Sayuran Paling Sehat

Penelitian telah dilakukan dan inilah beberapa sayuran tersehat yang dapat Anda masukkan dalam pola makan Anda:

Ubi Jalar: Tidak seperti kentang biasa, ubi ini sering disebut sebagai sayuran “anti-diabetes”. Ubi jalar sebenarnya dapat menstabilkan tingkat gula darah dan perlawanan insulin yang lebih rendah di samping penuh dengan kandungan anti peradangan.

Jamur: Meskipun secara teknis adalah fungi, jamur pantas berada dalam daftar ini sebab jamur penuh dengan protein, serat, vitamin C, vitamin B, kalsium, antioksidan, dan mineral. Jamur juga memberikan manfaat obat seperti mengurangi peradangan, menurunkan risiko kanker, meningkatkan fungsi imun, dan mendukung detoksifikasi.

Alpukat: Kaya akan asam oleat, lemak tak jenuh tunggal yang menurunkan kolesterol jahat Anda, meningkatkan kolesterol baik, dan menawarkan perlindungan terhadap kanker payudara.

Bayam: Mengandung setidaknya 13 flavonoid berbeda yang memiliki kandungan antioksidan dan anti kanker. Juga kaya akan vitamin B kompleks, yang penting dalam pembuatan serotonin, yaitu zat kimia yang meningkatkan mood.

Brokoli: Mengandung komponen yang membantu meregulasi system enzim pelawan kanker dalam tubuh Anda, sambil membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker. Juga mengandung sulforaphane, yang meningkatkan kemampuan hati untuk mendetoksifikasi.

Tomat: Mengandung likopen yang membantu melindungi terhadap jenis kanker tertentu. Tomat yang dimasak mengandung lebih banyak lagi likopen daripada yang segar.

Terung: Dipenuhi dengan vitamin dan mineral, terung membantu melindungi dari kanker, membantu mengurangi berat badan berkat jumlah seratnya yang tinggi, serta membantu meningkatkan rona kulit. 

Artichoke: Penuh dengan potassium, vitamin C, folat, magnesium. Sayuran ini rendah kalori dan penuh nutrisi.

Bok Choy: Dikenal sebagai kol cina, sayuran hijau ini tinggi kandungan potassium, kalsium, besi, dan vitamin A serta C. 

Brussel Sprouts: Beda dengan sayuran hijau lainnya, sayur yang ini tinggi protein dan merupakan sumber baik dari vitamin C dan K.

Vegetarian adalah orang-orang yang tidak makan daging atau makanan laut dan juga ada yang tidak makan telur atau produk susu. Para vegan mengikuti suatu bentuk vegetarianisme, tapi hanya mengonsumsi makanan dari tumbuhan. Diet vegetarian yang direncanakan dengan baik memiliki banyak manfaat kesehatan dan dapat menyediakan semua vitamin dan mineral esensial yang penting untuk hidup lama dan sehat.

Manfaat kesehatan dari diet vegetarian

Diet vegetarian atau vegan yang seimbang dapat memberikan banya manfaat kesehatan, seperti berkurangnya risiko penyakit kronis, termasuk:

  • Obesitas
  • Penyakit koroner arteri
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Diabetes
  • Beberapa jenis kanker.

Para vegetarian dan vegan juga memiliki tingkat penyakit dan kematian akibat penyakit degeneratif yang lebih rendah.

Memenuhi kebutuhan nutrisi untuk para vegetarian

Apabila Anda memutuskan untuk menjadi vegetarian atau vegan, Anda perlu merencanakan diet Anda untuk memastikan bahwa diet tersebut memiliki semua nutrisi yang penting.

