Cantik Sehat

Dalam dunia modern saat ini definisi cantik tidak hanya berarti kesempurnaan struktur fisik saja. Terminologi cantik saat ini sangatlah berbeda dengan kenyataan yang kita hadapi tempo dulu. Ketika kita melihat sesuatu yang cantik, keinginan untuk memiliki dan mencintainya seolah tak terbendung lagi. Cantik dapat pula diibaratkan sebagai sesuatu yang mempunyai kekuatan magnet yang menarik perhatian orang di sekelilingnya walaupun terkadang dapat diartikan sebagai sesuatu yang sulit ditemui atau sebagai sesuatu yang unik dan mudah sekali untuk lenyap dari hadapan kita. Sejak dahulu orang pun berpendapat bahwa cantik merupakan anugerah dari Tuhan yang diberikan pada orang-orang yang beruntung. Cantik juga biasanya terkait erat dengan kisah mengenai titisan putri dari kayangan.

Pada saat ini pengertian cantik dijelaskan tidak hanya secara fisik dan satu arah saja. Cantik di masa kini merupakan perpaduan harmonis dari berbagai macam aspek dan ragam individual. Warna kulit yang putih tidaklah menjadi tolok ukur yang digunakan untuk mengekspresikan suatu kecantikan. Kulit yang sehatlah yang menjadi suatu aspek pendukung ekspresi cantik itu sendiri. Model-model dunia saat ini sangatlah bervariasi dan tidak hanya terdiri atas  mereka yang berkulit putih saja. Inilah yang ingin saya  tekankan kepada kalangan umum di Indonesia. Warna kulit, rambut, dan maim tidak lagi menjadi ukuran kecantikan  tetapi keunikan dan perbedaan yang saat ini lebih ditekankan dalam pencarian bibit-bibit unggul model dunia. Apalagi kemajuan rias wajah atau make-up dapat menciptakan sesuatu yang luar biasa bila diaplikasikan pada wajah yang  mempunyai keunikan dan ciri khas tertentu.

Dengan kemajuan teknologi make-up saat ini apa yang dahulu khalayak ramai temui sebagai perbedaan justru sekarang menjadi nilai jual di dunia kosmetik dan fashion. Perbedaan drastis di dalam dunia kecantikan saat ini merupakan bukti keberhasilan dari kemajuan teknologi di dunia kosmetik baik dari segi perawatan kulit ataupun make-up.

Saat ini perusahaan kosmetik terkemuka di dunia telah  mempunyai departemen tersendiri untuk riset dan pengembangan bahan dasar kosmetik. Mereka melakukan uji coba dan tes alergi terhadap kulit manusia di laboratorium pada produk-produk kosmetik yang mereka kembangkan. Berkat inovasi dan kemajuan di dunia kosmetik saat ini, tiada yang mustahil dalam dunia kecantikan. Saya bisa menjamin bahwa semua ini merupakan kenyataan dan bukanlah sekadar impian dan janji-janji muluk belaka. Perkembangan nyata dapat kita lihat dalam pembuatan krim anti-penu-aan, proses untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat atau kerusakan kulit karena sinar matahari, cara menutupi atau menghilangkan tanda-tanda lahir yang mengganggu segi estetika pada daerah wajah, keberhasilan menyingkirkan lingkaran hitam di sekitar mata, dan inovasi perawatan rambut.

Merawat atau mengubah bentuk tubuh bukanlah sesuatu yang mustahil untuk mencapai hasil yang diinginkan oleh pengguna kosmetik saat ini. Sering kali kita tak menyadari bahwa seseorang yang berada di hadapan kita menggunakan make-up. Teknologi di bidang pembuatan foundation dan compact powder saat ini yang sangat mutakhir dan dapat diandalkan membuat hal itu menjadi sesuatu yang mungkin terjadi. Foundation yang ada saat ini dapat dirancang sedemikian rupa dengan menggunakan campuran silikon untuk mencegah efek kelebihan minyak pada daerah wajah setelah pemakaian beberapa jam. Teknologi silikon yang ada saat ini sangatlah menjan-jikan hasil akhir make-up maupun produk perawatan kulit yang baik. Saat ini kita tidak perlu merasa khawatir akan efek samping make-up yang dapat memacu tumbuhnya jerawat atau hasil akhir make-up yang terlihat tidak menyatu dengan tekstur kulit.

