Manfaat dari Berjalan

Anda tidak perlu angkat beban di gym atau berlari marathon agar sehat. Apakah Anda tahu bahwa berjalan tidak hanya membantu Anda menurunkan berat badan, tapi juga mencegah diabetes dan kanker payudara?Yang perlu Anda lakukan hanyalah memulai dengan berjalan biasa, dan Anda pun akan segera merasa lebih energetik, lebih aktif, lebih waspada, dan lebih bahagia. Inilah beberapa manfaat lain dari berjalan:

Kesehatan mental

Berjalan meningkatkan kondisi mental. Dikenal sebagai penghilang stres, jika Anda berjalan di luar ruangan, kombinasi udara segar dan olahraga adalah cara bagus untuk meningkatkan perasaan dan mood Anda.

Kesehatan tulang

Berjalan sekitar 30 menit sehari akan meningkatkan kepadatan tulang dan memperlambat hilangnya tulang pada kaki. Olahraga ringan ini menargetkan kaki, tulang belakang, dan pinggang Anda.

Kesehatan otak

Berjalan secara rutin mengurangi atropi otak dan menurunnya kondisi mental, yang berakibat pada pengurangan 50% dari risiko terkena penyakit Alzheimer, yaitu suatu bentuk dementia di mana kemampuan berpikir, memori dan perilaku semakin memburuk seiring waktu berjalan. Berolahraga seiring Anda menua juga telah dibuktikan dapat mengurangi penyusutan otak.

Menurunkan tekanan darah

Studi telah membuktikan adanya penurunan tekanan darah pada mereka yang melakukan olahraga berjalan selama waktu 30 menit yang disarankan per hari, lima kali dalam seminggu.

Menurunkan berat badan

Berjalan 1,6 km akan membakar sedikitnya 100 kcal energi. Berjalan 3,2 km sehari, tiga kali seminggu, akan membantu menurunkan berat badan hingga kira-kira 0,5 kg setiap tiga minggu. Manfaat lain dari berjalan adalah berjalan akan mengatur metabolisme lemak dalam tubuh sehingga berat badan Anda akan turun.

Membantu wanita hamil

Hanya satu di antara empat wanita hamil mendapatkan olahraga selama 150 menit seminggu yang disarankan. Program berjalan yang baik dapat memudahkan efek-efek kehamilan seperti sakit punggung, sembelit, dan masalah tidur. Bayinya juga mendapat manfaat: ibu yang berolahraga melahirkan bayi dengan berat badan yang lebih sehat, sehingga menurunkan risiko mereka mendapatkan masalah berat badan nantinya.

Membantu melawan kanker

Sebuah studi di Universitas Harvard menunjukkan bahwa wanita yang berjalan selama 1 sampai 3 jam per minggu memiliki risiko kematian dari kanker payudara dan saluran kencing yang lebih rendah hingga 19%. Ketika mereka berjalan selama 3 sampai 5 jam seminggu, risiko mereka terkait kanker yang sama akan berkurang hingga 54%. Pria yang berjalan cepat selama setidaknya 3 jam seminggu setelah didiagnosa dengan kanker prostat akan 57% lebih tidak mungkin untuk penyakitnya berkembang.