Manfaat Kesehatan dari Berpuasa

Berpuasa berarti tidak makan maupun minum. Mungkin terdengar agak menakutkan atau bahkan ekstrim bagi beberapa orang. Jangan takut, karena banyak orang berpuasa untuk alasan spiritual, mental, dan fisik. Para atlet berpuasa sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan baik secara mental maupun fisik karena dapat meningkatkan fungsi otak dan kejernihan pikiran. Berbagai kepercayaan juga berpuasa dalam ibadah mereka, seperti agama Hindu, Buddha, Islam, dan Kristen. Berikut ini berbagai manfaat kesehatan dari berpuasa:

Menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak perut

Menurut banyak studir, menurunkan berat badan ditunjukkan lebih mungkin dan efektif saat berpuasa. Puasa membuat tubuh membakar lemak ketika tidak ada gula dan makanan. Puasa dapat meningkatkan fungsi hormon untuk membantu menurunkan berat badan. Jumlah norepinefrin yang lebih banyak, lebih sedikit insulin, dan level hormon yang meningkat; semuanya berkontribusi pada pemecahan lemak tubuh. Banyak atlet berpuasa untuk menghilangkan persentase lemak tubuh secara efisien.

Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Berpuasa telah ditunjukkan memiliki efek positif pada perlawanan insulin, sehingga membuat Anda dapat menoleransi karbohidrat lebih baik dari normal. Puasa telah menunjukkan manfaat penting pada sensitivitas insulin dan dapat menurunkan level gula darah.

Mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh

Stres oksidatif meningkatkan penuaan dan banyak penyakit kronis. Berbagai studi menunjukkan bahwa berpuasa kemungkinan dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap stres oksidatif.

Meningkatkan level lemak dalam darah

Pada tahun 1997, Annals of Nutrition Metabolism mendemonstrasikan bahwa berpuasa menurunkan kolesterol jahat, LDL, sampai 8 persen, trigliserida hingga 30%, dan meningkatkan kolesterol baik, HDL, sampai 14%. Puasa dapat menjadi solusi sempurna untuk memrogram ulang tubuh untuk nantinya makan lebih sehat.

Membantu memperbaiki pola makan

Dengan banyaknya makanan sekarang ini, banyak orang telah mengembangkan berbagai kelainan makan seperti makan terlalu banyak. Berpuasa sepanjang hari dan makan pada waktu yang ditentukan akan membuat Anda untuk makan dengan benar.

Mengurangi rasa lapar

Berpuasa membantu meregulasikan hormon-hormon dalam tubuh sehingga Anda mengerti apa itu rasa lapar yang sesungguhnya. Berpuasa itu seperti tombol reset – semakin lama Anda berpuasa, semakin besar tubuh Anda dapat meregulasi dan membenarkan hormonnya. Hal ini juga akan membantu Anda merasa kenyang lebih cepat.

========================

Apa Manfaat Puasa dan Bagaimana Langkah Memulai Puasa?

Secara umum, puasa disini adalah perubahan dari pola makan.  Jadi, puasa ini sebenarnya sudah dilakukan dari ribuan tahun yang lalu, dari berbagai negara dan teritori. Dengan tujuan yang berbeda-beda, tentunya.  Ada orang yang berpuasa karena ingin menjalankan program diet. Ingin menurunkan berat badan, atau justru ingin menaikkan berat badan.  Ataupun karena alasan agama atau spiritual. Jadi, puasa bukan hanya milik salah satu negara atau milik salah satu kelompok. Jadi puasa yang ingin saya bahas disini bersifat universal.

Mari kita melihat puasa sebagai perubahan pola makan. Jadi kalau biasanya dalam sehari anda makan 3 kali, makan pagi, siang, dan malam hari. Kemudian di antara makanan berat tersebut, misalkan jam  pagi anda makan, jam 1 siang anda makan, kemudian jam 6 sore atau jam 7 malam anda makan,mungkin di antara jam tersebut anda ‘ngemil’ sesuatu. Entah itu potato chips atau cokelat, mie instan dan sebagainya. Ketika anda berpuasa, tentu saja anda tidak bisa melakukan hal-hal tersebut seenaknya. Tentunya ada jam-jam tertentu anda tidak boleh makan. .  Dan mungkin pada beberapa orang melakukan puasa tidak makan dan tidak minum.  Disini terjadi pergeseran pola makan. Dan puasa sendiri memiliki banyak peranan penting atau memiliki benefit/manfaat. Jadi yang pertama adalah puasa dapat memperbaiki keluhan penyakit pencernaan.

Jangan mentang-mentang anda sakit maag, lalu anda langsung berpuasa tanpa menonton video tersebut. Kemudian, puasa juga dapat memberikan manfaat seperti dapat mengontrol berat badan,atau anda yang ingin menurunkan berat badan, kemudian dapat mencegah kanker dan berbagai penyakit pencernaan lainnya. Dan sampai sekarang, di negara-negara maju puasa ini masih terus diteliti apa manfaatnya lebih lanjut. Kalau sobat sehat semua, bagaimana? Apa tujuan anda berpuasa dan bagaimana cara anda menjalaninya? Mungkin ada tujuan agama atau spiritual, atau diet dan sebagainya. Tetapi kadang mereka lupa memperhatikan apa yang harus mereka makan saat jam makan. Ketika mereka tidak memikirkan apa yang harus mereka makan, biasanya mereka hanya makan sekadarnya.

