Apa yang harus dilakukan bila Anda demam?

Apa itu demam?

Demam, karena siapa saja yang terkena flu tahu, adalah suhu tubuh yang tinggi. Secara teknis, 98,6 derajat Fahrenheit dianggap normal; Demam didefinisikan sebagai suhu 100,4 Fahrenheit atau lebih tinggi.

Saat Anda melawan infeksi, bagian otak Anda bertanggung jawab untuk mengatur suhu, yang disebut hipotalamus, mengaktifkan termostat internal Anda. Ini adalah bagian dari cara tubuh Anda membela diri melawan penjajah asing ini.

Gustavo Ferrer, MD, presiden Ahli Perawatan Intensif di Weston, Florida, mengatakan beberapa demam dapat diobati di rumah, sementara yang lain memerlukan perawatan medis. Respon yang tepat tergantung pada usia seseorang, gejala, kesehatan umum dan demam maksimal, jelasnya.

Baca terus tips berikut untuk mengetahui lebih banyak tentang demam pada orang dewasa dan anak-anak, apa yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan demam, dan kapan harus ke dokter.

Periksa termometer Anda

Dari saat pertama, jika Anda merasa demam, ambillah suhu tubuh Anda. Suhu tubuh bervariasi dari orang ke orang, sesuai dengan waktu, dan karena faktor lainnya, termasuk saat ovulasi pada wanita yang sedang haid. Jika termometer Anda membaca derajat lebih rendah atau lebih tinggi dari biasanya, jangan berkeringat.

Anda memasuki daerah demam saat suhu Anda mencapai 100,4 atau lebih. (Dipercaya bahwa suhu rektal adalah ukuran yang paling akurat pada anak kecil).

Sementara demam biasanya disebabkan oleh virus seperti yang pilek menyebabkan atau influenza, demam juga dapat menunjukkan infeksi bakteri (seperti streptococcus atau infeksi saluran kemih), gangguan inflamasi dan imunologi tertentu (termasuk rheumatoid arthritis), atau kanker.

Minum semuanya

Jangan memperhatikan pepatah lama “beri makan dingin, hilangkan demam.” Padahal, pilek juga bisa menghasilkan demam, dan saat Anda melawan demam, cairan adalah teman Anda.

“Demam dehidrasi dan harus mengganti apa yang telah hilang,” jelas Dr Ferrer, yang juga menjabat sebagai direktur program beasiswa paru Aventura Rumah Sakit dan Pusat Medis.

Stok air, teh dan ayam adalah pilihan cerdas. Dokter anak Anda mungkin merekomendasikan solusi elektrolit untuk anak kecil.

Tanpa nafsu makan? Jangan makan

Bila tubuh Anda demam karena infeksi sejenis, Anda mungkin juga mengalami sakit perut atau mual, belum lagi kurangnya nafsu makan. Mungkin sulit untuk menjaga makanan tetap rendah atau tidak menarik untuk dimakan, jelas Dr. Ferrer, jadi “tidak pernah memaksa orang untuk makan.”

Tapi jika Anda merasa ingin makan, semangkuk sup ayam mengukus mungkin persis seperti yang diperintahkan dokter. Dalam sebuah penelitian terkenal yang diterbitkan hampir dua dekade yang lalu, para peneliti menunjukkan bahwa sup ayam sebenarnya memiliki khasiat obat. Ini memperlambat pergerakan sel darah putih yang melawan infeksi, dan diyakini bahwa tindakan ini membantu meringankan gejala saluran pernafasan bagian atas.

Tetap nyaman dingin

Tidak ada bukti bahwa menempatkan lapisan pada selimut “dan mencoba untuk berkeringat demam” memiliki beberapa keuntungan, kata Dr. Ferrer.

Sebagai gantinya, Anda mungkin merasa lebih baik jika tetap tenang, katanya. Salah satu cara untuk mengatasi panas adalah dengan mandi hangat atau dingin atau mandi pada suhu yang nyaman untuk Anda. Menerapkan kompres dingin ke leher, ketiak atau dahi juga bisa membantu mendinginkan kulit melalui penguapan. Metode ini tidak akan mengobati penyebab demam, tapi bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan saat tubuh Anda melawan kesalahan.

Istirahat sedikit

Berikan pada godaan untuk tidur! Bila Anda demam, itu berarti sistem kekebalan tubuh Anda bekerja lembur untuk melawan infeksi atau penyakit yang membuat Anda sakit.

Berikan tubuh Anda kesempatan bertarung dengan menangkap beberapa kedipan. Studi menunjukkan bahwa tidur meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Ambil peredam demam

Acetaminophen (Tylenol) dan ibuprofen (Advil, Motrin) adalah obat yang dianjurkan untuk mengurangi demam pada orang dewasa dan anak-anak. Aspirin juga efektif pada orang dewasa, tapi seharusnya tidak diberikan pada anak-anak atau remaja. Ini telah dikaitkan dengan kondisi langka yang disebut sindrom Reye yang menyebabkan radang otak dan kerusakan hati pada orang muda yang berjuang melawan infeksi virus, menurut Mayo Clinic.

Orang tua: Pastikan untuk memberikan dosis parasetamol atau ibuprofen yang benar sesuai dengan usia dan berat anak Anda. Dan ketahuilah bahwa parasetamol bisa disembunyikan di banyak obat bebas yang diminum untuk meredakan gejala flu dan flu. Anda tidak ingin terlalu banyak, memperingatkan Dr. Ferrer, karena “itu masih salah satu alasan paling umum untuk gagal hati.”