Beberapa kebutuhan diet penting, yang bisa saja hilang dari diet vegetarian jika tidak direncanakan dengan baik, yaitu:

  • Protein
  • Mineral (termasuk zat besi, kalsium dan seng)
  • Vitamin B12
  • Vitamin D

Sumber protein untuk vegetarian

Protein sangat penting untuk kebanyakan fungsi tubuh, seperti pembangunan jaringan dan perbaikan sel. Protein terbuat dari komponen lebih kecil yang disebut asam amino.

Protein komplit mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan untuk kebutuhan diet. Sayangnya, kebanyakan makanan dari tumbuhan  bukanlah protein komplit – mereka hanya punya beberapa dari asam amino tersebut. Kacang kedelai adalah salah satu pengecualian untuk sayuran yang mengandung protein komplit.

Mengonsumsi berbagai sumber asam amino sepanjang hari seharusnya sudah bisa menyediakan paket lengkap protein. Umumnya, jika konsumsi kalori cukup, diet vegetarian dapat memenuhi atau bahkan melebihi jumlah protein yang diperlkan, tapi beberapa diet vegan mungkin saja rendah dalam protein.

Beberapa sumber tumbuhan yang mengandung protein yaitu:

  • Legum, seperti kacang, polong-polongan, dan lentil
  • Kacang dan biji
  • Produk dari kacang kedelai, seperti minuman susu kacang kedelai, tempe dan tahu
  • Sereal gandum

Mineral untuk vegetarian

Jika Anda seorang vegetarian atau vegan, Anda harus pastikan untuk mendapat cukup mineral dalam makanan Anda. Beberapa mineral dan sumber makanannya yaitu:

  • Besi – sereal yang mengandung zat besi, gandum biji utuh, legum, tahu, sayuran berdaun hijau, dan buah-buahan kering.
  • Seng – kacang-kacangan, tahu, miso, legum, ragi gandum, dan makanan gandum biji utuh.
  • Kalsium – produk susu, sereal dan jus buah, susu kacang kedelai, tahini serta beberapa merek tahu. Sayuran berdaun hijau tua (khususnya sayuran Asia), legum, almond, dan kacang Brazil juga mengandung kalsium.
  • Iodin – makanan laut, rumput laut, garam iodin.

Sumber vitamin B12 untuk vegetarian

Vitamin B12 penting untuk pembentukan sel darah merah – vitamin ini membantu menjaga saraf dan otak tetap sehat. Para vegan berisiko kurang vitamin B12 karena hanya ditemukan pada produk hewani.

Vitamin B12 didapatkan dari produk susu dan telur. Memang ada makanan vegan yang ditambahi seperti beberapa minuman kacangkedelai, dan beberapa sosis dan burger vegetarian. Jika vegan tidak mendapat vitamin B12 mereka dari makanan ini, disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12. Penyerapan vitamin B12 berkurang seiring kita menua, jadi suplemen juga mungkin diperlukan untuk orang tua yang vegetarian.

Sumber vitamin D untuk vegetarian

Sumber utama vitamin D adalah sinar matahari. Hanya sedikit makanan yang mengandung banyak vitamin D. Sedikit sekali terdapat vitamin D dalam pola makan orang-orang, kecuali mereka makan ikan berlemak, hati atau makanan yang diperkuat dengan vitamin D (seperti margarin). Susu skim dan rendah lemak merupakan sumber lain vitamin D, tapi jumlah vitamin D nya sedikit saja.

Para vegetarian dapat meningkatkan peluang menghindari defisiensi vitamin D dengan cara mengonsumsi susu kacang kedelai dan sereal yang diperkuat. Karena sinar matahari juga adalah sumber utama vitamin D, konsumsi melalui makanan hanya perlu saat paparan sinar UV dari matahari tidak cukup – contohnya, untuk orang-orang yang tinggal di rumah atau yang pakaiannya menutupi hampir seluruh kulit.

