Tips Penting Perawatan Wajah untuk Kulit Mulus dan Sehat Secara Alami

Perawatan wajah berperan penting dalam menjaga kondisi kulit muka Anda. Selain untuk alasan kesehatan, tentunya merawat kulit wajah juga akan memengaruhi penampilan Anda. Muka tidak lagi nampak kusam atau suram, sehingga rasa percaya diri pun semakin meningkat. Nah, apa saja tips perawatan kulit wajah yang penting?

Perhatikan Konsumsi Air Putih Setiap Hari

Seperti yang Anda sudah ketahui, jumlah air putih yang diminum setiap hari idealnya adalah sebanyak 8 gelas, atau sekitar 2 liter. Jumlah tersebut harus tercukupi karena hal ini untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, kadar air yang cukup di dalam tubuh akan membantu melarutkan racun yang menumpuk di dalam organ serta menjaga kehalusan dan kelembaban kulit.

Bersihkan Wajah Secara Teratur

Untuk membersihkan kulit wajah menggunakan sabun khusus, Anda tidak perlu melakukannya kelewat sering. Dua atau tiga kali saja sudah cukup karena kandungan di dalam sabun wajah tersebut selain mengangkat kotoran juga akan mengurangi minyak alami yang ada pada kulit. Padahal, keseimbangan antara air dan minyak pada kulit sangat memengaruhi kelembabannya.

Jangan Lupa Sediakan Waktu Cukup untuk Tidur Malam

Idealnya, Anda perlu beristirahat selama 6 sampai 8 jam setiap hari. Selain membantu memulihkan kondisi tubuh setelah beraktivitas sepanjang hari, tidur malam juga akan mengembalikan kesegaran kulit wajah.

Berolahraga Secara Teratur Setiap Hari

Selain menjaga agar fisik tetap bugar, berolahraga juga merupakan salah satu upaya perawatan wajah yang perlu dilakukan secara teratur setiap harinya. Hal ini disebabkan produksi keringat yang keluar dari pori-pori juga turut mengandung kotoran yang terjebak di dalamnya. Maka, pori-pori kulit pun kembali bersih. Selain itu, berolahraga memperlancar peredaran oksigen di dalam tubuh dan kelak membuat kulit Anda, termasuk kulit wajah, lebih bersinar dan cerah. Kemudian, jangan lupa pastikan bahwa konsumsi buah dan sayur Anda tercukupi untuk menjaga kondisi kulit dari dalam.

Oleskan Pelembab Wajah dan Tabir Surya

Keduanya sangat penting digunakan, apalagi jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu di luar ruangan saat sinar matahari sedang terik-teriknya. Bahkan jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, pelembab wajah tetap jangan sampai terlewat. Hal ini penting untuk menjaga kulit wajah agar selalu lembab dan tidak nampak kusam. Untuk kulit yang cukup berminyak, pilih tabir surya yang berbentuk gel agar dapat mencegah timbulnya jerawat dan tetap menjaga keseimbangan antara air dan minyak pada kulit wajah Anda.

Coba Terapi Uap Sederhana Berikut Ini

Cukup sediakan wadah yang diameternya seukuran wajah Anda, handuk, dan air panas. Biarkan uap mengenai wajah Anda untuk membantu membersihkan kulit dari kotoran, minyak, sel kulit mati, dan racun yang tertahan di kulit. Anda juga bisa membuat berbagai masker alami yang disesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Salah satu contohnya adalah masker yang terbuat dari campuran madu dan putih telur sebagai bagian dari rutinitas perawatan wajah.