Kemajuan pesat dunia kosmetik tidak hanya berhenti di titik ini saja. Dengan kecanggihan teknologi kosmetik saat ini begitu banyak orang yang terselamatkan dari tekanan, stres, ataupun depresi yang dialaminya. Saya masih terkenang dengan kisah seorang pasien yang datang kepada seorang ahli kulit kosmetik di London setelah dirujuk oleh psikiater yang merawatnya.

Si pasien merasa tertekan atas problem jerawat yang dideritanya, apalagi setiap wawancara pekerjaan yang ia hadapi selalu berakhir dengan kegagalan. Setelah berkonsultasi dengan seorang psikiater, ternyata ia kehilangan rasa percaya diri… yang penyebab utamanya adalah jerawat yang bercokol di wajahnya. Sederhana, tetapi begitu merusak hidup dan rasa percaya diri.

Setelah beberapa kali perawatan kulit dan pembekalan mengenai cara menanggulangi jerawat didapatkan, masalah kulit si pasien dapat diatasi dengan memuaskan dan rasa percaya diri yang hilang pun kembali diraihnya. Kemajuan teknologi di bidang make-up saat ini dapat diandalkan untuk mengatasi kasus sehari-hari yang sering kita temui karena hilangnya percaya diri atau sesuatu yang mengganggu keluwesan dalam kehidupan bermasyarakat secara adekuat dan singkat.

Arti Kata Cantik

Cantik adalah sesuatu tentang kesenangan dan kebaha-giaan, bukan penderitaan ataupun kesengsaraan. Definisi cantik yang kini sangat luas telah membuatnya dipandang tak hanya dari tampilan luar tetapi lebih ke sisi dalam yang berarti kepribadian dan kejiwaan seseorang. Paras dan tubuh cantik tak menjamin seseorang dapat digolongkan sebagai makhluk yang cantik.

Cantik yang ada saat ini merupakan suatu fenomena yang pelik dan lebih mengaitkan banyak aspek. Dalam suatu pemilihan supermodel dunia terkadang juri sering sekali bingung memilih orang yang layak menyandang gelar supermodel. Mereka harus memadukan segala aspek dari tekstur kulit dan rambut, pemakaian snake-up yang dipadukan dengan busana, bentuk tubuh, yang ini semua dapat diubah atau dibentuk dengan kemajuan teknologi kosmetik saat ini. Terkadang hasil akhirnya kembali kepada pribadi mendasar masing-masing model.

Kemudian kembali lagi kita akan mengkaji sejauh mana kosmetik berpengaruh besar terhadap penguasaan dan kontrol terhadap makna cantik itu sendiri. Jadi, kalau kita akan mendiskusikan arti cantik itu secara mendalam dalam dunia modern, inilah yang akan saya katakan: tidak akan pernah ada kertas kosong untuk mengungkapkan ataupun mengekspresikan arti cantik di balik peran kosmetik.

Ketergantungan Terhadap Kosmetik

Aturan untuk penggunaan kosmetik kini juga sedikit bergeser. Zaman dahulu orang hanya menggunakan kosmetik bila hanya pergi ke pesta. Sekarang orang dapat menggunakan kosmetik kapan saja selama mereka merasa nyaman dan senang melakukannya. Ada aspek psikologis di balik pemakaian kosmetik. Bila pemakai kosmetik merasakan kesenangan dan kenikmatan dalam melakukan semua ini, berarti ia mendapatkan keuntungan yang tepat dari kosmetik.

Dalam industri kosmetik, kita ingin menciptakan kenyamanan dan kebahagiaan dari penggunaan kosmetik. Dari beberapa riset dan statistik yang dilakukan oleh ilmuwan terungkap bahwa setiap individu di alam ini berusaha mencari kebahagiaan hidup dan apa yang membuat mereka senang dan nyaman tentang hidup mereka. Ini semua berdampak positif terhadap peningkatan imunitas tubuh dan ketahanan terhadap penyakit.

