Coklat Hitam, Apa Manfaatnya?

Coklat memang sangat enak. Ingat rasa manisnya, lelehan coklat yang lembut itu, serta campuran gula dan susu yang meleleh dalam mulut Anda? Apakah Anda sering merasa bersalah makan coklat karena mengira coklat itu tidak sehat? Kalau begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena coklat hitam ada di sini untuk membantu Anda! Makanan kaya ini merupakan pengganti hebat dari coklat susu – yaitu coklat tinggi gula yang banyak dikonsumsi orang. Sebaliknya, coklat hitam lebih kaya nutrisi dan dapat memberikan efek positif pada kesehatan Anda. Coklat merupakan salah satu sumber terbaik dari antioksidan di seluruh dunia, yang dibuat mengandung jumlah kokoa lebih tinggi daripada coklat jenis lainnya. Coklat hitam 70% atau lebih bahkan dapat membantu Anda melawan penyakit jantung, beberapa kanker, dan diabetes. Untuk lebih lanjutnya, silahkan baca daftar tentang manfaat coklat berikut ini.

  • Kaya nutrisi – Coklat dengan kandungan kokoa yang lebih tinggi penuh dengan nutrisi, seperti serat mudah larut dan juga magnesium, besi, tembaga, mangan, dan potassium. Coklat hitam juga mengandung sedikit lemak tak jenuh tunggal dan rangkap – lemak baik – yang telah ditunjukkan dapat mengurangi tingkat kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Mengurangi tekanan darah – Antioksidan dalam coklat yang membantu meningkatkan peredaran darah juga mengurangi hambatan, sehingga melegakan tekanan darah dalam jumlah kecil secara konstan dalam arteri. Meskipun cuma mengurangi sedikit tekanan, hal ini sangat bermanfaat bagi jantung. Tekanan darah yang tinggi selalu dikaitkan dengan penyakit jantung. Jadi menurunkannya sedikit demi sedikit dapat membantu mengurangi risiko.
  • Mengurangi berat badan – Para peneliti dari Universitas Copenhagen menemukan bahwa coklat hitam lebih mengenyangkan, serta memberikan lebih banyak rasa puas daripada jenis yang lebih terang warnanya. Artinya, coklat hitam mengurangi keinginan makan makanan manis, asin, dan berlemak. Jadi, makan sedikit coklat hitam yang sehat tidak hanya mempermudah Anda tetap makan dalam porsi kecil yang disarankan agar lebih sehat, tapi juga dapat membuat Anda tetap setia pada diet.
  • Membantu fungsi otak – Kokoa juga kemungkinan dapat sedikit meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua dengan penyakit mental. Makanan ini juga meningkatkan kelancaran bicara dan beberapa faktor risiko untuk penyakit. Coklat juga mengandung substansi stimulan seperti kafein dan theobromin, yang kemungkinan merupakan alasan kunci kenapa coklat dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.
  • Melindungi terhadap sinar matahari – Flavonol dapat melindungi terhadap kerusakan karena sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan meningkatkan kepadatan serta kelembaban kulit. Jika Anda sedang berada di bawah sinar matahari, coklat hitam dapat mengurangi kemungkinan kulit Anda terbakar atau cukup membantu agar kulit tidak terbakar terlalu parah. Dan jika kulit Anda memang terbakar, coklat akan membantu Anda sembuh lebih cepat.