Nutrisi dalam Buah Pir

Selain mengenyangkan dan rasanya renyah, pir juga penuh dengan manfaat kesehatan – mulai dari mencegah penyakit kronis dengan menyediakan sejumlah besar antioksidan hingga menurunkan kolesterol berkat kandungan seratnya yang tinggi.

Pir mengandung phytochemical tertentu, termasuk flavonoid anti peradangan, polifenol yang anti kanker, dan flavonoid pengecah penuaan. Studi-studi mengenai manfaat pir telah menghubungkan konsumsi pir dengan lebih berkurangnya sembelit, batu ginjal, kolesterol tinggi, dan bahkan diabetes.

Pir dapat membantu mengurangi peradangan, yang merupakan sumber dari segala penyakit. Tambahan lagi, pir merupakan salah satu sumber terbaik untuk serat diet di antara semua buah dan menyediakan banyak vitamin C, vitamin K, dan boron. Selain itu, pir juga membantu mencegah defisiensi tembaga dan kekurangan potassium.

Manfaat kesehatan pir

1. Tinggi serat

Mengandung hingga lima gram serat per buah pir, buah ini merupakan makanan yang kaya serat dan dapat memenuhi kebutuhan serat Anda sehari-hari. Serat tidak mengandung kalori dan merupakan elemen yang penting dalam pola makan karena membantu mempertahankan jumlah gula darah yang sehat.

2. Sumber vitamin C

Satu pir dapat menyediakan sejumlah besar vitamin C, yaitu antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas serta mengurangi kerusakan oksidatif. Satu buah pir segar mengandung sekitar 12 persen dari jumlah vitamin C harian yang dianjurkan, di mana vitamin C sangat bermanfaat untuk melindungi DNA, menghentikan mutasi sel, mempertahankan metabolisme yang sehat, serta memperbaiki jaringan.

3. Membantu menurunkan berat badan

Konsumsi buah dan sayur telah ditemukan dapat melindungi dari obesitas. Seringkali kita melihat semakin banyak sayur dan buah yang dimakan, semakin mudah mencegah kenaikan berat badan. Sebuah studi pada orang-orang dewasa yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa diet tinggi serat yang berasal dari konsumsi sayur dan buah dihubungkan dengan naiknya berat badan yang lebih lambat, kemungkinan karena buah dan sayur dipenuhi nutrisi dan rendah kalori. Pir adalah cemilan sehat dan menyenangkan yang tidak akan menambah berat badan.

4. Membantu melawan diabetes

Meskipun pir dan buah-buahan atau sayuran lain mengandung gula alami dalam bentuk fruktosa, konsumsi buah dan sayur yang lebih tinggi berbanding terbalik dengan jumlah penyakit diabetes, khususnya di antara wanita. Setelah mengikuti lebih dari 9600 orang dewasa berusia 25-74 tahun selama 20 tahun, para peneliti dari Centers for Disease Control and Prevention menemukan bahwa memakan lima atau lebih buah dan sayuran berbeda-beda setiap hari menurunkan risiko diabetes secara signifikan.

5. Membantu mempertahankan kesehatan tulang

Pir adalah sumber bagus dari dua nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang: vitamin K dan boron. Kekurangan vitamin K akan menyebabkan risiko penyakit tulang sebab vitamin ini bekerja sama dengan nutrisi penting lain seperti kalsium, magnesium, dan fosfor untuk mencegah kerusakan tulang. Faktanya, beberapa ahli menganggap vitamin K berpotensi sebagai nutrisi paling penting dalam melawan osteoporosis – vitamin K bahkan membangun tulang lebih baik daripada kalsium.