Tips untuk Mengendalikan Porsi

Meskipun rasanya menggoda untuk makan buffet dan lihat seberapa banyak makanan yang dapat muat dalam satu piring dan ke dalam perut Anda, cara terbaik untuk mengukur seberapa fit makanan Anda adalah dengan pengendalian porsi. Pengendalian porsi adalah cara untuk menyeimbangkan makanan Anda – memastikan Anda mengonsumsi jumlah protein, karbohidrat, dan bahkan lemak dan gula yang tepat dalam pola makan Anda. Memporsi makanan Anda efektif tapi sederhana untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatur pola makan yang lebih seimbang.

Bagi piring Anda

Dengan garis yang dibayangkan sebagai pemandu, bagi piring dalam tiga bagian. Bagian yang terbesar adalah tempat Anda meletakkan biji-bijian seperti roti gandum utuh atau pasta dan nasi merah. Pastikan biji-bijian ini utuh serta hindari biji-bijian putih seperti nasi putih atau roti putih. Biji-bijian coklat lebih kaya serat dan menjaga Anda tetap kenyang lebih lama. Bagian kedua penuhi dengan sayur dan buah-buahan serta bagian ketiga diisi dengan protein, seperti daging ayam, sapi, dan bahkan ikan dan kacang-kacangan. Bagian ketiga juga termasuk produk susu seperti susu, keju, dan yogurt.

Pilih makanan berwarna-warni

Buah dan sayur sangat penting untuk mempertahankan kesehatan secar keseluruhan. Pola makan yang kaya buah dan sayur dapat mengurangi risiko penyakit jantung, sambil menyediakan banyak vitamin dan mineral untuk menjaga fungsi tubuh tetap maksimal.

Gunakan piring yang lebih kecil

Orang-orang cenderung mengukur seberapa kenyang mereka berdasarkan seberapa kosong piring mereka terlihat. Oleh karena itu, lebih baik gunakan piring kecil untuk membantu Anda makan lebih sedikit secara psikologi. Selain itu, Anda juga lebih baik menyajikan makanan dalam piring-piring individual daripada disajikan semua dalam satu piring besar di meja makan. Hal tersebut akan mendorong orang untuk makan lebih banyak daripada yang seharusnya.

Matikan TV

Duduk di depan TV dengan mata menempel pada acara yang tayang dapat berujung pada makan tanpa memerhatikan apa yang Anda makan. TV (dan pengalih perhatian lain, seperti membaca atau bermain HP) dapat mengalihkan perhatian Anda dari jumlah makanan yang Anda konsumsi. Mengabaikan gangguan apapun dapat membantu Anda untuk lebih fokus pada apa yang Anda makan dan apa yang tubuh Anda coba beritahu.