Manfaat Diet Mediterania

Pilihan yang Bagus untuk Jantung

Apakah Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan kualitas diet Anda? Dari berbagai pilihan diet yang tersedia, bagaimana sih cara menemukan yang sesuai buat Anda? Apabila Anda tidak ingin bervegetarian karena masih suka daging, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mencoba diet Mediterania.

Apa itu diet Mediterania? Diet Mediterania menekankan praktek diet konvensional yang dilakukan oleh beberapa negara yang membatasi Laut Mediterania. Jenis-jenis makanan yang dikonsumsi di negara-negara ini sangat beragam, yang sebagian besarnya dipengaruhi oleh budaya, etnis, agama, dan status sosial serta ekonomi.

Diet Mediterania pertama kali dipublikasikan pada tahun 1945 oleh Ancel Keys, seorang dokter Amerika yang ditempatkan di Salerno, Italia. Akan tetapi, diet ini tidak terlalu mendapat banyak perhatian hingga pada tahun 90-an, ketika diet yang mempromosikan kebiasaan makan lebih sehat dan pengurangan berat badan menjadi lebih populer. Diet Mediterania diperkaya oleh hidangan penuh rasa yang tidak hanya memuaskan indra pengecap, tetapi juga sangat bagus bagi Anda.

Komponen kunci diet Mediterania

  • Banyak buah-buahan dan sayur-sayuran
  • Roti dan sereal
  • Kacang-kacangan serta biji-bijian
  • Penggunaan lemak sehat seperti minyak zaitun
  • Anggur merah dalam jumlah sedang
  • Konsumsi ikan secara rutin
  • Konsumsi minimal makanan yang diproses

Diet Mediterania bagus untuk jantung

Makanan yang dicantumkan di atas membuat diet Mediterania menjadi pilihan yang bagus untuk jantung. Diet ini dipenuhi dengan makanan yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler serta juga menyediakan sumber resveratrol (dari anggur merah), zat antioksidan, dan zat anti inflamasi. Sumber lemak utama dalam diet Mediterania adalah minyak zaitun, ikan, dan kacang-kacangan, yang semuanya penuh asam lemak omega 3. Meskipun begitu, Anda sebaiknya tetap mengonsumsi “lemak baik” ini dalam jumlah sedang.

Populasi Mediterania memiliki tingkat penderita penyakit jantung yang lebih rendah daripada AS. Angka kematian mereka juga lebih rendah. Bagaimana ini hal bisa terjadi? Berbagai penelitian sedang diadakan untuk menentukan bagaimana gaya hidup dan faktor-faktor diet kemungkinan dapat memengaruhi statistik kesehatan dan tingkat kematian di negara-negara ini.

Bisakah diet Mediterania mencegah alergi dan asma?

Para peneliti di Eropa dan Inggris melakukan sebuah studi pada hampir 700 orang anak, berusia 8 – 18 tahun, yang tinggal di Pulau Kreta. Mereka menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi banyak buah dan sayur dapat terlindungi dari alergi dan asma. Mereka juga menyadari bahwa 80% dari anak-anak ini makan buah-buahan segar setiap hari, sementara sepertiganya makan sayur-sayuran minimal dua kali sehari. Studi ini diadakan karena peneliti ingin menginvestigasi mengapa sebagian anak di Eropa terkena asma sementara yang tinggal di negara-negara tertentu seperti Kreta tidak.

Orang-orang yang mengikuti diet Mediterania hidup lebih lama

Akhir-akhir ini, sebuah studi dilakukan pada 400.000 pensiunan di Amerika. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa semakin dekat seseorang mematuhi diet Mediterania, semakin kecil kemungkinan mereka akan meninggal dalam periode lima tahun ke depannya. Studi ini diterbitkan di Archives of Internal Medicine.

Diet Mediterania lebih rendah lemak jenuh

Paling sedikit setengah dari kalori yang dikonsumsi dalam diet Mediterania berasal dari lemak tidak jenuh. Lemak tidak jenuh tidak menaikkan kolesterol darah seperti halnya lemak jenuh. Lemak tidak jenuh juga telah dikaitkan dengan menurunnya berat badan dan metabolisme tubuh yang lebih efisien. Dan ini juga kemungkinan sebagian alasan mengapa penduduk Mediterania dapat mengonsumsi lemak yang lebih banyak tanpa kenaikan berat badan yang berarti dan peningkatan lemak perut.

Jika Anda sedang mencari diet sehat yang kaya rasa dan bagus untuk Anda, mengapa tidak mencoba diet Mediterania? Dengan pilihan banyak yang dapat diberikan diet ini, bisa jadi diet ini menjadi diet favorit Anda.

Yuk konsumsi Pure Collagen Asli dari bahan-bahan alami hanya di Causn.org