Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit Anda dari radiasi matahari. Tanpa perlindungan, Anda akan mendapatkan tidak hanya kulit yang terbakar, tapi juga berisiko terkena melanoma, yaitu suatu kanker kulit yang berbahaya dan terlihat seperti bercak berwarna pada kulit.

Walaupun begitu, menurut sebuah survei akhir-akhir ini, banyak orang tidak tahu bagaimana cara menggunakan tabir surya secara efektif dan bagaimana Anda bisa mendapatkan perlindungan maksimum.

Sekitar dua pertiga dari orang yang ditanyai mengatakan bahwa krim dan lotion dengan SPF 30 memberikan mereka dua kali lebih banyak perlindungan daripada tabir surya dengan SPF 15. Banyak di antara mereka juga mengira bahwa tabir surya dengan SPF lebih tinggi akan melindungi kulit mereka dengan durasi lebih lama daripada yang SPF-nya rendah.

Akan tetapi, itu tidak benar. Tabir surya dengan SPF lebih tinggi dapat menjauhkan sinar yang merusak lebih banyak daripada yang mengandung SPF lebih rendah. SPF 15 menghalangi sekitar 93% dari sinar UVB sementara SPF 30 melindungi Anda dari 97% radiasi yang merusak. Tabir surya tidak akan melindungi Anda sepenuhnya, tapi mereka mengijinkan Anda dapat tetap berada di luar ruangan lebih lama sebelum kulit Anda mulai terbakar.

Berikut ini para ahli medis dan dermatologi memberikan saran penting tentang apa yang harus Anda pertimbangkan saat bepergian di bawah sinar matahari:

  • Gunakan tabir surya yang menghalangi baik radiasi UVB maupun UVA. Meskipun sinar UVB diperkirakan lebih berbahaya, radiasi UVA tetap dapat menyebabkan keriput dan penuaan kulit.
  • Gunakan tabir surya dengan SPF setidaknya 30.
  • Jangan tunggu hingga matahari muncul baru menggunakan tabir surya. Gunakan juga saat cuaca mendung.
  • Hindari keluar rumah saat tengah hari ketika radiasi matahari adalah yang paling kuat.
  • Pakai pakaian yang tertutup dan tetap berada di tempat yang teduh kapanpun Anda bisa.
  • Gunakan tabir surya pada seluruh bagian tubuh, termasuk leher, kaki dan tempat-tempat lain yang sulit dijangkau. Oleskan pada kulit setidaknya 2 jam sekali.
  • Berhati-hatilah saat Anda pergi ke studi berjemur dalam ruangan. Studi-studi telah menunjukkan bahwa terlalu banyak terkena sinar lampu berjemur dan alat-alat semacamnya dapat meningkatkan risiko kanker kulit.