Rahasia Kulit Cantik dan Informasi Penting untuk Merawatnya

Rahasia kulit cantik sebenarnya mudah, kok. Bahkan, banyak tips menjaga kulit agar tetap sehat dan berseri dapat Anda terapkan setiap hari tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Apa saja langkah-langkahnya?

Rahasia Kulit Nampak Cantik dan Sehat Secara Alami

  1. Jaga kebersihan. Kebersihan di sini bukan hanya kebersihan kulit, tapi juga kebersihan lingkungan Anda. Jaga agar tubuh serta kondisi lingkungan tempat Anda tinggal dan beraktivitas selalu bersih, termasuk menjaga kebersihan berbagai barang yang selalu menyentuh kulit Anda seperti alat rias, alat mandi, bantal, dan pakaian.
  2. Rajin berolahraga secara teratur. Ada banyak manfaat yang dapat Anda nikmati dari aktivitas fisik yang satu ini, termasuk menjaga agar kulit tetap kencang dan selalu nampak sehat. Selain itu, badan pun akan selalu terasa segar.
  3. Atur pola makan Anda. Selain menjaga kondisi kulit dari luar, jangan lupa faktor-faktor yang menjadi rahasia kulit cantik dari dalam tubuh, ya. Salah satunya adalah dengan mengelola pola makan Anda. Makanan yang sehat dan bergizi, apalagi yang kaya akan antioksidan serta kolagen, sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Hindari makanan cepat saji. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga agar jumlah air yang Anda minum setiap harinya cukup, yaitu sekitar 2 liter.
  4. Beristirahat yang cukup. Kurang tidur dapat membuat kulit nampak kusam dan wajah nampak lelah. Dengan beristirahat yang cukup, kondisi kulit pun akan pulih dan Anda dapat menghindari risiko semakin menggelapnya kantung mata.
  5. Sesuaikan pilihan kosmetik dengan jenis kulit Anda. Kenali dulu jenis kulit Anda dan pilih produk perawatan wajah serta kosmetik yang cocok. Selain itu, jangan lupa gunakan tabir surya sebelum Anda keluar dari ruangan untuk melindungi kulit dari bahaya terpaan sinar matahari.

Yang Penting untuk Diketahui dalam Merawat Kulit

Dengan informasi yang benar dan cukup, merawat kulit agar tetap cantik pun menjadi sebuah rutinitas yang lebih mudah dan memberikan hasil yang efektif. Salah satunya adalah dengan mengetahui fakta yang sesungguhnya dari mitos atau salah paham terkait perawatan kulit.

Salah satu hal yang sering salah dikira adalah kadar SPF yang lebih tinggi dianggap perlindungan yang lebih baik, terutama untuk tabir surya yang kadar SPF-nya di atas 30. Rupanya, baik itu tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, keduanya sama saja. Yang penting adalah seberapa sering Anda memakai ulang produk tersebut, yang idealnya adalah setiap 2 sampai 4 jam. Selain itu, tabir surya yang terkandung di dalam produk kosmetik sebenarnya belum cukup dalam memberikan perlindungan sehingga penggunaan krim tabir surya masih diperlukan.

Kemudian, jika Anda memiliki masalah produksi minyak yang berlebih sehingga kulit menjadi kelewat berminyak, solusinya bukanlah dengan menggunakan produk untuk merawat kulit kering. Jenis kulit Anda tidak dapat diubah karena sudah ditentukan oleh faktor fisiologi tubuh, sehingga minyak juga akan tetap diproduksi. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga keseimbangan antara air dan minyak pada kulit untuk menjaga tingkat kelembaban yang normal sebagai salah satu rahasia kulit cantik.