Produk Susu dan Alternatifnya

Produk susu (dan alternatifnya) dipenuhi oleh kalsium, protein, dan banyak nutrisi penting lainnya. Kalsium vital bagi gigi dan tulang yang sehat. Kalsium juga penting untuk otot, jantung, serta membantu darah cepat membeku saat luka. Protein adalah nutrisi penting ynag dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki dan memproduksi sel-sel.

Kenapa tubuh membutuhkan begitu banyak produk susu?

Terdapat banyak sekali nutrisi esensial dalam produk susu. Setiap kali Anda meminum atau memakan produk susu, Anda memberikan tubuh Anda kalsium, iodin, vitamin A, vitamin D, riboflavin, vitamin B12 serta seng.

Kalsium dan vitamin D membantu tubuh membangun tulang yang kuat dan padat seiring Anda tumbuh, serta menjaga tulang tetap kuat dan sehat seiring Anda menua. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 1000 mg kalsium setiap hari. Jumlah ini meningkat menjadi 1300 mg untuk wanita berusia di atas 50 dan pria berusia di atas 70.

Tidak mendapatkan cukup kalsium dalam pola makan Anda dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit tulang, di mana tulang menjadi rapuh dan lemah serta dapat patah dengan mudahnya.

Bagaimana saya dapat meningkatkan konsumsi produk susu (dan alternatifnya) saya sendiri?

Ada banyak cara mudah untuk mendapatkan lebih banyak produk susu (atau alternatifnya) ke dalam pola makan Anda. Cobalah tips berikut:

  • Masukkan sebongkah yogurt pada sereal sarapan. Atau oleskan ricotta pada roti panggang dengan beberapa buah beri.
  • Kenapa tidak masukkan yogurt, keju, atau almond dalam kotak makan siang untuk dijadikan cemilan sepanjang hari?
  • Masukkan sesendok penuh yogurt Yunani pada kare tepat sebelum disajikan (tips lain – agar lebih sempurna lagi, taburkan serpihan almond di atas masakan ini untuk melengkapinya).
  • Keju parut membuat semuanya terasa enak. Cobalah pada pasta, omelet, dan sajian sayur.
  • Terdapat banyak pilihan makanan penutup dari susu, tapi semuanya tinggi kalori, lemak, dan gula tambahan (seperti es krim dan kustar). Oleh karena itu, cobalah yogurt rendah gula dan rendah lemak. Yogurt enak dimakan baik dengan buah-buahan maupun sendirinya.
  • Minum kopi latte atau capuccino dengan susu.
  • Tambahkan ricotta atau keju feta pada salad.
  • Nikmati smoothie enak dengan memblender buah favorit Anda dengan yogurt atau susu.

Atau Anda bisa gunakan pengganti produk susu:

  • Coba susu almond dengan muesli, atau buat jadi smoothie buah beri.
  • Tambahkan saus bechamel dari susu kedelai untuk membuat lasagna atau moussaka bebas produk susu.
  • Bereksperimenlah dengan krim kacang mete! Krim ini merupakan pengganti gurih yang sempurna untuk krim asam pada taco. Atau nikmati dengan semangkuk buah kesenangan Anda.
  • Krim kelapa dan santan adalah pengganti susu yang serba guna. Kuncinya adalah memastikan bahwa mereka sudah ditambah dengan protein dan kalsium, sehingga hampir sama dengan susu dalam nutrisinya. Tambahkan ke dalam laksa, kare, atau saus jamur. Terutama nasi santan! Cukup ganti setengah dari airnya menjadi santan dan masak seperti biasa. Hidangan ini juga sangat populer dengan anak-anak.