Manfaat Santan

Santan ialah cairan kaya dan berkrim yang dihasilkan dari daging buah kelapa tua dan bagus untuk digunakan sebagai alternatif produk susu sebab santan mudah dicerna, mudah dibuat, dan mengandung banyak nutrisi. Anda bisa meminumnya langsung, gunakan dalam masakan, atau dicampurkan dalam smoothie untuk mendapatkan manfaat nutrisinya. Agar lebih sehat lagi, pilihlah yang tidak ditambahi santan. Inilah beberapa manfaat dari santan:

  • Alternatif produk susu dan kedelai: Mereka yang perlu menghindari produk susu dan susu kedelai karena alergi dan sensitif seringkali menemukan bahwa mereka bisa mencerna santan tanpa masalah. Untungnya lagi, santan juga dapat menggantikan produk susu dalam kue dan masakan!
  • Lemak nabati: Lemak dalam santan adalah minyak kelapa, yang sedikit berbeda daripada lemak jenuh yang berasal dari hewan. Lemak nabati ini merupakan asam lemak berantai sedang, yang tidak terurai dalam tubuh seperti lemak hewani. Daripada memperburuk level kolesterol, santan malah meningkatkan jumlah kolesterol baik – HDL.
  • Efek menenangkan: Santan mengandung 89 mg magnesium per cangkir, yang membuatnya menjadi sumber kaya dari mineral yang membantu menenangkan saraf dan mempertahankan tekanan darah normal. Jadi, meminum santan dapat membuat Anda rileks.
  • Melawan infeksi: Santan mengandung asam lemak yang disebut asam laurat – yang berubah menjadi monolaurat dalam tubuh, yaitu komponen yang secara alami memiliki sifat antivirus dan anti bakteri. Atas alasan inilah, konsumsi santan membantu melawan infeksi dan virus.
  • Mencegah keriput: Meningkatkan elastisitas kulit dengan konsumsi atau penggunaan santan berkat kandungan tembaga dan vitamin C nya. Tembaga dan vitamin C mempertahankan fleksibilitas dan elastisitas kulit serta pembuluh darah, sehingga memperlambat proses penuaan kulit dan tubuh Anda.
  • Menurunkan berat badan: Berkat isinya, santan membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama, dan jika dikonsumsi secukupnya, dapat membantu mengendalikan berat badan.
  • Kaya vitamin dan mineral: Vitamin C, E dan B sangat banyak terdapat dalam santan. Vitamin C dan E membantu meningkatkan sistem imun serta vitamin B bertanggung jawab menyediakan energi pada sel. Santan juga kaya akan magnesium, potassium, dan besi. Magnesium berperan dalam banyak fungsi biokimia dalam tubuh, termasuk untuk meregulasi ritme detak jantung dan mendukung fungsi sel saraf. Potassium merawat jaringan jantung, ginjal, otak, dan otot. Fosfor menjaga gigi dan tulang tetap kuat, serta besi menghasilkan sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.