Manfaat Kesehatan dari Berpuasa

Berpuasa berarti tidak makan maupun minum. Mungkin terdengar agak menakutkan atau bahkan ekstrim bagi beberapa orang. Jangan takut, karena banyak orang berpuasa untuk alasan spiritual, mental, dan fisik. Para atlet berpuasa sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan baik secara mental maupun fisik karena dapat meningkatkan fungsi otak dan kejernihan pikiran. Berbagai kepercayaan juga berpuasa dalam ibadah mereka, seperti agama Hindu, Buddha, Islam, dan Kristen. Berikut ini berbagai manfaat kesehatan dari berpuasa:

Menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak perut

Menurut banyak studir, menurunkan berat badan ditunjukkan lebih mungkin dan efektif saat berpuasa. Puasa membuat tubuh membakar lemak ketika tidak ada gula dan makanan. Puasa dapat meningkatkan fungsi hormon untuk membantu menurunkan berat badan. Jumlah norepinefrin yang lebih banyak, lebih sedikit insulin, dan level hormon yang meningkat; semuanya berkontribusi pada pemecahan lemak tubuh. Banyak atlet berpuasa untuk menghilangkan persentase lemak tubuh secara efisien.

Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Berpuasa telah ditunjukkan memiliki efek positif pada perlawanan insulin, sehingga membuat Anda dapat menoleransi karbohidrat lebih baik dari normal. Puasa telah menunjukkan manfaat penting pada sensitivitas insulin dan dapat menurunkan level gula darah.

Mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh

Stres oksidatif meningkatkan penuaan dan banyak penyakit kronis. Berbagai studi menunjukkan bahwa berpuasa kemungkinan dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap stres oksidatif.

Meningkatkan level lemak dalam darah

Pada tahun 1997, Annals of Nutrition Metabolism mendemonstrasikan bahwa berpuasa menurunkan kolesterol jahat, LDL, sampai 8 persen, trigliserida hingga 30%, dan meningkatkan kolesterol baik, HDL, sampai 14%. Puasa dapat menjadi solusi sempurna untuk memrogram ulang tubuh untuk nantinya makan lebih sehat.

Membantu memperbaiki pola makan

Dengan banyaknya makanan sekarang ini, banyak orang telah mengembangkan berbagai kelainan makan seperti makan terlalu banyak. Berpuasa sepanjang hari dan makan pada waktu yang ditentukan akan membuat Anda untuk makan dengan benar.

Mengurangi rasa lapar

Berpuasa membantu meregulasikan hormon-hormon dalam tubuh sehingga Anda mengerti apa itu rasa lapar yang sesungguhnya. Berpuasa itu seperti tombol reset – semakin lama Anda berpuasa, semakin besar tubuh Anda dapat meregulasi dan membenarkan hormonnya. Hal ini juga akan membantu Anda merasa kenyang lebih cepat.