Kurangi Peradangan dengan Makanan

Apakah sendi Anda kaku dan meradang? Jawabannya mungkin terletak pada pola makan Anda. Peradangan internal dapat terjadi karena berbagai alasan: suhu tinggi saat memasak makanan, memakan makanan yang diproses, gula, lemak trans, dan lain lain. Tingkat peradangan yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Cara mudah untuk mengatasi hal ini yaitu dengan memakan lebih banyak makanan anti peradangan. Inilah beberapa makanan yang dapat mengurangi peradangan.

Minyak zaitun

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet Mediterania tradisional (yang kaya minyak zaitun) kelihatannya memiliki lebih sedikit masalah kesehatan yang berkaitan dengan peradangan, seperti penyakit sendi degeneratif dan bahkan diabetes. Minyak zaitun extra virgin mengandung komponen yang hampir sama dengan ibuprofen, sehingga membuatnya minyak yang bagus untuk memasak dan digunakan dalam saus salad.

Buah beri

Buah-buahan kecil ini mengandung banyak sekali antioksidan yang kuat seperti asam ellagic dan proantosianidin, yang melawan kerusakan sel serta peradangan. Karena kandungan tiap-tiap buah beri berbeda-beda, masukkan jenis-jenis yang berbeda dalam pola makan Anda.

Nenas

Nenas kaya vitamin C dan enzim bromelain, yang telah dikaitkan dengan rasa sakit dan pembengkakan yang berkurang pada baik osteoartritis maupun artritis rheumatoid.

Bawang

Bawang putih dan bawang bombay dapat membantu mengurangi peradangan, meregulasi glukosa dan membantu tubuh melawan infeksi.

Sayuran berwarna jingga

Wortel, ubi jalar, kentang, dan labu kaya akan vitamin A dan betakaroten, keduanya dapat melawan peradangan. Memasak kelihatannya meningkatkan jumlah komponen ini, jadi makanlah yang banyak.

Kunyit

Rempah Asia yang kuat ini mengandung zat anti peradangan, yang sering ditemukan dalam bumbu kari. Dikatakan kunyit memiliki efek yang sama dengan obat pereda sakit (tapi tanpa efek sampingnya).

Kelp

Kaya akan serat, ekstrak alga coklat ini membantu mengatur kanker hati dan paru-paru, meredakan peradangan, dan merupakan makanan anti tumor dan anti oksidasi. Kombu, wakame, dan arame merupakan sumber bagus dari kelp.

Jahe

Jahe mengandung komponen yang berfungsi dalam cara sama dengan obat anti peradangan seperti aspirin dan ibuprofen. Jahe dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam tumisan, teh, atau dimakan dengan sushi dalam bentuk acar.