Rahasia Penting Menjaga Kesehatan Kulit Anda

Kesehatan kulit sangat penting untuk dijaga. Hal ini dikarenakan betapa mudahnya bagian tubuh ini untuk terkontaminasi berbagai jenis zat, termasuk bakteri serta kotoran. Selain itu, menjaga kondisi kulit Anda juga bermanfaat untuk menjaga kecantikannya. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar kulit senantiasa terjaga.

Jauhi Kebiasaan Merokok

Apabila Anda sudah terlanjur menjadi perokok, alangkah baiknya jika Anda segera menghentikan kebiasaan tersebut. Merokok adalah salah satu faktor yang dapat merusak kondisi kulit karena memecah kolagen, yaitu zat yang mempertahankan elastisitas kulit.

Pastikan Anda Selalu Beristirahat dengan Cukup

Kulit akan terlihat lelah, menua, dan kusam jika Anda tidak cukup beristirahat atau tidur. Selain itu, jika Anda semakin kurang istirahat, risiko munculnya kantung hitam di bawah mata pun makin besar. Bahkan, kantung mata pun bisa jadi semakin menggelap.

Perhatikan Pola Makan Anda

Apa yang Anda konsumsi setiap hari sangat berperan penting di dalam menjaga kesehatan kulit, lho. Tentunya, pastikan bahwa jenis-jenis makanan yang Anda santap sehat dan bergizi. Dengan demikian, kulit pun akan nampak sehat, berseri, dan lebih mudah, serta kondisi tubuh Anda juga menjadi lebih baik dari dalam.

Kendalikan Tingkat Stres Anda

Stres atau tekanan secara umum akan memicu produksi kelenjar adrenal yang menghasilkan kortisol, yaitu hormon stres. Kortisol sendiri berperan besar dalam menghasilkan lemak berminyak yang akan keluar dari kelenjar bernama sebaceous. Apabila lemak yang berminyak ini diproduksi dalam jumlah yang terlalu banyak, pori-pori kulit pun dapat tersumbat sehingga bakteri penyebab jerawat menjadi terjebak di dalam kulit. Karena itulah masalah jerawat pun timbul saat stres tengah melanda.

Hindari Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Tidak seperti air, minuman beralkohol justru dapat membuat baik kulit dan tubuh Anda mengalami dehidrasi. Karena itulah kulit pun menjadi terlihat lebih tua dan lelah. Selain itu, alkohol juga dapat membahayakan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk merusak organ-organ penting seperti hati. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi alkohol pun dapat mengurangi jumlah produksi kolagen sehingga kerutan halus lebih cepat muncul.

Selalu Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Hal ini terutama penting jika aktivitas sehari-hari memaksa Anda menghabiskan sebagian besar waktu di luar ruangan, terutama saat matahari sedang terik-teriknya. Kalau demikian, Anda bisa melakukan cara pencegahan dengan melindungi kulit setiap hari, seperti mengenakan pakaian yang menutupi kulit, seperti baju berlengan panjang, topi, atau celana panjang. Selain itu, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya yang kadar SPF-nya tinggi sebelum Anda keluar ruangan.

Rajin Bersihkan Wajah Anda dan Gunakan Pelembab Kulit

Untuk menjaga agar kulit wajah tetap bersih dan sehat, rajin-rajinlah membersihkannya setiap hari. Hal ini diperlukan agar kotoran serta bakteri dapat dihilangkan. Lakukan rutinitas ini secara lembut dan gunakan air hangat untuk membersihkan wajah Anda. Selain itu, jangan lupakan pelembab, apabila kulit Anda kondisi alaminya adalah kering. Gunakan juga pelembab yang mengandung SPF untuk perlindungan ekstra dari paparan sinar matahari sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit.