Lemak dan Minyak

Makanan dan minuman mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Beberapa makanan dan minuman mengandung nutrisi dalam jumlah besar seperti minuman ringan, yang mengandung banyak sekali gula, atau gorengan, yang mengandung banyak sekali lemak. Istilah ‘lemak’ dan ‘minyak’ seringkali digunakan untuk merujuk pada hal yang sama.

Lemak diet (lemak dalam makanan dan minuman) penting untuk banyak proses tubuh. Contohnya, lemak membantu memindahkan beberapa vitamin dalam tubuh dan juga membantu menghasilkan hormon. Terdapat kelompok lemak diet yang berbeda dan setiap kelompok memiliki efek yang berbeda pada tingkat kolesterol Anda. Karena alasan inilah disarankan untuk mengganti makanan dan minuman yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans dengan alternatif yang mengandung lebih banyak lemak tidak jenuh rangkap atau tunggal.

Setiap gram lemak mengandung dua kali kilojoule (energi) dari karbohidrat atau protein. Karena itu, jika Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki terlalu banyak lemak diet, berat badan Anda bisa bertambah.

Makanan dengan sejumlah kecil lemak dapat meningkatkan rasanya dan juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Sepanjang hari Anda harus mengonsumsi variasi makanan sehat sehari-hari yang luas. Dengan melakukan ini, Anda mendapatkan jumlah lemak diet yang sedikit, khususnya lemak tak jenuh rangkap dan tunggal untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Rekomendasi tentang lemak dalam pola makan Anda

Australian Dietary Guideline menyarankan Anda untuk:

  • Membatasi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh seperti biskuit, kue, pastri, pai, daging yang diproses, burger komersial, pizza, gorengan, keripik, dan cemilan gurih lainnya.
  • Menggantikan makanan kaya lemak yang kebanyakan mengandung lemak jebuh seperti mentega, krim, margarin, minyak kelapa dan kelapa sawit, dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh rangkap dan tunggal seperti minyak, olesan, selai kacang dan pasta, serta alpukat.
  • Tidak menerapkan pola makan rendah lemak pada anak-anak berusia di bawah 2 tahun.

Hal yang harus diingat

  • Lemak diet mengandung lebih banyak kilojoule (tenaga) per gram daripada karbohidrat.
  • Produk hewani dan beberapa makanan yang diproses, khususnya makanan siap saji yang digoreng, biasanya mengandung banyak lemak jenuh, yang dihubungkan dengan tingkat kolesterol dalam darah yang meningkat.
  • Menggantikan makanan kaya lemak jenuh dengan alternatid yang mengandung lebih banyak lemak tak jenuh rangkap dan tunggal akan cenderung menurunkan level kolesterol.
  • Sangat penting untuk memilih variasi produk susu dan daging yang memiliki jumlah lemak jenuh lebih sedikit.