Meningkatkan Mood dengan Makanan

Serotonin adalah zat kimia dalam otak yang diketahui dapat memengaruhi mood Anda. Menjaga jumlah zat ini dalam keadaan seimbang dapat membantu Anda tetap tenang, sehat, waspada secara mental, terkontrol, dan dapat mengatasi stres lebih baik. Karena pola makan dapat memengaruhi suplai serotonin, kami telah membuat daftar makanan apa saja yang dapat meningkatkan mood:

Kacang dan biji-bijian: Para peneliti dari Universitas Barcelona menemukan bahwa pria dan wanita yang mengonsumsi almond, walnut, dan kacang Brazil memiliki level serotonin yang lebih tinggi. Selain itu, cukup satu ons kacang jenis campur sehari dapat membantu mengurangi obesitas, tekanan darah, dan gula darah.

Yogurt Yunani: Produk susu ini mengandung lebih banyak kalsium daripada yang akan Anda temukan dalam susu atau yogurt biasa, serta juga dapat membuat Anda lebih bahagia. Tingkat kalsium yang cukup dapat membuat tubuh lebih banyak memproduksi neurotransmitter yang membuat Anda lebih senang.

Ikan laut air dingin: seperti salmon dan tuna bebas merkuri mengandung asam lemak omega 3 yang membantu mengatasi gejala-gejala depresi. Studi oleh Universitas Sekolah Medis Pittsburgh menemukan bahwa para relawan dengan tingkat asam lemak omega 3 yang lebih tinggi mempunyai gejala depresi lebih sedikit dan pandangan hidup yang lebih positif.

Isoflavon kacang kedelai: membantu dengan mood dan fungsi mental. Makanan ini juga sumber kaya protein nabati non kolesterol yang kemungkinan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Tambahkanlah makanan dari kacang kedelai seperti tahu, tempe, miso, dan susu kedelai ke dalam pola makan harian Anda.

Asparagus: Sayur ini adalah salah satu sumber nabati terbesar triptofan, yang merupakan bahan dasar pembuat serotonin, yaitu neurotransmitter utama otak yang mengatur mood. Jumlah folat yang tingi juga menambahkan sifat pemberi rasa senang asparagus karena penelitian telah menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen orang pengidap depresi memiliki kadar folat yang rendah.

Coklat hitam: yang mengandung antioksidan yang dikenal sebagai resveratrol. Zat ini dapat meningkatkan jumlah endorfin dan serotonin dalam otak, sehingga membantu meningkatkan mood Anda. Jumlah dosis yang disarankan adalah satu ons per hari (bukan satu bungkus ya!)

Dengan perubahan pola makan peningkat mood, jangan lupa berolahraga juga. Olahraga secara rutin bisa jadi seefektif obat antidepresan atau psikoterapi untuk pengobatan depresi. Hanya keluar beraktivitas selama 30 menit saja sudah memiliki pengaruh besar pada pandangan Anda sepanjang hari.