Bagaimana Cara Kerja Sistem Pencernaan Manusia?

Sobat sehat, setiap hari kita memakan makanan.  Dan kita juga minum. Tahukah anda sobat sehat? Bagaimana cara tubuh kita mengolah makanan tersebut?Atau bagaimana caranya sistem pencernaan itu bekerja? Jadi, makanan yang anda makan itu tadi dalam bentuk roti, atau dalam bentuk daging, misalnya. Bagaimana prosesnya hingga bisa diserap oleh tubuh kita? Sistem pencernaan ini sebenarnya berfungsi untuk memecah makanan tadi, dari ukuran yang besar menjadi ukuran yang lebih kecil. Atau ada yang menyebutnya molekul yang kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Dan itu semua melibatkan beberapa organ di dalam tubuh kita. Jadi, organ pencernaan yang paling depan adalah mulut.

Jadi semua makanan yang anda makan selalu lewat mulut, kecuali, anda tidak punya mulut sehingga harus dilubangi disini.  Atau jika mulut anda tidak bisa berfungsi dengan baik.  Di dalam mulut, ada yang namanya rongga mulut dan di dalam sana terdapat yang namanya gigi. Jadi, gigi manusia jumlahnya ada 32 ketika dewasa. Jadi ada yang namanya gigi seri, yang ada di depan. Yang ketika anda tertawa, gigi itu dulu yang kelihatan.

Fungsi Gigi

Kemudian, ada yang namanya gigi taring. Gigi seri tadi berfungsi untuk memotong makanan yang masuk.  Jadi ketika anda makan, anda gigit menggunakan gigi seri tadi. Kemudian ada gigi taring, jumlahnya ada empat. Yang namanya gigi taring, gunanya adalah untuk mengoyak makanan.  Dan biasanya digunakan untuk mengoyak daging. Kemudian, ada juga gigi geraham. Dan jenis geraham ini dibagi lagi. Ada yang disebut dengan premolar, dan ada yang disebut dengan molar. Biasanya, gigi yang paling belakang ini pada beberapa orang tumbuhnya tidak rata.  Jadi ada yang tumbuhnya miring ke depan, atau kita sebut dengan impaksi. Tetapi, saya tidak akan membahas hal itu lebih lanjut.

Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan. Atau kita sebut dengan proses pencernaan makanan secara mekanik, dikunyah. Kemudian, gigi ini dibantu oleh lidah.  Lidah ini berfungsi untuk mengaduk makanan di dalam mulut. Jika tidak ada lidah, kita akan kesusahan untuk mengunyah tepat di makanannya. Jadi, lidah berfungsi untuk memposisikan makanan supaya gigi kita dapat berfungsi dengan baik.

Fungsi Ludah

Selain itu, juga terdapat kelenjar ludah. Kelenjar ludah ini akan menghasilkan air liur atau kita sebut dengan air ludah. Atau bahasa kerennya saliva.

Dan saliva ini mengandung enzim.  Nama enzimnya adalah enzim amylase. Jadi, enzim ini berfungsi untuk mengubah pati menjadi maltosa atau glukosa. Jika anda tidak percaya, anda boleh coba. Cara tesnya gampang, anda ambil satu sendok nasi, kemudian anda kunyah sekitar 3 sampai 5 menit. Akhirnya, rasa nasi tersebut akan menjadi manis karena enzim anda bekerja di mulut.

Jadi setelah makanan tersebut dikunyah dengan bantuan lidah mendorong makanan ke belakang, akhirnya makanan tersebut akan masuk ke kerongkongan atau yang kita sebut esofagus. Jadi, esofagus ini berfungsi sebagai saluran yang menghubungkan antara mulut sampai ke lambung anda.  Esofagus ini memiliki gerakan yang disebut peristaltik. Esofagus ini terdiri dari otot yang berbentuk longitudinal dan sirkuler atau bulat. Gunanya adalah untuk mendorong makanan ke arah lambung.  Kemudian lanjut ke organ selanjutnya, yaitu lambung.

Fungsi Lambung

Lambung juga dikenal sebagai ventrikulus, atau berbentuk seperti kantung. Jadi organ ini berbentuk seperti kantung yang besar dan terletak di sebelah kiri, serta dibagi menjadi 3 bagian. Jadi bagian paling atas yang berhubungan dengan kerongkongan atau esofagus tadi disebut dengan cardia. Kemudian setelah cardia, ada bagian fundus. Dan bagian bawah yang terhubung dengan usus duodenum disebut dengan bagian pylorus.

Di dalam lambung tersebut, terjadi proses pengadukan makanan.  Jadi, makanan tersebut bercampur dengan asam lambung. Dan akhirnya, disana terjadi proses juga.  Enzim-enzim bekerja disana. Jadi, di dalam lambung terdapat asam lambung atau yang kita sebut dengan asam klorida. Jadi, asam klorida ini berfungsi untuk membunuh kuman-kuman yang masuk. Jadi, sifat asam ini dapat membunuh kuman yang masuk dan akhirnya melindungi tubuh kita, juga pencernaan kita dari kuman yang masuk. Kemudian dengan asam ini juga, enzim-enzim dapat bekerja dengan baik. Jadi ada enzim yang namanya enzim pepsin, yang bertugas untuk mengubah protein menjadi pepton.

