Cara Merawat Kulit Saat Haid

Mungkin banyak yang mengalami masalah kesehatan kulit saat haid. Di mana sering muncul jerawat, kusam dan masih banyak lagi. Tentu hal tersebut akan menjadi sangat menyebalkan. Hal tersebut normal adanya, karena saat haid, tubuh akan mengalami perubahan hormon. Hal ini yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Maka tidak heran kulit menjadi kusam dan berjerawat. Untuk perawatan tubuh wanita saat haid ternyata lebih intensif.

Berikut ini beberapa tips.

Lakukan eksfoliasi kulit wajah

Pori – pori yang menyumbat akan menyebabkan jerawat menjadi sangat parah saat haid. Maka dari itu, kecantikan kulit bisa dijaga dengan melakukan mengangkat sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan scrub yang ada dipasaran, atau menggunakan scrub dari bahan alami seperti jeruk lemon, gula, dan oatmeal.

Pijat kulit Anda

Rupanya memijat kulit sangat bagus untuk kesehatan wajah. Di mana sirkulasi darah akan semakin lancar. Cukup pijat dengan menggunakan minyak zaitun. Nutrisi di dalam minyak zaitun juga akan membantu membuat kulit tidak kering dan kusan saat haid.

Jaga kulit tetap lembab

Saat haid memang kulit akan tampak lebih kusam karena kelembapan kulit berkurang. Maka dari itu, perawatan tubuh wanita yang tepat saat haid adalah dengan menjaga kelembapan kulit. Cara yang dilakukan cukup mudah yakni dengan mengonsumsi cukup air putih. Selain itu, jangan lupa gunakan toner untuk kecantikan kulit Anda dan menjaga kelembapannya.

Gunakan krim malam

Ketika tidur, sel – sel pada kulit akan melakukan peremajaan diri. Maka dari itu, sebelum pergi tidur menggunakan krim malam adalah hal penting yang dilakukan. Di samping itu, mengunakan air mawar sebelum tidur akan membantu kesehatan kulit. Di mana saat haid, kulit akan nampak bersinar.

Gunakan masker wajah

Masker wajah sangat berguna untuk kecantikan kulit wajah Anda. Terlebih lagi membuat kulit wajah menjadi lebih halus. Bahkan saat ini sudah banyak masker wajah yang dijual di pasaran. Namun begitu, Anda juga bisa menggunakan bahan alami sebagai masker, seperti lidah buaya, mentimun, lemon atau tomat. Di mana ketiga bahan alami tersebut memiliki nutrisi yang baik untuk membuat wajah menjadi lebih bersih dan nampak bercahaya.

Jangan gunakan make up tebal

Perlu diketahui bahwa saat sedang haid kulit menjadi lebih sensitif. Maka dari itu, hindari penggunaan make up yang tebal dan berlebihan. Hal tersebut karena akan membuat kesehatan kulit wajah menjadi terganggu dan bisa menyebabkan iritasi dan jerawat. Menggunakan make up tipis – tipis dan tidak berlebihan adalah hal yang sangat dianjurkan selama haid.

Perawatan tubuh wanita saat haid sangat penting dilakukan dan mendapatkan perhatian yang khsusu. Namun jangan lupa untuk mengimbangi mengonsumsi makanan dengan nutrisi tinggi dan air putih yang banyak agar jerawat tidak muncul.