencernaan sering dihadapi oleh setiap orang, seperti diare, sembelit, perut kembung, mual dan lain sebagainya. Tapi jangan khawatir, karena buah pisang bisa menyembuhkan berbagai permasalahan sistem pencernaan dan dapat menyehatkan sistem pencernaan. Pisang memiliki tekstur yang lembut, sehingga nutrisinya akan lebih cepat terserap masuk oleh tubuh. Selain itu, kandungan serat pangan di dalamnya dapat memperlancar BAB. Kemudian, terdapat pula senyawa kalium yang dapat menggantikan elektrolit yang hilang setelah kekurangan cairan akibat diare.

Menurunkan Tekanan Darah

Hasil penelitian dari American Heart Association (AHA) merekomendasikan para penderita hipertensi untuk mengkonsmsi makanan berkelium tinggi, seperti buah pisang. Pisang memang memiliki kandungan senyawa kalium tinggi, sehingga buah yang satu ini juga dapat menurunkan tekanan darah, dengan cara menurunkan kadar natrium berlebih yang ada di dalam tubuh.

Mencegah Terjadinya Penyakit Stroke

Lagi-lagi masih soal kalium, yang juga perperan aktif untuk membantu menurunkan resiko penyakit stroke, terutama bagi para wanita yang telah melewati masa menopause. Mengapa demkian? Sebuah hasil penelitian telah membuktikan bahwa wanita pasca menopause harus mengkonsumsi makanan berkelium tinggi, seperti buah pisang. Tujuannya agar terhindar dari ancaman penyakit stroke.

Meningkatkan Stamina Setelah Berolahraga

Beberapa orang cenderung terbiasa untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahrag dengan minum minuman berenergi. Padahal kebiasaan ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ada cara lain untuk itu, yakni dengan mengkonsumsi buah pisang, sebelum dan sesudah berolahraga.

Menjaga Kesehatan Kulit

Di dalam buah pisang terdapat kandungan vitamin yang berperan aktif untuk menutrisi kulit, sehingga kulit pun menjadi lebih kenyal, produksi kolagen menjadi meningkat, kulit menjadi halus, kenyal dan juga lembab.

Makanan yang biasa kita dapatkan, ternyata masing-masing diantaranya memiliki kandungan dan manfaat yang begitu baik bagi kesehatan tubuh. Hal serupa juga ada di dalam buah pisang. Apalagi, di iklim tropis seperti Indonesia, buah ini mudah dijumpai, harganya pun terjangkau. Jadi, kita bisa memakannya sepuasnya, tapi jangan lupa jaga batasan agar manfaatnya bisa didapatkan secara maksimal.