Manfaat dari Blueberry

Blueberry adalah tambahan enak dan berwarna pada makanan apapun, mulai dari semangkuk sereal pada pagi hari sampai satu scoop es krim pada malam hari.

Blueberry mengandung antioksidan yang disebut antosianin, yang memberikan warna biru/ungu pada buah beri ini. Antosianin itu lebih dari sekadar zat warna – zat ini merupakan antioksidan kuat yang telah ditunjukkan dapat menghalangi radikal bebas dari merusak sel tubuh. Kemampuan ini menunjukkan bahwa antosianin bisa saja memainkan peran dalam mencegah kanker.

Studi menduga bahwa manfaat antioksidan dari antosianin kemungkinan dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular (termasuk stroke) dan juga kelainan yang memengaruhi otak karena penuaan, seperti penyakit Alzheimer. Antosianin dalam blueberry juga mungkin dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.

Sejarah Blueberry

Blueberry termasuk dalam genus Vaccinium. Buah beri lain yang termasuk dalam genus ini yaitu cranberry, lingonberry, dan huckleberry. Blueberry adalah salah satu buah yang asli dari daerah Amerika Utara.

Orang asli Amerika telah mengumpulkan buah blueberry selama berabad-abad, dan begitu memuja buah ini sampai-sampai menggunakannya sebagai obat. Pada tahun 1620, para orang asli Amerika mengajari pendatang di permukiman Plymouth cara mengumpulkan blueberry, mengeringkannya, dan menyimpannya untuk musim dingin.

Di Mana Blueberry Ditanam?

Amerika Utara memproduksi hampir 90% dari hasil panen blueberry di seluruh dunia. Panen blueberry di Amerika Utara berlangsung dari pertengahan April hingga awal Oktober. Michigan menghasilkan buah blueberry yang paling banyak di Amerika Serikat, diikuti oleh Oregon, New Jersey, Carolina Utara, dan Georgia.

Tips untuk Menikmati Blueberry

  • Tabur ke atas pancake atau ke dalam adonan pancake.
  • Campurkan blueberry ke dalam sereal pagi Anda.
  • Blender blueberry, susu, dan yogurt untuk membuat smoothie yang enak.
  • Tambahkan blueberry kering ke campuran masakan.
  • Ganti kismis jadi blueberry kering dalam resep favorit Anda.
  • Campurkan jus blueberry ke dalam jus lemon atau teh dingin.

Tips

Jangan cuci blueberry sampai tepat sebelum akan dimakan atau digunakan dalam resep untuk mencegah buah beri jadi lembek.

Blueberry yang tidak dicuci akan tetap segar sampai dua minggu dalam kulkas jika dijaga tetap kering.