============================================

Manfaat Makanan Mentah Untuk Kesehatan Anda

Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Apa Pentingnya Makanan Mentah. Untuk topik makanan mentah pada kali ini saya membahas dari Buku The Miracle Of Raw Food anda bisa lihat disini. Buku ini ditulis oleh rekan sejawat saya dan sekaligus senior saya di dunia medis beliau bernama Prof dr.  James Sung Joo Hwang berasal dari Korea dan beliau adalah seorang dokter dari universitas Seoul yang juga mempelajari pengobatan, komplementer dan autictic di rumah sakit khusus kanker Jerman kemudian beliau juga seorang mentor kesehatan kanker dan onkolog. Beliau mendirikan lembaga dan sekolah Kesehatan Holictik terbuka khusus untuk menangani penderita kanker.

Beliau juga merupakan direktur asosiasi kanker dan Direktur EROM yang mengembangkan Raw Food sebagai makanan theraphyotic untuk penderita kanker. Jadi saya menggunakan buku beliau sebagai referensi karena menurut saya beliau merupakan salah satu seseorang yang sangat kompeten di bidang ini. Jadi mungkin anda bertanya tanya kenapa sih harus raw food kenapa harus makanan mentah dan apa sih fungsinya makanan mentah ini ? Jadi saya jelaskan dulu makanan mentah yaitu makanan yang berasal dari alam tanpa melalui proses pengolahan/dimasak.  Kenapa? saat makanan ini dimasak makanan ini kehilangan nilai gizinya yang berarti seperti Enzim, Klorofil, Vitamin, Mineral yang kalau di panaskan dan dimasak ini akan rusak dan tubuh kita hanya memakan sisa sisanya yaitu ampasnya saja.

Jadi beberapa literatur saya baca “kalau enzim itu dipanaskan lebih dari suhu 48 derajat itu akan rusak” Kemudian rawfood ini juga sangat baik untuk kesehatan dan anda bisa memperoleh rawfood ini darimana? dari buah buahan dan sayuran mentah contohnya buah buahna seperti alpukat, apel, pir, nanas, semangka, melon dan sebagainya. Sedangkan dari sayur sayuran anda bisa mendapatkannya dari mana? dari tomat, dari timun dari selada, kol, kubis dan sebagainya. Tentu saja anda harus mencari sumber yang kalau bisa organik tanpa terkena pestisida. Kemudian di indonesia sendiri ada beberapa contoh makanan mentah seperti karedok, rujak dan salad. Anda bisa mengonsumsinya ini sangat baik untuk anda.

Sekarang kita masuk ke apa manfaat makanan mentah? Disini ada 9 manfaat mentah atau raw food jadi yang pertama Raw Food dapat mencegah penyakit dan kelelahanContoh banyak pasien yang datang ke saya dengan keluhan seperti ini : dok saya sudah periksa ke Laboraturium saya hasilnya normal semua bagus semua tidak ada rapor merahnya tapi dok kenapa dok kok saya sering sekali capek? Sering kali tidak ada energi bangun tidur susah sekali. Saya sarankan pada pasien saya seperti iniini untuk coba terapi makanan mentah dalam waktu 3 bulan saja anda akan bisa melihat hasilnya.  Tubuh nada anda lebih optimal lagi.

Kemudian yang kedua Raw Food ini dapat mencegah kanker. Di dalam buku belau di tuliskan speerti ini : “ TIDAK ADA MAKANAN YANG LEBIH BAIK DARIPADA MAKANAN MENTAH UNTUK MENCEGAH KANKER”. Bahkan pasien kanker sekalipun diterapi dengan menggunakan makanan mentah iniyang ketiga adalah Untuk pengobatan Penyakit.  Misalnya penyakit seperti diabetes, alergi, asma,tekanan darah tinggi, kolestrol, dan sebagainyaJadi makanan mentah ini kaan memperbaiki sistem imun anda akan memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh andakemudian yang ke empat Baik untuk dietBagi anda yang sekarang sedang menjalani program diet cobalah unutk memasukkan makanan mentah dalam program makanan anda, mungkin 1 hari bisa 1-2 kali anda bisa lakukan ini 2 sampai 3 bulan berat anda pasti turun sekitar lima sampai 6 kilogram dalam waktu 2-3 bulan.

