Antioksidan dalam Perawatan Kulit

Jika Anda adalah fans perawatan kulit, Anda pasti sudah pernah mendengar kata “radikal bebas”. Banyak produk dibuat untuk “melawan radikal bebas”. Akan tetapi, apa itu radikal bebas dan bagaimana kita dapat melindungi diri darinya? Mari kita kenal musuh dari kulit sehat ini dan bagaimana kita dapat melawannya.

Apa itu radikal bebas?

Radikal bebas adalah molekul oksigen reaktif kecil yang dapat merusak kulit. Menurut Dr. Diane Madfes, seorang dermatologis konsultan, radikal bebas dapat merusak sel kulit, DNA, dan produksi kolagen. Tubuh kita memproduksi radikal bebas juga sendiri, meskipun sisanya datang dari ancaman luar seperti sinar UV dan polusi. Seiring waktu berjalan, efeknya pada kulit kita akan muncul dalam bentuk keriput, kulit meregang serta kasar.

Bagaimana kita dapat melindungi diri dari radikal bebas?

Antioksidan sangat penting dalam perang melawan radikal bebas. Satu cara mencegah kerusakan permukaan kulit dari radikal bebas adalah melalui antioksidan karena mereka dapat membantu menetralisasi molekul-molekul tersebut dan mencegah mereka menyebabkan tanda-tanda penuaan pada tubuh. Tubuh kita memproduksi jumlah antioksidan yang terbatas, jadi sangat penting untuk memasukkan antioksidan secara rutin ke dalam tubuh. Masukkan antioksidan ke dalam pola makan dan rutinitas perawatan kulit untuk mendapatkan kulit yang tampak muda dan bercahaya.

Di mana kita temukan antioksidan?

Antioksidan kedengarannya seperti istilah yang rumit, tapi sebenarnya dapat Anda temukan pada kehidupan sehari-hari. Antioksidan adalah molekul dapat mencegah oksidasi radikal bebas. Anda dapat menemukan oksidasi di mana saja, contohnya saat Anda memotong alpukat dan alpukatnya berubah warna jadi coklat, itu artinya telah terjadi oksidasi.

Antioksidan dalam perawatan kulit

Banyak produk perawatan kulit mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, dan E. Memasukkan produk-produk ini ke dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari dapat membnatu kulit melawan radikal bebas.

Apabila tujuan Anda adalah mencerahkan kulit, carilah vitamin C, yang dianggap sebagai salah satu antioksidan paling efektif untuk mencerahkan kulit.

Antioksidan dalam makanan

Antioksidan juga ditemukan dalam berbagai macam makanan. Vitamin A dapat ditemukan dalam sayuran dan buah seperti wortel, labu, dan mangga. Vitamin C ditemukan dalam buah jeruk atau sayuran seperti kale dan tomat. Vitamin E terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak. Selenium ada dalam protein seperti daging merh, ayam, dan telur. Jika Anda menginginkan diet yang kaya antioksidan, coba masukkan makanan ini dalam pola makan dengan penekanan pada buah-buahan dan sayuran.