Manfaat Madu pada Kulit

Madu mentah sangatlah bagus untuk kulit Anda berkat sifat anti bakterinya serta sejumlah besar antioksidan yang dapat menyelamatkan kulit Anda. Baik mencari cara membuat masker yang mudah maupun memberi treatment pada kulit, madu mentah lah jawabannya untuk mendapat kulit yang indah bersinar.

1. Masker madu

Salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan dengan madu adalah dengan mengoleskannya sebagai masker. Madu mentah dapat membantu membuka pori-pori sambil sekaligus melembabkan kulit. Untuk membuatnya, cukup oleskan lapisan tipis madu pada kulit yang sedikit basah dengan gerakan melingkar. Kemudian, biarkan selama setidaknya 30 menit dan bilas dengan lembut menggunakan air hangat. Setelahnya, Anda pasti akan menemukan bahwa kulit berubah jadi lembut dan bersinar.

2. Cleanser madu

Meskipun bukan untuk menyingkirkan make up mata yang rumit, madu masih cukup berguna sebagai cleanser. Madu mudah melarutkan make up, khususnya ketika madu dicampur dengan minyak tumbuhan alami serta rempah-rempah. Cobalah buat campuran madu dengan minyak (antara minyak kelapa atau minyak jojoba) untuk membentuk tekstur seperti balsem yang cukup licin untuk dioleskan ke wajah. Lalu tambahkan sedikit kayu manis, kunyit atau kemiri untuk menambahkan aroma. Pijatkan campuran ke seluruh wajah, melonggarkan make up tebal serta melembabkan kulit pada waktu yang sama.

3. Exfoliator madu

Anda dapat exfoliate kulit Anda sekali atau dua kali seminggu dengan scrub lembut yang dibuat dari dua bagian madu dan satu bagian baking soda. Baking soda dapat mengexfoliate kulit dengan ringan sementara madu menenangkan dan melembutkan kulit. Pakaikanlah campuran ini ke seluruh tubuh – lengan, kaki, dan tungkai Anda pasti dapat bermanfaat dari campuran efektif tapi simpel ini.

4. Mandi madu

Saat kulit Anda terasa kering, pakailah madu untuk menenangkannya. Mandi air hangat dengan bahan-bahan lembut dapat membuat kulit tetap sehat saat pergantian musim. Cukup tambahkan dua cangkir madu ke bak mandi untuk mempersiapkan air mandinya. Lalu berendam selama 15 menit dan kemudian tambahkan baking  soda selama 15 menit berikutnya untuk membantu tubuh menyingkirkan sel kulit mati tanpa menyebabkan iritasi.