Kemudian yang kelima ini mungkin di sukai oleh para wanita. Jadi Makanan mentah ini sangat baik untuk kulit anda. Kulit anda akan lebih cantik dan akan membentuk tubuh anda menjadi lebih sexy. kemudian yang ketujuh itu Makanan mentah membantu pertumbuhan. Makanan mentah ini baik untuk anak-anak dan remaja dan mereka mereka yang susah sekali untuk bertambah tinggi misalnya Makanan mentah ini sangat baik untuk menunjang pertumbuhan mereka. Yang ketujuh Cocok untuk lansia. Lansia ini mereka mereka yang sudah lanjut usia.

Raw Food ini dapat mencegah Demensia dan dapat mempertahankan daya ingat. Yaitu paling banyak kasus pada orang orang lanjut usia dan makanan mentah ini sangat membantu untuk mereka.

Kemudian yang ke delapan Untuk meningkatkan kecerdasanJadi para pelajar di sekolah di kuliah jadi mereka mereka ini bisa mengkonsumsi raw food untuk meningkatkan efisisensi belajar mereka. Kemudian yang kesembilan makanan mentah ini merupakan alternatif bagi para pelajar dan pekerja yang sering melewatkan makan pagi. Jadi mereka sangat sibuk pagi tidak pernah makan, jadi makanan mentah ini karena tidak perlu di olah lebih lanjut anda bisa langsung makan dalam keadaan mentahini bisa merupakan alternatif untuk sarapan pagi anda.

Kemudian ada 1 cerita lagi pengalaman dari pasien saya mereka bertanya seperti inidok apakah makanan mentah ini bisa mengatasi penyakit saya ? bisa membantu mengatasi penyakit saya ? saya bilang tentu sajakenapa ? makanan mentah ini sangat sangat membantu program pengobatan anda, dengan tubuh yang baik, tubuh yang maksimal. Apalagi tubuh anda yang selama ini makan dengan pola makan yang tidak benar tentu saja banyak sekali racun yang tertimbun dalam tubuh anda. Akhirnya penyerapan nutrisi dan sebagainya itu terganggu.

Dengan makanan mentah ini salah satu fungsinya adalah untuk sebagai “DETOKS”sehingga racun-racun dikeluarkan dan tubuh anda menjadi lebih optimal lagi untuk nutrisi dan sebagainyaSehingga tubuh anda akan melawan proses yang namanya Self-healing atau penyembuhan diri sendiri. Jadi bukan dokter yang menyembuhkan anda tapi tubuh anda yang menyembuhkan diri anda sendirisaya katakan obat hanya untuk mengurangi gejala bukan menyembuhkan secara sempurna. Saya kasih contoh seperti ini :

Misalnya anda sakit batuk atau pilek obat yang diberikan oleh dokter hanya mengurangi gejala batuk anda, hanya memperbesar ruang pernafasan di tenggorokan anda. Atau pilek mungkin obat itu hanya mengurangi gejala pengeluaran lendir pada saluran nafas andatapi tidak satu pun obat yang bisa membunuh virus penyebab anda terkena pilek tadi. Jadi dengan mengkonsumsi makanan

=====================================

Apakah Kedelai Buruk Untuk Pria?

Sobat sehat, pernahkah anda mendengar bahwa ada orang yang mengatakan bahwa jangan terlalu banyak makan kedelai, nanti bisa mandul. Jangan terlalu banyak minum susu kedelai, nanti bisa impoten. Ataupun anda mungkin pernah membaca artikel yang menyebutkan bahwa ‘soy milk can kill your testosterone’. Jadi dengan mengkonsumsi kedelai, maka dapat menurunkan kadar testosterone seorang pria.