Kemudian ada enzim renin yang mengubah kaseinogen menjadi kasein. Yaitu protein yang terdapat pada susu. Kemudian, ada juga enzim yang namanya enzim lipase.  Enzim ini bertugas untuk mengubah lemak menjadi asam lemak. Jadi dipecah menjadi lebih sederhana lagi untuk dapat diproses lebih lanjut. Bahan makanan yang diproses di lambung tadi disebut dengan chyme. Lalu chyme dari lambung tadi akan menuju ke usus halus melalui bagian pilorus. Bagian bawah lambung itu tadi namanya pilorus. Kemudian chyme yang keluar tadi masuk ke dalam usus halus.  Jadi, usus halus ini dibagi menjadi tiga. Jadi usus halus yang bentuknya berkelok-kelok tadi itu dibagi menjadi 3 bagian.  Yaitu duodenum atau usus 12 jari. Mengapa dinamakan usus 12 jari? Karena panjangnya sekitar 12 jari kita apabila disusun. Yaitu kurang lebih 25 cm.

Kemudian lanjut lagi ke usus kosong atau jejunum dan ke usus penyerapan atau disebut dengan ileum. Disini terjadi proses penyerapan sari-sari makanan, dibantu dengan enzim-enzim atau getah yang dihasilkan oleh beberapa organ. Yang pertama oleh kantung empedu.  Jadi kantung empedu ini menghasilkan cairan empedu yang digunakan untuk mencerna lemak. Jadi cairan empedu tadi dihasilkan oleh hati dan disalurkan ke kantung empedu, saluran empedu,lalu masuk ke dalam duodenum untuk membantu mencerna lemak.

Fungsi Pankreas

Lalu ada yang namanya organ pankreas. Organ pankreas ini berfungsi untuk menghasilkan enzim-enzim dan juga hormon insulin.  Hormon insulin inilah yang berperan penting untuk menjaga kadar gula darah kita. Jadi, insulin ini berfungsi untuk mengangkut gula tadi masuk ke dalam sel agar gula darah kita tadi tetap stabil atau tidak melonjak tinggi. Kemudian lanjut ke getah usus. Jadi, usus sendiri bisa menghasilkan beberapa jenis enzim.

Disini akan saya bacakan.  Enzim yang pertama adalah sukrase, yang berfungsi untuk membantu mempercepat proses pemecahan sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Kemudian, maltase berfungsi untuk membantu mempercepat proses pemecahan maltosa menjadi molekul glukosa. Laktase berfungsi untuk mempercepat proses pemecahan laktosa menjadi glukosa dan galaktosa.

Kemudian, ada yang namanya enzim peptidase yang berfungsi untuk membantu mempercepat proses pemecahan polipeptida menjadi asam amino.  Enzim-enzim tadi berfungsi untuk pemecahan molekul yang lebih kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana agar dapat diserap. Lalu, sisa-sisa dari usus kecil tadi akan masuk ke dalam usus besar atau yang kita sebut dengan kolon. Lalu, sisa-sisa makanan dari usus kecil tadi akan masuk ke usus besar bersama dengan air dan mineral.

Air, mineral dan sisa-sisa makanan yang masih diperlukan oleh tubuh akan diserap melalui usus besar tadi.  Jadi apabila anda lihat disini, bentuk usus besar itu seperti ini. Jadi, ada gerakan yang namanya gerakan peristaltik juga di usus besar ini. Jadi, dia akan naik dulu dari kolon asenden, kemudian kolon transversum, kemudian kolon desenden. Lalu ke rektum, dan akhirnya akan dibuang melalui anus.  Jadi sistem pencernaan yang terakhir namanya anus atau disebut dengan dubur. Jadi, kurang lebih inilah penjelasan bagaimana proses sistem pencernaan pada manusia mulai dari mulut hingga terbentuknya kotoran, dan dibuang melalui dubur atau anus.

Biasanya, berapa lama proses dari anda makan sampai anda buang? Biasanya atau idealnya, setiap hari kita harus ke kamar mandi atau kita harus buang air besar. Apa yang terjadi jika anda menyimpan kotoran atau sisa makanan di dalam tubuh anda terlalu lama di dalam usus besar? Sama seperti jika anda menyimpan sampah di dalam rumah anda terlalu lama. Akhirnya, bakteri-bakteri di dalam usus besar anda akan berkembang tidak karuan,jumlahnya akan bertambah banyak dan akan menginfeksi tubuh anda sendiri menjadi biang penyakit. Oke, itu tadi penjelasan singkat tentang sistem pencernaan manusia. Salam hebat luar biasa. . !!