Apa itu Yoga?

Apa yang muncul di pikiran Anda saat mendengar kata yoga? Orang-orang yang melakukan pose-pose luar biasa yang kelihatannya melampaui batas fleksibilitas? Memang itulah yoga, tapi sebenarnya yoga itu lebih mendalam daripada hanya sekadar postur tubuh. Kelihatannya pengertian penuh tentang yoga memang jadi hilang di luar India. Yoga itu adalah latihan tubuh dan pikiran yang sejati.

Yoga: Sejarah dan Kepercayaan

Yoga bukanlah hal baru. Olahraga ini telah ada selama 5000 tahun. Yoga berasal dari India dan di sana yoga dianggap sebagai jalan menuju perkembangan spiritual. Tidak seperti teologi Barat yang memandang bahwa masalah utama manusia adalah dosa, para Yogi menerapkan pandangan bahwa masalah utama manusia adalah ketidaktahuan. Manusia gagal memahami bahwa karena Tuhan terdapat dalam segalanya, maka manusia, menurut definisi, adalah bagian komponen dari Tuhan. Untuk menyatu dengan Tuhan, manusia mesti berusaha untuk bangun dari ketidaktahuan dan mencapai keadaan penerangan.

Jenis-jenis Yoga

Tidak seperti yang dikira banyak orang, yoga sebenarnya terdiri dari berbagai macam jenis gaya. Di antara jenis-jenis gaya ini juga terdapat perbedaan yang cukup besar. Apabila Anda tertarik belajar yoga, Anda pasti akhirnya akan menemukan satu gaya yang cocok dengan Anda. Berikut adalah beberapa gaya yang paling populer.

Gaya-gaya Populer Yoga

  • Ashtanga Yoga
  • Bikram Yoga
  • Hatha Yoga
  • Iyengar Yoga
  • Jivamukti Yoga
  • Kundalini Yoga
  • Power Yoga
  • Tantric Yoga

Bisakah Yoga Meningkatkan Kesehatan Anda?

Yoga merupakan latihan yang melibatkan tubuh dan pikiran. Pikiran kita adalah sesuatu yang sangat kuat. Dengan mengendalikan pikiran, kita dapat mencapai hal-hal yang melebihi apa yang biasa kita capai. Mungkin itulah mengapa yoga memiliki efek yang kuat pada kesehatan kita. Tidak hanya melatih tubuh kita, yoga juga membuat pikiran kita berolahraga.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yoga, dan seperti yang Anda akan ketahui, memasukkan yoga ke dalam gaya hidup Anda memiliki banyak manfaat, baik secara fisik maupun emosional. Yoga menguatkan sistem imun Anda. Yoga juga meningkatkan aliran getah bening. Getah bening bergerak saat kita aktif secara fisik, jadi tentu saja latihan-latihan seperti yoga menjaga sistem getah bening kia bergerak. Akhir-akhir ini, para ilmuwan telah mempelajari dampak yoga pada berbagai kondisi medis. Berikut ini beberapa di antaranya.

Kanker Payudara

Kanker payudara membunuh lebih dari 40.000 wanita di AS saja setiap tahun. Memasukkan yoga ke dalam gaya hidup Anda kemungkinan dapat menurunkan risiko kanker payudara serta juga dapat membantu Anda pada masa penyembuhan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Duke University menunjukkan bahwa wanita yang berlatih yoga sebelum dan sesudah pengobatan mereka tidak mengalami stress sebanyak mereka yang tidak. Rasa ketidaknyamanan mereka juga lebih rendah serta merasa lebih berenergi.

Depresi

Studi awal yang diadakan Boston University School of Medicine dan Rumah Sakit Harvard McLean membuat peneliti yakin bahwa yoga memiliki dampak positif pada depresi. Banyak orang yang menderita depresi memiliki jumlah GABA, sebuah neurotransmitter, yang rendah. Terdapat beberapa cara yang menunjukkan GABA dapat ditingkatkan; di antaranya SSRI (selective serotonin reuptake inhibitors) dan terapi elektrokonstruktif. Akan tetapi, studi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang berlatih yoga selama satu jam memiliki kenaikan GABA sebanyak 27 persen daripada mereka yang hanya duduk dan membaca buku selama satu jam.

Penyakit Jantung

Di samping pendekatan dengan diet makanan utuh, berbagai percobaan telah menemukan bahwa yoga benar-benar bisa menurunkan laju penyakit jantung. Latihan jenis apapun berpotensi dapat melakukan ini, tapi banyak peneliti berspekulasi bahwa bagian meditasi dari yoga mungkin dapat menyediakan manfaat lebih untuk endotelium, yaitu lapisan tipis sel yang menutupi permukaan dalam pembuluh darah. Ketika pembuluh darah terganggu, lapisan ini menyebabkan penyakit kardiovaskuler. Lapisan ini bereaksi pada stress, jadi meditasi dapat membantu dengan cara menurunkan level hormon stress.

Tingkatkan Kualitas Hidup Anda dengan Yoga

Seperti yang Anda lihat, yoga dapat memberi pengaruh positif pada kita, dan dalam beberapa kasus, dapat menurunkan risiko kondisi medis. Yoga juga dapat meningkatkan waktu penyembuhan kita dari pengobatan medis, mengurangi tingkat stress, dan meningkatkan kesehatan mental kita. Kapanpun Anda pergi ke stdio yoga atau berlatih sendiri di rumah, dengan mempraktekkan seni yoga, Anda akan dapat meningkatkan baik tubuh maupun pikiran Anda.