Sayuran Paling Sehat

Penelitian telah dilakukan dan inilah beberapa sayuran tersehat yang dapat Anda masukkan dalam pola makan Anda:

Ubi Jalar: Tidak seperti kentang biasa, ubi ini sering disebut sebagai sayuran “anti-diabetes”. Ubi jalar sebenarnya dapat menstabilkan tingkat gula darah dan perlawanan insulin yang lebih rendah di samping penuh dengan kandungan anti peradangan.

Jamur: Meskipun secara teknis adalah fungi, jamur pantas berada dalam daftar ini sebab jamur penuh dengan protein, serat, vitamin C, vitamin B, kalsium, antioksidan, dan mineral. Jamur juga memberikan manfaat obat seperti mengurangi peradangan, menurunkan risiko kanker, meningkatkan fungsi imun, dan mendukung detoksifikasi.

Alpukat: Kaya akan asam oleat, lemak tak jenuh tunggal yang menurunkan kolesterol jahat Anda, meningkatkan kolesterol baik, dan menawarkan perlindungan terhadap kanker payudara.

Bayam: Mengandung setidaknya 13 flavonoid berbeda yang memiliki kandungan antioksidan dan anti kanker. Juga kaya akan vitamin B kompleks, yang penting dalam pembuatan serotonin, yaitu zat kimia yang meningkatkan mood.

Brokoli: Mengandung komponen yang membantu meregulasi system enzim pelawan kanker dalam tubuh Anda, sambil membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker. Juga mengandung sulforaphane, yang meningkatkan kemampuan hati untuk mendetoksifikasi.

Tomat: Mengandung likopen yang membantu melindungi terhadap jenis kanker tertentu. Tomat yang dimasak mengandung lebih banyak lagi likopen daripada yang segar.

Terung: Dipenuhi dengan vitamin dan mineral, terung membantu melindungi dari kanker, membantu mengurangi berat badan berkat jumlah seratnya yang tinggi, serta membantu meningkatkan rona kulit. 

Artichoke: Penuh dengan potassium, vitamin C, folat, magnesium. Sayuran ini rendah kalori dan penuh nutrisi.

Bok Choy: Dikenal sebagai kol cina, sayuran hijau ini tinggi kandungan potassium, kalsium, besi, dan vitamin A serta C. 

Brussel Sprouts: Beda dengan sayuran hijau lainnya, sayur yang ini tinggi protein dan merupakan sumber baik dari vitamin C dan K.