Jahe Penyembuh Alami

Saya sangat tidak suka sakit. Saat saya masih kecil, Ibu sering meminumkan obat yang mengandung jahe ini kepada saya dan abang saya saat kami sakit perut dan mual-mual. Saking suka rasanya, kami terkadang pura-pura sakit supaya kami bisa minum minuman ini.

Saya tidak tahu waktu itu, tapi alasan kenapa obatnya bekerja adalah karena jahenya yang banyak. Jahe digunakan dalam berbagai produk untuk mengobati mual-mual dan masalah pencernaan. Sementara saya bertambah tua, saya pun jadi makin penasaran dengan kekuatan penyembuhan jahe.

Sejarah jahe

Jahe telah digunakan selama ratusan tahun sebagai herba obat dan kuliner. Tanaman ini merupakan herba yang dikenal luas oleh para penduduk Roma dan Yunani. Pada abad ke-11, jahe telah menjadi barang dagangan yang umum.

Apa manfaat jahe?

Untuk meredakan masuk angin, mengurangi sakit tenggorokan, meredakan kram saat menstruasi, meredakan mual-mual saat hamil, dan menghindarkan tubuh dari flu. Selain itu, orang India juga menggunakannya untuk mengobati penyakit pencernaan dan orang Cina menggunakannya untuk mengobati mabuk laut.

Khasiat jahe

Jahe memiliki bau yang tajam dan dapat menghangatkan tubuh Anda. Apa sih yang membuat jahe sangat efektif? Jawabannya, itu karena jahe mengandung 1-4 minyak volatil, yang diperkirakan merupakan penyebab khasiat obatnya. Berbagai studi telah diadakan pada akar jahe dan dalam beberapa studi tersebut, mereka menemukan keefektifan yang sama antara jahe dan obat-obatan tertentu.

Anda bisa mengonsumsi jahe dalam berbagai bentuk, baik dengan cara dimasukkan dalam teh, obat-obatan herbal, permen, dan sebagainya.

Berikut ini resep teh jahe yang bisa Anda buat untuk mencegah flu. Selain itu, Anda juga bisa masukkan ke kulkas untuk diminum saat cuaca sedang panas untuk menghilangkan dahaga.

Resep teh jahe

Bahan:

  • 4 cangkir air
  • 5 cm akar jahe segar piece of fresh ginger root
  • Madu, agave, atau stevia dan potongan lemon, jika Anda suka

Cara membuat:

Cukup campurkan air dengan jahe, lalu biarkan agar jahe meresap selama beberapa jam. Tambahkan pemanis jika Anda tidak suka minum minuman tawar.