Manfaat Kesehatan dari Anggur

Buah anggur penuh dengan nutrisi dan memberikan banyak manfaat kesehatan yang sama dengan minuman anggur tanpa alkoholnya.

Fitonutrien, zat kimia tumbuhan yang mengandung komponen pelindung dan pencegah penyakit, merupakan komponen bioaktif yang bukan merupakan nutrisi tradisional, tapi telah dibuktikan memiliki manfaat kesehatan pada manusia – anggur penuh dengan zat ini, khususnya pada bagian kulit.

Resveratrol adalah antioksidan polifenol yang dibuat tumbuhan anggur sebagai bahan anti jamur dan untuk pertahanan. Banyak studi penelitian telah mendemonstrasikan manfaat kesehatan resveratrol. Zat ini menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan mencegah oksidasi lipid dan mengatur tingkat lipid dan lipoprotein dalam tubuh. Resveratrol juga antioksidan kuat, yang tidak hanya mengurangi oksidasi, tapi juga membantu memperkuat bahan-bahan antioksidan lain dalam tubuh.

Polifenol yang ditemukan dalam anggur, telah ditunjukkan dapat megurangi risiko penyakit jantung dengan cara mencegah penyumbatan darah, melindungi LDL atau kolesterol jahat dari kerusakan radikal bebas, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Anggur juga merupakan sumber bagus dari mangan dan mengandung banyak vitamin B6, tiamin, potassium, dan vitamin C.

Tips Buah Anggur

Anggur harus disimpan dalam kulkas dan dicuci sebelum dimakan. Untuk menjaganya tetap segar lebih lama, anggur dapat dibekukan dengan cara menatanya dalam satu lapisan di lembaran kertas roti dan letakkan dalam freezer. Setelah beku, anggur dapat disimpan dalam kantong plastik. Anggur beku adalah cemilan yang enak, khususnya saat cuaca sedang panas.

Selain itu, anggur dapat dinikmati sendirinya sebagai cemilan atau digunakan dalam berbagai resep. Berikut ini beberapa cara untuk mengolah anggur:

  • Sajikan anggur rebus dengan daging
  • Tambahkan anggur ke dalam masakan nasi untuk menambah rasa manis
  • Masukkan ke dalam salad sayur atau salad buah
  • Letakkan potongan anggur pada roti lapis favorit Anda
  • Sajikan anggur dengan keju dan roti kering

Jus anggur adalah cara hebat untuk memanfaatkan anggur tanpa kandungan alkohol dalam minuman anggur. Studi telah menunjukkan bahwa jus dari anggur concord memiliki kandungan antioksidan tertinggi dibandingkan dengan jus buah lainnya.