Menjaga Paru-paru Tetap Sehat

Lebih dari 3 juta orang di seluruh dunia meninggal tiap tahunnya akibat masalah yang berkaitan dengan paru-paru seperti COPD dan kanker, serta 235 juta orang menderita asma, suatu penyakit yang menhalangi saluran pernafasan serta membuatnya jadi sulit bernafas. Dengan sejumlah besar dari populasi manusia mengalami gangguan pernafasan, sudah waktunya untuk berinvestasi pada paru-paru Anda dan menjaga saluran pernafasan tetap lancar dan terbuka. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga paru-paru tetap sehat:

Ambil napas dalam

Mengambil nafas mendalam adalah sesuatu yang seharusnya Anda lakukan tiap hari, tapi merupakan sesuatu yang sering kita lupakan. Menarik nafas dalam akan membuka paru-paru ke kapasitas maksimal, sehingga membuatnya mudah bernafas. Saat menarik nafas, biarkan dada terangkat sementara diafragma menurun, sehingga dada penuh udara. Saat mengeluarkan nafas, pastikan Anda melemaskan otot perut dan mengangkat diafragma untuk mengeluarkan semua udaranya

Minum air

Tetap terhidrasi sangat penting bagi paru-paru, khususnya jika Anda menderita COPD atau asma. Faktanya, Anda mungkin bisa mencoba air detoks, yaitu air yang diinfus dengan berbagai sayur dan buah berbeda yang bekerja dalam berbagai cara selain menggerakkan paru-paru, seperti membantu pencernaan atau menurunkan berat badan (hal-hal yang dapat membantu paru-paru Anda secara signifikan)

Jauhi rokok

Tidak butuh jadi ilmuwan roket untuk mengetahui bahwa rokok, atau produk tembakau apapun, bukanlah yang terbaik untuk kesehatan paru-paru Anda. Jika Anda sudah pernah mengonsumsi produk tembakau, tidak semua harapan hilang kok. Buah-buahan seperti jeruk dan kiwi telah terbukti dapat mencegah kanker paru-paru, serta kaya vitamin yang akan mengembalikan kesehatan Anda.

Duduk tegak

Paru-paru Anda hanya bisa mengembang sebesar ruang yang Anda berikan. Jika Anda terus-menerus duduk dengan punggung bungkuk, Anda tidak memberikan cukup ruang untuk bernafas. Pastikan selalu duduk tegak dan berdiri tegak, serta berlatih menyandar dan dorong dada ke depan beberapa kali dalam sehari untuk memberikan ruangan tambahan bagi paru-paru Anda.

Tertawa

Percaya atau tidak, menonton acara komedi kesukaan Anda benar-benar bisa bermanfaat untuk paru-paru Anda. Tertawa membuat dada dan diafragma bekerja sementara tertawa terbahak-bahak akan membantu mendorong udara basi dari dalam paru-paru Anda.