Berapa Lama Manusia Bisa Hidup?

Rekor umur paling tua sampai sekarang ini dicapai 21 tahun yang lalu oleh Jeanne Calment, seorang wanita Prancis yang meninggal dunia pada usia 122 tahun. Meskipun sampai sekarang ini belum ada yang melampaui usia Jeanne, tim peneliti yang mempelajari orang-orang Italia berusia panjang menyimpulkan bahwa manusia belum mencapai masa hidup maksimal mereka.

Menurut New York Times, para peneliti membuat database dari 3.836 orang tua Italia yang telah mencapai usia 105 tahun di antara tahun 2009-2015, kemudian menganalisa laju di mana berbagai kelompok usia meninggal dunia. Biasanya, tingkat kematian manusia paling tinggi di tahap bayi, kemudian menurun saat-saat usia muda, lalu naik kembali pada usia 30-an dan naik drastis pada usia 70-an dan 80-an. Akan tetapi, di antara orang-orang tua Italia, tingkat kematian kelihatannya malah berhenti. Faktanya, kurvanya menjadi mendatar, dan datarannya makin menurun seiring waktu. Kelihatannya, peningkatan dalam mortalitas bahkan juga meningkat pada usia tersebut. Ini berarti kita belum mencapai masa hidup maksimal kita.

Penemuan studi ini berkontradiksi dengan studi sebelumnya yang mengatakan bahwa usia manusia maksimal dapat bertahan hingga 115 tahun. Para peneliti berspekulasi bahwa tingkat kematian menurun karena beberapa alasan: mungkin mereka yang secara genetis lemah kesehatannya cenderung meninggal terlebih dahulu, sehingga tersisa mereka yang kuat. Atau mungkin, orang yang sangat tua hidup dengan laju yang jauh lebih lambat pada tingkat seluler sehingga menjadi lebih mudah untuk memperbaiki kerusakan pada sel-sel mereka.

Studi ini tidak berarti orang-orang akan melampaui usia Jeanne Calment sehari-hari. Orang yang berusia 100-an masih memiliki risiko kematian yang lebih besar daripada orang berusia 90-an. Lagipula, semakin tinggi rekor yang dicapai, semakin sulit untuk dipecahkan.