Manfaat Kolagen

Akhir-akhir ini, suplemen kolagen telah menjadi tren kesehatan terbaru berkat manfaat kesehatannya yang banyak. Tapi apa sih itu kolagen dan mengapa kolagen sangat penting? Kolagen adalah protein yang ditemukan di mana-mana dalam tubuh kita. Ada kolagen dalam tulang, kulit, otot, pembuluh darah, dan sistem pencernaan kita. Sementara kita menua, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun. Saat hal ini terjadi, kita cenderung menyadari tanda-tanda tertentu seperti keriput, kulit longgar, dan rasa sakit atau lemak pada sendi dan otot. Untungnya, sekarang Anda sudah bisa menambahkan kolagen ke dalam pola makan Anda dengan cara dimasukkan ke dalam kopi, smoothie, jus, dan lain lain. Anda juga bisa mendapatkan kolagen dari sup tulang – cukup pastikan tulangnya berasal dari hewan pemakan rumput yang organik!

Apa manfaat menambahkan kolagen ke dalam pola makan Anda? Inilah dia daftar manfaat kesehatan yang terkait dengan menambahkan kolagen ke dalam pola makan Anda:

Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Kita semua menginginkan rambut yang lebih kuat dan lebih sehat. Rambut Anda butuh tiga hal untuk tumbuh dengan sehat: keratin, mineral, dan juga kolagen! Itulah kenapa banyak wanita cenderung menggunakan produk suplemen yang mengandung kolagen untuk membantu rambut mereka tumbuh lebih cepat, lebih kuat, dan lebih sehat. Kolagen juga bermanfaat untuk memberikan elastisitas pada kulit dan mencegah keriput.

Meningkatkan metabolisme

Menambahkan suplemen kolagen juga dapat membantu meningkatkan metabolisme. Caranya, kolagen menambahkan massa otot pada tubuh dan membantu mengubah nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Massa otot penting karena membantu meningkatkan kesehatan tulang dan memperbaiki postur tubuh.

Mencegah hilangnya tulang

Tulang kita penting karena dapat mendukung struktur tubuh kita. Kolagen dapat mencegah penyakit yang menyebabkan tulang jadi rapuh yang disebut osteoporosis. Suplemen kolagen dapat membantu mendorong tubuh untuk menghasilkan lebih banyak kolagen pada tulang.

Mencegah stretch mark dan selulit

Anda mungkin akan mulai menyadari adanya stretch mark muncul pada tubuh dan selulit yang tak diinginkan mulai tersebar. Hal ini terjadi karena kurangnya kolagen dalam tubuh.

Membantu memperkuat kuku

Sama seperti rambut Anda, kuku juga butuh kolagen untuk tumbuh sehat dan kuat. Jika Anda merasa kuku mulai rapuh dan mudah patah, Anda mungkin perlu menambahkan kolagen dalam pola makan Anda.