Manfaat Kesehatan Memainkan Alat Musik

Terdapat banyak penelitian yang membuktikan bahwa aktivitas musikal bermanfaat baik untuk tubuh maupun pikiran manusia. Tak peduli umur maupun tingkat keahlian Anda, memainkan alat musik adalah suatu bentuk latihan kognitif yang bagus. Manfaat kesehatan dari melakukan ini beragam mulai dari menurunkan stres dan tekanan darah hingga mencegah dementia dan depresi. Jika Anda sedang mencari hobi menyenangkan yang meningkatkan kesehatan dan pikiran, Anda mungkin mau mempertimbangkan mencoba les piano.

Inilah beberapa manfaat dari memainkan alat musik

Meningkatkan koordinasi

Pemusik biasanya memiliki koordinasi yang hebat. Aksi memainkan alat musik apapun membutuhkan Anda untuk memiliki koordinasi tangan dan mata yang tajam. Hal ini bahkan dapat menguntungkan Anda dalam permainan bola basker, atau olahraga apapun yang membutuhkan koordinasi tangan dan mata yang bagus.

Mengatur mood

Penelitian menunjukkan bahwa menciptakan musik dapat menurunkan stres dengan cara menurunkan tingkat kortisol. Efek dari bermain dalam kecepatan berbeda dapat lebih memperbesar manfaat ini. Bermain musik juga dapat dijadikan pelampiasan emosi. Menciptakan musik sendiri membuat Anda bisa membentuk rasa sedih, senang, atau ketegangan Anda ke dalam suatu bentuk karya seni yang indah.

Meningkatkan kesehatan sistem pernafasan

Baik meniup klarinet, seluring, maupun alat musik tiup lainnya, salah satu hal yang harus Anda tahu adalah cara bernafas yang benar. Alat musik ini bergantung pada getaran udara yang si pemusik ciptakan. Ini berarti bernafas baik secara efektif maupun efisien harus sangat dikuasai oleh pemusik.

Meningkatkan daya konsentrasi

Terdapat banyak elemen musik yang tidak boleh diabaikan saat memainkan alat musik. Sebagai pemusik, Anda harus bisa mendengarkan ketukan, ritme, tekstur, timbre, dan lain lain. Satu-satunya hal lain yang lebih penting dikonsentrasikan daripada suara Anda sendiri adalah suara dari grup musikal. Berada dalam kelompok musikal dapat meningkatkan konsentrasi dengan cara membuat Anda berfokus pada harmoni kelompok secara keseluruhan.

Membantu mengobati Alzheimer

Stimulasi mental yang terlibat dalam memainkan dan mendegarkan musik dapat meningkatkan daya ingat yang lebih baik pada penderita Alzheimer. Dalam sebuah studi pada penderita Alzheimer, disimpulkan bahwa memori musik lebih baik dipertahankan daripada memori lisan. Hal ini terutama karena perasaan yang ditimbulkan oleh musik sehingga membuatnya menarik perhatian dan dapat mempertahankan memori lebih baik.