Kecenderungan wanita membeli lipstik pada saat mereka baru saja mengalami konflik pribadi dengan pasangannya juga merupakan salah satu fenomena yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Mereka berpikir bila mereka tampak lebih cantik dan menarik dengan produk kosmetik yang mereka beli, mereka akan dapat menaklukkan semua lawan jenisnya. Hal ini sangat berpengaruh dalam meredam badai emosi dan ketegangan pikiran yang tengah mereka hadapi. Itulah sebabnya banyak sekali kita temui wanita menghabiskan sebagian uang mereka untuk membeli produk kosmetik di saat stres dan mengalami depresi.

Setiap saat dalam kehidupan normal, kita selalu menemui tekanan atau hal-hal yang mendatangkan stres. Sebagai individu normal kita berusaha mengkompensasi tekanan tersebut dengan berbagai macam cara. Dari contoh ini kita tidak melihat efektivitas dari produk kosmetik yang mereka beli tetapi lebih mengutamakan perbedaan yang mereka dapatkan pada saat membeli atau pada saat mereka menggunakannya.

Keinginan seluruh ahli kulit-kosmetik seperti saya tentunya adalah untuk memberikan perbedaan mendasar pada keadaan sebelum dan sesudah penggunaan kosmetik. Para ahli kulit-kosmetik tentunya juga ingin dapat mengubah atau mengembalikan alam perasaan ataupun kepribadi-an seseorang yang telah mengalami kemunduran melal ui penggunaan kosmetik. Satu yang harus kita pikirkan tentang dunia kosmetik adalah mengoreksi segala cacat ataupun kelainan yang mempengaruhi atau memberi dampak negatif kepada segi estetika seseorang.

Cantik masa kini sangatlah jauh berbeda dengan apa yang kita lihat di era Twiggy yang terkenal. Wanita sekarang lebih percaya diri dalam mengekspresikan apa anti cantik sebenarnya dan tak lagi didikte dengan aturan yang ada di tahun 60-an. Pemikiran cantik masa kini menunjukkkan sesuatu yang lebih relaks dan kasual. Bentuk perawatan wajah dan tubuh ataupun make-up apa pun bisa mereka pilih dan menjadi kesukaan mereka, yang penting, hasil akhir yang ingin dinikmati adalah tampil alami dan cantik.

Tentunya ada faktor penting yang tak terelakkan pengaruhnya dalam kecantikan masing-masing individu, yaitu faktor keturunan. Faktor ini juga menentukan genetik dari kulit yang kita miliki. Namun, tidak berarti semua usaha Anda akan sia-sia saja. Justru Anda dapat memperkirakan tindak lanjut yang harus diambil. Anda juga tak dapat menolak proses penuaan, tetapi bisa memperlambatnya. Semua ini merupakan proses alami dalam mekanisme tubuh yang tidak dapat kita hindari sekalipun dengan operasi bedah plastik. Teknik-teknik operasi bedah plastik dan injeksi kolagen sintetik yang ada saat ini merupakan suatu proses rekonstruksi dari jaringan tubuh yang mengalami kemunduran tetapi bukan mengembalikan segala sesuatunya ke kondisi awal. Sekali mekanisme kulit berhenti memproduksi kolagen, tidak ada cara apa pun yang dapat mengembalikannya seperti semula. Suntikan kolagen sintetik hanya dapat bertahan dalam jangka waktu tertentu yang selanjutnya harus diulang kembali. Dan tentunya hasil akhirnya tidak dapat diharapkan terlihat benar-benar alami.

Semua berpulang kepada diri masing-masing. Setiap pribadi memiliki visi dan cara pandang yang berbeda akan makna cantik itu sendiri. Yang jelas, kulit yang sehat dan bersih didapatkan antara lain dari keseimbangan gaya hidup dan pola nutrisi tubuh, pola tidur yang cukup, perawatan dan pemeliharaan kebersihan kulit yang teratur, dan yang tak kalah pentingnya bagi mereka yang bekerja atau banyak terpapar sinar matahari melindungi kulit dari paparan matahari dengan krim tabir surya karena sinar matahari merupakan satu faktor yang dapat merusak tekstur jaringan kulit.

pure collagen asli