Manfaat Buah Bit

Sejauh ini memang banyak orang yang belum terlalu familiar dengan buah bit. Padahal, buah yang masih berada dalam satu family dengan sayuran lobak dan sayuran berakar ini, memiliki kandungan manfaat yang begitu luar biasa. Buah bit merupakan tanaman jenis umbi yang memiliki warna ungu kemerahan. Sekilas bentungnya menyerupai kentang, namun buah bit memiliki akar pada bagian tangkainya.

Buah ini sering dikonsumsi oleh mereka yang tengah menjalankan program diet. Namun, terlepas dari itu, buah bit juga banyak dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaatnya? Ayo cari tahu manfaat dari buah bit secara lebih detail!

Sumber Antioksidan

Senyawa antioksidan merupakan sumber nutrisi dengan banyak fungsi yang menguntngkan, diantaranya adalah dapat menangkal radikal bebas, dapat mencegah terjainya stress oksidatif, dan mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh hingga dapat mencegah terjadiny penyakit kronis, seperti kanker, diabetes hingga penyakit jantung.

Dektoksifikasi Alami

Tubuh kita sebenarnya memiliki kemampuan untuk mengeluarkn racun dengan sendirinya. Secara ilmiah, proses tersebut dikenal sebagai detoksifikasi. Nah, dengan rutin mengkonsumsi buah bit, maka kemampuan tubuh dapat mendetoks racun akan berjalan lebih meningkat dan akan jauh lebih stabil dari biasanya.

Menstabilkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi jus umbi buah bit setiap hari, terbukti dan menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat menstabilkan tekanan darah menjadi normal kembali. Hal ini disebabkan karena, di dalam buah bit terdapat kandungan asam nitrat yang berperan aktif untuk menstabilkan tekanan darah.

Meningkatkan Energi/Stamina

Setiap harinya para atlet olahragawan selalu mengkonsumsi jus buah bit. Sebab, kandungan asam nitrat yang terdapat di dalamnya memiliki kemampuan untuk menjadikan sel-sel baik di dalam tubuh menghasilkan energi dalam jumlah yang lebih banyak.

Mencegah Penyakit Anemia

Anemia merupakan penyakit yang ditandai dimn tubuh kita sedang kekurangan sel darah merah. Untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit anemia, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah bit secara teratur. Hal ini dikarenakan, di dalam buah bit terdapat zat besi tinggi, yang bisa mergenerasi sel-sel darah merah dalam jumlah yang cukup dan dpat menyplai oksigen untuk menjaga kesehatan serta memperlancar sirkulasi darah.

Menyehatkan dan Memperlancar Sistem Pencernaan

Buah bit memiliki kandungan serat pangan dalam jumlah tinggi. Kandungan serat pangan tersebut berguna sekali untuk menyehatkan dan memperlancar sistem pencernaan, sehingga tubuh pun akan terhindar dari masalah pencernaan, seperti sembelit, wasir hingga kanker usus.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa, buah bit banyak dikonsmsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet. Alasannya adalah, di dalam buah bit terdapat kandungan kalori dalam jumlah yang tubuh, sehingga dapat menambah rasa kenyang lebih lama.

Selain banyak dikonsumsi dan digunakan karena manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Ternyata buah bit juga sering dijadikan sebagai perwarna alami pada makanan, sehingga makanan tersebut akan tampil dengan warna merah menarik namun tetap menyehatkan.