Pentingnya Protein

Apakah Anda berusaha untuk makan dengan sehat? Apakah Anda sedang mencoba untuk makan lebih banyak buah, sayur, dan gandum utuh untuk mendapatkan lebih banyak vitamin, antioksidan, dan serat? Mungkin inilah saatnya untuk menambahkan makanan kaya protein seperti susu dan daging tanpa lemak, serta kacang-kacangan ke dalam daftar makanan sehat tersebut.

Penelitian menunjukkan bahwa kita seringkali tidak mendapat cukup protein saat sarapan dan makan siang, lalu cenderung makan terlalu banyak saat makan malam. Kebanyakan orang sebenarnya kekurangan protein sepanjang hari, dengan sintesis otot yang kurang optimal. Sejumlah besar protein yang dimakan saat makan malam kebanyakan sia-sia karena tubuh tidak dapat menggunakan begitu banyak sekaligus.

Agar tubuh dapat memanfaatkan protein dengan baik, kita harus menggeser konsumsi protein dari makan malam ke siang hari, meningkatkan porsi kita saat sarapan dan makan siang serta menurunkannya saat makan malam untuk menyediakan jumlah yang seimbang sepanjang hari.

Terdapat banyak kondisi yang dapat bermanfaat dari konsumsi protein yang lebih tinggi, yang paling penting kemungkinan adalah penuaan yang sehat; karena memang kita pada akhirnya menua. Berikut ini manfaat lain memakan protein dalam jumlah tepat sepanjang hari:

  • Protein memengaruhi seberapa kenyang yang kita rasakan dan seberapa baik kita mengatur berat badan.
  • Distribusi protein yang lebih merata sepanjang hari dihubungkan dengan pencegahan penyakit kronis, menjaga tubuh langsing dan tulang tetap sehat.
  • Protein meningkatkan efek dari berolahraga dengan cara membantu tubuh membentuk otot dengan lebih efektif, yang berguna bagi orang tua untuk mencegah penurunan kualitas otot.
  • Protein juga bagus untuk tulang. Saat orang-orang mendengar osteoporosis, mereka cenderung memikirkan kalsium, tapi protein juga penting untuk merawat tulang. Otot yang kuat, terbentuk dari protein, membantu menyokong tulang yang sehat.

Solusinya, geser protein yang banyak itu ke sarapan dan makan siang. Daripada memakan 10 gram protein untuk sarapan, 15 untuk makan siang dan 65 untuk makan malam, cobalah makan kira-kira 20 hingga 30 gram sekali makan.