Tips Tetap Tenang dan Zen

Di dunia abad ke 21 yang sibuk, melaju cepat, dan penuh stress, seringkali mudah untuk kehilangan gambaran besarnya dan – jujur saja – kita panik. Setiap hari, tekanan dari luar, tujuan inernal, dan daftar tugas yang tak ada habisnya membombardir kita dengan stress. Meskipun begitu, terdapat tips yang simpel dan mudah yang dapat membantu kita tetap tenang dan zen. Inilah dia!

Bernafas

Mengatur nafas Anda sangat penting untuk mengurangi tingkat debaran jantung Anda yang cemas. Dengan menarik nafas dalam dan menghelakannya, Anda mengirim darah beroksigen segar ke otak Anda untuk mendapatkan pikiran yang lebih jernih, sambil menurunkan laju detak jantung Anda. Ingat, bernafas berkaitan dekat dengan emosi, daya ingat, gejala fisik, kesadaran diri, dan bahkan kepribadian.

Mengubah pikiran secara aktif

Anda boleh saja mengubah saluran di otak dari film tentang kiamat ke yang lebih positif dan memberi semangat. Jika Anda sedang stress, pikirkan momen-momen lucu untuk membantu mengganti suasana hati.

Makan makanan bernutrisi

Nutrisi adalah aspek terpenting dalam memengaruhi gula darah, keseimbangan hormon, mood, tenaga, emosi dan kemampuan kognitif Anda – jadi jauhi makanan cepat saji.

Meditasi

Meditasi itu hanyalah waktu untuk diri Anda menenangkan pikiran. Penelitian terus-menerus menunjukkan bahwa tindakan ini dapat meningkatkan sistem imun dan kemampuan pemulihan diri. Kami sarankan untuk menuju ke tempat sunyi dan tutuplah mata selama 5-10 menit sehari.

Tidur

Studi-studi menunjukkan bahwa melewatkan beberapa jam tidur pada malam hari dapat meningkatkan hormon stress sepanjang hari keesokan harinya – tidurlah 7-8 jam pada malam hari.

Berlibur

Tips ini mungkin yang paling sulit dilakukan tapi sangatlah penting dalam mempertahankan kesehatan mental dan emosional. Meskipun Anda tidak sakit dalam artian tradisional, mengambil satu hari untuk memerhatikan kesehatan mental Anda bukanlah hal yang buruk.

Tertawalah

Tertawa memang benar-benar adalah obat yang terbaik. Paksakan diri untuk tertawa dan pada akhirnya Anda mungkin malah menemukannya benar-benar lucu. Semakin banyak hal yang Anda tanggapi dengan humor, semakin mudah pula hidup Anda – dan juga lebih menyenangkan!