Masalahnya adalah susu kedelai mengandung phytoestrogen. Apa itu phytoestrogen? Phytoestrogen memang dapat bereaksi dengan hormon seks kita, terutama estrogen dan testosterone,dan juga reseptor dari masing-masing hormon tersebut.  Dimana pada pria, efek estrogenik jauh lebih besar ketika mengkonsumsi sesuatu yang mengandung zat phytoestrogen tadi. Jadi, interaksi dengan reseptor androgen inilah yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan testosterone pada pria. Partikular  phytoestrogen pada kedelai adalah isoflavone. Dan ternyata setelah diteliti, efeknya jauh lebih lemah dibandingkan efek dari estrogen atau androgen itu sendiri. Dan akhirnya, hal itu tidak dapat dibuktikan.

Penelitian Kedelai di Jepang

Jadi disini ada penelitian pada tahun 2001, dan diteliti di negara asal Doraemon, yaitu Jepang.  Di Jepang, kita tahu sendiri bahwa soya itu sangat populer. Jadi disana ada susu soya.  Saya tidak tahu bahasa Jepangnya apa.  Lalu ada tahu Jepang yang biasa disebut dengan tofu. Disana dilakukan penelitian pada tahun 2001,dan didapatkan bahwa subjek yang diberikan 400 ml soy milk atau sekitar satu setengah cangkir setiap hari selama 8 minggu. Dan ternyata setelah diperiksa, tidak ada perubahan yang berarti pada total dan free testosterone mereka. Kita tahu bahwa Jepang merupakan negara yang maju, baik dari segi edukasi maupun dari segi kesehatan.

Dan jika ternyata terbukti bahwa soya atau kedelai ini dapat menyebabkan penurunan level pada testosterone dan dapat membahayakan tubuh seorang pria,tentu saja soya akan diblok atau tidak diperbolehkan untuk masyarakat Jepang mengkonsumsi kedelai ini. Tentu saja pemerintahnya akan turun tangan untuk hal ini. Dan ternyata, penelitian tersebut tidak membenarkan bahwa testosterone dapat menurun levelnya karena mengkonsumsi kedelai.

Ada juga penelitian yang mengatakan bahwa testosterone dapat turun kadarnya hingga 35% jika mengkonsumsi isoflavone 20 mg/kg berat badan. Dan penelitian ini dilakukan pada seekor tikus. Bagaimana dengan manusia? Jika anda seorang manusia, seorang pria dengan berat badan 80 kg yang mengkonsumsi isoflavone dengan dosis yang sama tadi,yaitu 20 mg/kg berat badan, otomatis anda harus mengkonsumsi isoflavone sebanyak 1600 mg.

Dan tahukah anda? Untuk mendapatkan isoflavone sebesar 1600 mg, anda harus mengkonsumsi berapa banyak kedelai? Jawabannya adalah 54 cangkir susu kedelai perhari. Yang ada, anda justru mati duluan kekenyangan sebelum level testosterone anda turun. Ya ‘kan? Lalu ada juga penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi protein dari kedelai hingga 50 gr per hari itu tidak masalah. Dengan catatan kondisi kesehatan anda dalam keadaan normal.

Tetapi jika anda mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan, ketika berat badan anda sudah berlebih, anda punya masalah dengan diabetes, anda punya masalah dengan sistem metabolik, maka hal ini juga harus diperhatikan. Karena kelebihan protein baik melalui kelebihan protein hewani maupun kelebihan protein nabati, juga tidak baik untuk tubuh anda. Terutama untuk ginjal anda.  Mungkin anda juga bisa asam urat karena kelebihan protein. Tetapi jika mengkonsumsi 1 sampai 3 cangkir susu kedelai bagi seorang pria ataupun wanita, hal ini tidak masalah. Dan di Indonesia, kedelai juga digunakan sebagai bahan baku untuk membuat tahu dan tempe. Dan mungkin juga membuat bahan makanan yang lain.