Manfaat Buah Alpukat

Hemmm, siapa sih yang tak akan suka dengan buah alpukat? Buah yang satu ini difavoritkan oleh banyak orang. Selain dapat dimakan / dikonsumsi secara langsung, alpukat menjadi sangat lezat apabila dijadikan sebagai jus, salad buah ataupun dijadikan sebagai komponen es buah. Buah yang begitu lumer di mulut dengan rasa yang begitu gurih ini, juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Siapa sih, yang tak akan bertambah suka dan jatuh cinta dengan buah yang satu ini? Pasalnya selain lezat, buah ini pun memiliki banyak manfaat menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Yuk, telusuri lebih jauh lagi mengenai manfaat apa saja yang terkandung di dalam buah alpukat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah diketahui bersama, jantung memiliki fungsi dan peran yang sangat vital, sehingga kesehatan dari jantung haruslah selalu terjaga. Kadar lemak tak jenuh yang terdapat di dalam buah alpukat berfungsi untuk mengrangi kadar kolesterol berlebih di dalam darah. Ketika darah bersih dari tumpukan kolesterol jahat, maka pembuluh darah pun menjadi sehat, sehingga tubuh akan tehindar dari berbagai permasalahan penyakit jantung dan jantung pun akan menjadi lebih sehat.

Menurunkan Resiko Penyakit Stroke

Sebuah penelitian pada tahun 2013 yang ditertkan dalam Journal Nutrition, mengungkapkan bahwa buah alpukat memiliki peranan penting dalam menurunkan resiko terjangkitnya syndrome metabolik, yakni sebuah syndrome yang dapat memicu terjadinya penyakit stroke secara mendadak.

Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Salah satu penyebab utama munculnya penyakit berbahaya yang kronis, seperti diabetes militus. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan kadar gula di dalam darah. Namun, kandungan lemak tak jenuh di dalam buah alpukat terbukti ampuh untuk mengontrol kadar gula darah dan dapat meransang produksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup.

 Mencegah Kecacatan Janin

Sebuah penelitian yang dilakukan pada riset California Avocado Comission  menemukan fakta baru seputar buah alpukat. Yang man, buah alpukat mampu menyuntikan nutrisi yang diperlukan oleh janin yang ada dalam kandungan, sehingga janin tersebut akan terhindar dari resiko terlahir cacat.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan serat pangan. Fungsi dari serat itu sendiri berguna untuk menyehatkan dan melancarkan sistem serta organ-organ pencernaan yang terdapat di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain berguna bagi kesehatan tubuh, alpukat pun bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit. Sebab, kandungan vitamin C dan vitamin E yang terdapat di dalamnya sangat berguna untuk menutrisi kulit, mencerahkan, menghaluskan hingga dapat melembabkan kulit.

Alam telah menyediakan banyak hal yang luar biasa bagi kita semua. Untuk itu, tak ada salahnya kita pun harus turut berterima kasih dengan cara, turut membudidayakan ataupun melestarikan pohon-pohon alpukat, agar anak-cucu kita nanti juga bisa merasakan manfaatnya.