Apakah Asam Lambung Berbahaya?

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr.  Sung. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sebuah topik.  Yaitu : “Apakah Asam Lambung Berbahaya?”.   “Dok, apakah asam lambung itu berbahaya?”. “Dok, apa bedanya asam lambung dengan GERD?”“Dok, apa saja yang menyebabkan asam lambung naik?” dan sebagainya. Jadi pada video kali ini, saya akan fokuskan untuk membahas tentang asam lambung dan penyakit GERD.

Jadi kalau ditanya ‘apakah asam lambung itu berbahaya?’. Jawabannya TIDAK. Mengapa? Karena asam lambung diproduksi oleh tubuh kita untuk membantu proses mencerna makanan. Jadi, enzim di dalam tubuh kita seperti pepsin yang digunakan untuk mencerna protein itu dapat bekerja jika ada asam lambung atau suasananya asam. Lalu, fungsi lain dari asam lambung adalah untuk membunuh kuman atau yang kita sebut dengan mikroorganisme seperti bakteri, jamur, virus, parasit dan lain-lain. Jadi tanpa asam lambung, enzim kita tidak dapat bekerja dengan baik.  Pencernaan kita tidak dapat bekerja dengan baik. Asam lambung ini akan menjadi berbahaya jika yang pertama, produksinya berlebihan. Atau yang kedua, tidak pada tempatnya. Namanya asam lambung, tempatnya ya di lambung.

Saya bahas dulu mengapa produksinya bisa berlebihan. Jadi, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan asam lambung ini diproduksi berlebihan. Yang pertama adalah karena makanan. Biasanya anda suka makan apa? Bagi anda penderita GERD atau penderita asam lambung. Mungkin anda suka makan yang tinggi lemak, seperti gorengan, santan, kemudian makanan yang asin-asin.  Atau anda suka makanan yang pedas-pedas. Sudah digoreng, sambalnya pedas pula. Itu enak. Tetapi, setelah itu perutnya yang tidak enak.

Kemudian makanan-makanan lain yang mengandung kafein. Contohnya seperti kopi & soda. Hal itu juga dapat meningkatkan produksi dari asam lambung. Lalu, bagaimana dengan asam lambung yang tidak pada tempatnya? Pada penderita GERD, terjadi tekanan yang kuat di dalam lambung. Atau terjadi kelemahan pada klep di lambung mereka. GERD adalah Gastro Esophageal Reflux Disease.

Jadi, di perbatasan antara lambung dan kerongkongan tadi atau Esophagus itu terdapat klep. Klep ini lemah, sehingga asam lambung terdorong ke atas dari tekanan yang kuat di dalam lambung. Akhirnya, asam lambung ini akan naik ke atas dan menyebabkan dada terasa panas, kemudian nyeri. Ada yang sampai gemetar, kemudian katanya ada yang rasanya sampai mau mati. Jadi, itu adalah gejala-gejala ketika asam lambung anda naik atau disebut dengan GERD. Jadi, ada perbedaan antara asam lambung dengan GERD. Kalau asam lambung, ya cairan asam dari lambung itu tadi. Sedangkan GERD adalah jenis penyakitnya.

Lalu, apakah penyakit lambung hanya GERD dan asam lambung tadi? Sebenarnya, penyakit di lambung ada bermacam-macam. Seperti dispepsia, baik organik maupun jenis yang satunya lagi. Saya sudah pernah bahas di video saya sebelumnya. Jadi ketika lambung anda baik-baik saja, asam lambung ini sebenarnya dapat membantu pencernaan. Tetapi ketika lambung anda bermasalah, misalnya ada luka disana. Atau kita sebut dengan gastritis erosif atau tukak lambung.  Ini akan menjadi perih sekali.

Saran saya bagi anda yang sudah mengalami hal demikian, segera kunjungi dokter anda. Dan sekali lagi, mungkin buat anda yang berkata,“Saya sudah nyaman kok dengan mengkonsumsi obat asam lambung atau obat maag.  Jadi saya konsumsi dalam jangka panjang”. Wait, tunggu dulu. Jika anda mengkonsumsinya dalam jangka panjang tanpa pengawasan dokter, itu juga tidak baik untuk anda. Karena ada zat-zat gizi tertentu yang tidak dapat diserap ketika anda mengkonsumsi obat sakit maag. Dan selain itu, ketika asam lambung anda terus menerus dinetralkan dengan obat maag, maka enzim anda tidak dapat bekerja dengan baik. Lalu kuman, bakteri, dan virus yang masuk juga tidak dapat mati karena asam lambungnya netral. Saran saya adalah kunjungi dokter anda.

Kemudian ada pertanyaan lagi seperti ini : “Jika asam lambung saya sedang naik, produksinya sedang berlebihan dok, atau maag saya sedang kakut, maka apa yang harus saya lakukan di rumah?”. Misalkan ketika jam 12 malam, tiba-tiba kumat. Apa yang harus anda lakukan? Mungkin kalau ke dokter jauh. Anda baru bisa ke dokter keesokan harinya. Yang pertama yang harus anda lakukan adalah segera rilex, dan posisikan duduk anda 45 derajat. Jadi, bersandar seperti ini. Jangan berbaring. Karena nanti justru asam lambungnya akan naik.

Kemudian yang kedua yang perlu anda lakukan adalah kurangi stress anda. Tidak usah memikirkan yang aneh-aneh. Tidak usah mikir yang macam-macam. Lalu langkah berikutnya adalah siapkan air hangat dan minum air hangat. Jika ingin menambahkan gula, silahkan. Tetapi bukan kopi manis atau teh manis. Kalau air hangat manis boleh.

Lalu langkah selanjutnya adalah jika anda, biasanya mereka-mereka yang punya sakit maag atau sakit GERD, mereka menyediakan obat maag di rumah. Anda boleh ambil dan konsumsi untuk meredakan asam lambung anda tadi. Tetapi setelah itu, segeralah anda ke dokter untuk memeriksakan diri anda. Karena obat itu hanya bersifat untuk menetralkan asam lambung. Kalau sudah terjadi luka, tidak bisa disembuhkan. Jadi, anda harus makan makanan yang bergizi juga. Atur pola makan anda setelah itu. Jadi yang saya jelaskan disini adalah saat terjadi serangan.  Atau saat terjadi maag akut.

Lalu ada yang bertanya lagi : “Dok, saya sudah sakit lambung sejak lama. Dan saya sudah minum obat maag dalam jangka panjang. Apakah selain obat ada makanan lain? Atau apa yang harus saya makan, atau adakah suplemen untuk saya?”Jadi begini. Memang obat itu berperan penting saat anda punya sakit lambung. Apalagi anda punya luka di lambung anda.  Obat ini dapat menetralkan asam lambung anda yang tadinya tinggi. Kemudian, luka di dalam lambung anda misalnya gastritis erosif atau tukak lambung.

Anda tidak bisa hanya mengandalkan obat saja. Anda juga harus memperhatikan makanan anda. Terutama makanan yang mengandung karbohidrat.  Kemudian juga protein. Ingat, sel-sel tubuh kita bahan bakunya adalah protein.

Kemudian multivitamin. Contohnya seperti B kompleks, kemudian vitamin-vitamin yang lainnya juga untuk membantu pemulihan otot pada lambung anda. Untuk suplemen sendiri, anda bisa konsumsi seperti B kompleks, kemudian ada juga spirulina dan chlorella. Disini saya tidak akan menyebutkan mereknya. Salam hebat luar biasa. . !!