Manfaat Minyak Ikan untuk kesehatan dan kecantikan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Universitas Harvard menunjukkan bahwa terdapat hubungan dekat antara kekurangan asam lemak omega-3 dengan tingkat kematian di Amerika. Kekurangan asam lemak omega-3 menyebabkan kematian dari 96.000 orang tiap tahun.

Kita dapat mencegah kematian jenis ini dengan meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dalam diet anda. Mengejutkan bahwa minyak ikan yang berasal dari jaringan lemak ikan merupakan sumber yang sangat kaya akan asam lemak omega-3. Banyak manfaat luar biasa dari minyak ikan, antara lain pengobatan hipertensi, depresi, radang sendi, attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), arthritis dan banyak permasalahan kulit seperti eczema. Banyak orang juga memanfaatkan minyak ikan untuk menurunkan berat badan. Konsumsi minyak ikan secara teratur terbukti mampu mengurangi tingkat triglyceride yang tidak sehat.

Mencegah penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah

Minyak ikan mengandung senyawa anti-peradangan, sehingga jika dikonsumsi secara terartur dapat mengurangi dan mencegah penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Asam lemak omega-3 memiliki kemampuan untuk mencegah stroke dan serangan jantung dengan cara memperkuat fungsi dari jantung. Mengkonsumsi minyak ikan dapat mengurangi kejadian radang sistematik.

Mengatasi Diabetes

Ada manfaat lain dari minyak ikan yaitu memberikan efek positif bagi penderita diabetes. Penggunaan minyak ini membantu mencegah kerusakan pada sel hippocampus, sehingga mengurangi resiko defisit kognitif dan diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan konsumsi secara teratur dapat mengurangi efek dari stress oksidatif pada kesehatan cardiovascular dan micovascular. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi ikan berlemak dapat mengurangi resiko komplikasi diabetes. Karena itu, minyak ikan dapat dimasukkan ke dalam daftar diet diabetik.

Merawat Gangguan Mata

Minyak ikan efektif dalam merawat gangguan mata, yang merupakan salah satu manfaat ajaib dari minyak ikan. Hubungan erat antara konsumsi teratur dari minyak ikan dengan kesehatan mata telah diteliti dalam banyak studi. Sebuah studi menemukan bahwa dalam diet minyak ikan dan asam lemak omega-3 dapat mengurangi resiko dari age-related macular degeneration (AMD). Lebih lanjut, lemak polyunsaturated dalam minyak ikan memiliki kemampuan mengurangi tingkat katarak korteks.

Mengurangi resiko kanker

Konsumsi minyak ikan secara teratur mampu mengurangi resiko pertumbuhan beberapa jenis kanker seperti : prostat, usus dan payudara. Minyak ikan diberikan dalam perawatan kanker alamiah. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2013, menunjukkan bahwa terdapat hubungan erat antara asam lemak polyunsaturated dalam minyak ikan dengan pencegahan kanker prostat. Sebuah studi di tahun 2016 menemukan bahwa konsumsi tinggi daging ikan dapat menurunkan resiko kanker payudara. Pasien dengan berbagai jenis kanker harus mengkonsumsi minyak ikan dalam diet mereka karena asam lemak omega-3 memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel tumor.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat lain dari minyak ikan adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian menggunakan hewan percobaan membuktikan bahwa antioksidan astaxanthin sangat berperan dari minyak ikan ini. Kita semua tahu bahwa sistem kekebalan yang kuat sangat penting membantu tubuh anda melawan berbagai penyakit dan infeksi. Sangat disarankan agar mengkonsumsi minyak ikan yang mengandung astaxanhin. Anda harus konsultasi terlebih dahulu kepada dokter anda sebelum mengkonsumsi suplemen ini.

Manfaat minyak ikan untuk meningkatkan kesuburan

Konsumsi minyak ikan yang mengandung banyak sumber asam lemak omega-3 efektif dalam meningkatkan kesuburan pada wanita dan pria. DHA, sebuah hasil dari asam lemak omega-3, diperlukan untuk mobilitas dan kesehatan sperma pada pria. Ada hubungan erat antara rendahnya kadar DHA dan menurunnya kesuburan. Minyak ikan memiliki kemampuan untuk mengurangi infeksi, mengembalikan siklus dan menyeimbangkan hormon, yang hasilnya akan meningkatkan kesuburan wanita. Inilah alasannya kenapa minyak ikan merupakan salah satu pengobatan alternatif untuk mengatasi permasalahan kesuburan bagi pasangan suami istri.

Manfaat untuk kehamilan

Minyak ikan direkomendasikan bagi wanita yang sedang mengandung dan anak-anak. Wanita hamil, wanita menyusui dan anak-anak memerlukan lebih banyak asam lemak omega-3. Omega-3 DHA memainkan peran penting dalam melindungi otak, sistem saraf dan mata pada janin. Bayi dan anak-anak memerlukan tambahan asam lemak omega-3 untuk kesehatan perkembangan otak dan fungsi kekebalan tubuh yang kuat. Konsumsi asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi resiko kelahiran bayi prematur. Omega-3 dalam minyak ikan membantu mengontrol mood dan meningkatkan perasaan nyaman kepada ibu ketika sedang mengandung maupun setelah melahirkan.