Ada gorengan dimakan, ada potato chips dimakan, ada makanan-makanan junkfood dimakan. Dan akhirnya, mereka tidak mendapatkan manfaat penuh dari puasa. Yang sebenarnya jika melakukan puasa anda bisa mendapatkan berbagai benefit yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Namun berbeda halnya dengan anda berpuasa, tetapi tetap memikirkan makanan apa yang harus anda makan nantinya. Misalkan anda saat jam makan, anda lebih banyak mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, kemudian makanan berprotein dan lemak yang baik. Tentu saja dengan melakukan ini, puasa anda akan lebih banyak mendapatkan manfaat.

Jenis puasa disini banyak dari seluruh dunia. Dan saya akan memberikan contoh. Yang pertama adalah Intermittent Fasting. Puasa jenis ini dikenal dengan cycling fasting, atau berpuasa dengan periode siklus tertentu. Ada yang memulai puasa dengan 14 hingga 18 jam. Dan anda juga yang berpuasa hingga 34, bahkan 36 jam. Tentu saja bagi anda yang pemula, jangan langsung mulai berpuasa hingga 36 jam. Tentu saja tubuh anda akan kaget.

Jadi bagi anda yang ingin memulai puasa, cobalah anda berkonsultasi dahulu dengan dokter anda. Cek kesehatan anda. ‘apakah saya boleh melakukan puasa dalam jangka waktu yang panjang?’. Dan saran saya biasanya untuk pemula, awalnya mereka boleh memulai puasa 12 hingga 14 jam. Kemudian jika dalam jangka waktu lama kondisi tubuh anda bagus, dan anda mendapatkan manfaatnya. Jika anda ingin menaikkan durasi hingga 18 jam, itu terserah anda.  Dan sekali lagi, puasa itu banyak jenisnya. Konsultasikan dulu kepada ahlinya, yaitu tentu saja mereka yang sudah melakukan puasa sebelumnya. Mintalah bimbingan pada mereka, tanyakan apa yang harus saya makan, tanyakan apa yang tidak boleh saya lakukan selama berpuasa. Karena puasa bukan hanya sekedar menahan nafsu makan. Tetapi juga mengontrol pikiran anda, dan juga memperhatikan gizi yang masuk. Karena kalau tidak, anda akan mengalami kekurangan gizi. Kemudian jenis puasa yang lainnya adalah warrior diet.

Dari informasi yang saya dapatkan, puasa jenis ini adalah mereka yang mengkonsumsi sayur dan buah mentah di pagi dan siang hari. Kemudian di sore hari mereka memakan makanan yang tinggi protein dan karbohidrat rendah.  Ingat, sore hari, bukan malam hari. Ini adalah dari informasi yang saya dapatkan.  Dan begitu banyak juga jenis-jenis puasa yang lainnya.  Tetapi tidak akan saya bahas pada video kali ini.

Dan selanjutnya adalah saya akan membahas 4 tips bagi anda yang ingin memulai berpuasa. Tips yang pertama adalah tentukan dulu jenis puasa apa yang ingin anda jalankan. Dan bagi anda yang pemula, saran saya adalah mulailah dari puasa jangka pendek.  Mungkin sekitar 12 jam sudah oke. Anda jangan langsung berpuasa selama 3 hari, misalnya.  Kemudian, tanyakanlah kepada para ahlinya. Lalu tips yang kedua adalah tuliskan apa tujuan anda berpuasa. Misalkan anda ingin berpuasa karena alasan diet, atau alasan ingin membentuk tubuh, atau alasan spiritual,tempelkan pada tempat-tempat yang sering anda lihat saat anda berpuasa. Misalnya di dekat tempat tidur anda, kemudian di depan kulkas, karena biasanya anda mencari makanan di kulkas. Kemudian di dompet anda. Mungkin anda ingin beli camilan, lalu ketika melihat dompet, “Oh, saya lagi berpuasa!!”.  Tutup lagi dompetnya. Jadi, itu adalah tips yang kedua.

Kemudian tips yang ketiga adalah tentukan berapa lama anda ingin berpuasa. Tetapi untuk mereka yang berpuasa karena spiritual, biasanya sudah ada aturannya. Tetapi bagi anda yang ingin berpuasa dengan alasan lain, tentukan berapa lama anda ingin berpuasa. Dan setelah selesai berpuasa, saya ingin buka puasa atau pada saat jam makan, tentukan ‘saya ingin makan apa’. Jadi bagi anda yang pemula, sebaiknya dicatat agar anda tidak kebingungan saat berbuka. “Saya mau makan apa ya habis ini. . ?”

Kemudian yang keempat,yaitu dengarkan tubuh anda.  Jadi, ini adalah tips yang terakhir. Sebaiknya anda juga mendengarkan tubuh anda.  Jangan terlalu memaksakan diri. “Saya ingin berpuasa selama 18 jam!!”. Tetapi jika setelah melewati 12 jam perut anda terasa sakit, tubuh anda mengeluarkan keringat dingin,sebaiknya dengarkan tubuh anda. Mungkin anda harus segera mengisi tubuh anda dengan makanan. Mungkin juga karena anda saat itu sedang hipoglikemia atau kadar gula dalam darah anda menurun. Akhirnya anda pusing, keluar keringat dingin, sakit kepala, dan sebagainya.

Jadi bagi anda yang mengalami hal tersebut, jangan paksakan diri anda. Jadi, dengarkan tubuh anda.  Apalagi bagi anda yang masih pemula. Oke, bagi anda yang menyukai video ini silahkan klik like di bawah ini, comment dan share kepada teman-teman anda. Dan disini saya juga membagikan 2 video lagi untuk anda semua. Semoga bagi anda yang melakukan puasa, puasa anda dapat berjalan lancar dan dapat mencapai apa yang anda inginkan.

===============================================================