Manfaat Buah Kurma

Buah yang satu ini begitu banyak dijumpai ketika bulan Ramadhan tiba. Walaupun buah ini lebih sering dimakan dalam keadaan yang sudah dikeringkan ketimbang dalam kondisi yang masih segar, namun kandungan nutrisi dan manfaat di dalamnya masih sangat terjaga sekali. Meskipun kurma merupakan jenis buah berukuran kecil, namun terdapat manfaat begitu besar yang ada di dalamnya. Adapun nutrisi yang terdapat di dalamnya, meliputi: mangnesium, kalium, tembaga, mangan, serat dan vitamin B6.

Dengan demikian, sangatlah wajar jika kurma memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh orang yang mengkonsumsinya dalam porsi yang pas atau tidak berlebihan. Dan, inilah manfaat dari buah kurma yang harus diketahui:

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sebelumnya sudah diketahuii bahwa di dalam buah ini terdapat kandungan serat pangan. Jumlah serat pangan yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk menyehatkan dan melancarkan sistem penceraan. Jika sistem pencernaan menjadi sehat, maka tubuh pun akan terhindar dari resiko sembelit, wasir dan berbagai macam penyakit saluran sistem pencernaan lainnya.

Menyehatkan Organ Jantung

Selain dapat menyehatkan saluran sistem pencernaan, buah kurma juga memiliki kandungan serat pangan yang begitu baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, sehingga jantung pun akan befungsi dengan normal dan lebih optimal.

Menyembuhkan Peradangan

Buah kurma memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat berguna untuk menyembuhkan berabagai peradangan pada tubuh, seperti peradngan pada kulit hingga pada bagian tulang dan sendi.

Menstabilkan Tekanan Darah

Kandungan senyawa mangensium yang ada di dalam kurma, sangatlah bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Di samping itu, terdapat pula kandungan potassium yang berperan untuk membantu fungsi jantung dalam mengoptimalkan tekanan darah.

Mengurangi Resiko Penyakit Stroke

Setiap riset penelitian menunjukkan bahwa para penderita penyakit stroke akan berkurang hingga sekitar 9% setelah mengkonsumsi buah kurma 100 mg pr harinya. Informasi ini juga didukung dengan hasil penelitian di Amerika yang telah dipublikasikan dalam Journal of Clinical Nutrition.

Menyehatkan Kandungan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Universitas Teknologi dan Sains mengungkapkan bahwa, seorang wanita hamil yang mengkonsumsi buah kurma secara rutin 4 minggu atau 1 bulan sebelum masa persalinan, selalu berhasil dalam melancarkan proses persalinan normal, hasilnya pun terbilang sangat signifikan.

Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kadar vitamin B6 di dalam buah kurma jumlahnya cukup melimpah. Yang mana, kebradaanya mampu mencukupi asupan nutrisi yang diperlukan oleh otak kita, sehingga fungsi dan kinerja otak menjadi semakin otak, sehingga dengan kata lain kurma merupakan salah satu jenis buah yang dapat menyehatkan serta mencerdaskan otak.

Dari sekian banyaknya manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi buah kurma, kita pun akan semakin giat lagi dalam mengkonsuminya secara teratur. Namun, yang sangat disayangkan saja, buah kurma hanya ada di Indonesia, ketika bulan Ramadhan saja. Alternatif lain, Anda bisa pilih untuk mengkonsumsi ekstrak buah kurma yang sudah terjamin kehalalal dan kebaikannya.