Manfaat Makan Buah Stroberi

Stroberi merah yang manis dan berair dapat mencerahkan rasa dan penampilan masakan apapun. Bukan hanya enak, buah ini juga rendah lemak dan kalori, serta merupakan sumber serat dan antioksidan, yang melindungi tubuh manusia dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Nutrisi Stroberi

Satu cangkir stroberi menyediakan 50 kalori dan sekitar 3 gram serat, yang kebanyakan merupakan serat mudah larut. Studi telah menunjukkan bahwa serat, terutama serat mudah larut, dapat menurunkan LDL atau “kolesterol jahat”.

Serat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular melalui mekanisme menurunkan kolesterolnya. Hanya satu cangkir stroberi menyediakan lebih dari 100% jumlah vitamin C per hari yang dianjurkan untuk orang dewasa. Vitamin C adalah antioksidan penting, yang melindungi sel dari radikal bebas yang merusak. Tubuh juga menggunakan vitamin C untuk membuat kolagen, yang membantu menyembuhkan luka. Vitamin C membantu penyerapan zat besi dan merupakan komponen penting dari sistem imun tubuh.

Tentang Stroberi

Stroberi telah tumbuh liar di seluruh dunia selama beberapa milenia. Sekarang ini, terdapat lebih dari 600 varietas stroberi yang semuanya berbeda dalam rasa, ukuran, dan tekstur. Stroberi tersedia sepanjang tahun, tapi musim puncak stroberi adalah sekitar April hingga Juli. California adalah salah satu daerah penghasil stroberi paling besar di dunia, menghasilkan hampir 2 milyar pon setiap tahun.

Stroberi tidak akan matang setelah dipetik, jadi carilah stroberi yang bersinar dengan warna merah cerah, serta padat, gemuk dan bebas jamur. Hindari yang kusam warnanya atau memiliki bagian berwarna hijau atau kuning.

Stroberi sangat mudah basi, jadi simpan dengan ditutupi secara longgar dalam kulkas. Pastikan untuk mencuci tepat sebelum memakannya.

Cara Memakan Stroberi

  • Tambahkan stroberi yang dipotong-potong ke dalam salad hijau.
  • Lapisi potongan stroberi dan buah lain dengan yogurt tawar untuk membuat makanan penutup parfait.
  • Tambahkan stroberi ke dalam smoothie dengan yogurt dan jus jeruk.
  • Campur stroberi potong dengan kayu manis, jus lemon, dan sirup mapel untuk digunakan sebagai topping waffle dan pancake.
  • Buat saus coulis untuk makanan penutup dengan memblender stroberi dengan sedikit jus jeruk.
  • Letakkan potongan stroberi pada roti panggang daripada selai.
  • Celupkan stroberi dalam cokelat kaya antioksidan untuk membuat makanan penutup yang enak dan bernutrisi.