6 Gejala atau Penyakit yang Sering Menyerang Tubuh Saat Berpuasa

Sobat sehat, puasa selain memiliki banyak manfaat, ternyata saat berpuasa juga ada gejala atau penyakit tertentu yang sering menyerang tubuh anda. Disini saya akan memberikan penjelasan, apa saja penyakit atau gejala tersebut dan bagaimana solusinya. Mari kita mulai.  Yang pertama adalah sakit kepala. Jadi bagi anda yang sedang berpuasa dan mengalami sakit kepala, bisa jadi karena faktor-faktor seperti berikut:

Kurang Istirahat

Yang pertama adalah mungkin karena anda terlalu lelah. Kurang tidur. Karena anda tidak terbiasa, mungkin pada puasa hari ertama dan kedua anda mengalami sakit kepala karena sebelumnya anda kurang tidur. Atau anda kurang cukup mengkonsumsi air pada saat jam makan. Atau mungkin saat anda berpuasa, pekerjaan anda sedang berat.  Anda sedang stress. Hal ini dapat membuat nyeri kepala. Dan pada beberapa orang yang memiliki penyakit diabetes, ketika anda berpuasa,gula darah anda mengalami penurunan yang drastis, atau disebut dengan hipoglikemia. Jadi saran saya bagi anda yang memiliki penyakit-penyakit tertentu,tolong konsultasikan lagi ke dokter anda agar bisa diatur obat yang anda konsumsi pada saat anda berpuasa.

Kemudian yang kedua adalah bau mulut.

Saya juga pernah membahas ini di video saya. Jadi bagi anda yang berpuasa, karena rentang waktu yang cukup lama anda tidak makan dan tidak minum,akhirnya produksi saliva di dalam mulut anda berkurang.  Dan hal ini akan menyebabkan bau mulut. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Silahkan cek video saya sebelumnya disini.

Lalu yang ketiga adalah tekanan darah rendah.

Bagi anda yang sering sakit kepala, pusing, setelah jongkok-berdiri, rasanya di atas kepala ada ‘bintang-bintangnya’, coba anda cek tekanan darah anda. Jika rendah, segera konsultasikan ke dokter atau ke ahli gizi. Mungkin anda kekurangan asupan zat gizi lainnya seperti protein, karbohidrat, atau mungkin zat-zat gizi mikro. Jadi, sebaiknya anda perbaiki dulu kondisi tubuh anda.  Bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah, sebelum anda berpuasa. Jadi jangan sampai saaat anda melakukan puasa, anda justru jatuh pingsan karena tekanan darah anda drop.

Gejala atau penyakit yang keempat adalah hipoglikemia.

Jadi bagi mereka yang baru pertama kali berpuasa , mereka yang terbiasa makan banyak karbohidrat misalnya mie, nasi dan sebagainya,tiba-tiba tidak makan makanan tersebut. Akhirnya tubuh yang terbiasa mendapat asupan gula yang banyak, maka saat berpuasa tubuh akan “kaget”. Jadi hal itu wajar, karena baru pertama kali. Tetapi bagi anda penderita diabetes, ini adalah catatan penting bagi anda penderita diabetes atau kencing manis. Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter anda.  Anda jangan membeli obat sendiri di apotek.  Mentang-mentang anda diabetes, lalu anda membeli sendiri obat diabetes.

Akhirnya pada saat anda berpuasa, jadi saat tidak ada asupan makanan,dan anda minum obat diabetes. Maka akhirnya gula darah anda akan drop di bawah normal. Tentu saja anda akan mengalami hipoglikemia. Anda akan pusing, keluar keringat dingin, mual, muntah, dan bahkan kalau parah bisa sampai koma. Jadi pesan saya adalah konsultasikan ke dokter anda.Lalu gejala atau penyakit yang selanjutnya adalah dispepsia atau kita kenal dengan sakit maag.  Nyeri ulu hati.

Beberapa orang yang mengalami sakit maag justru akan sembuh saat berpuasa. Tetapi pada beberapa orang, justru akan bertambah parah. Dan saya tidak akan cerita panjang lebar tentang dispepsia disini. Lalu gejala atau penyakit yang keenam adalah konstipasi. Mungkin bagi sobat sehat, ada yang pernah mengalaminya.

Sembelit

Yang keenam tadi adalah konstipasi atau yang kita kenal dengan sembelit. Atau ada orang bilang “saya susah Buang Air Besar, dok. . ”.  Jadi, kalau ke kamar mandi harus mengejan.  Jadi, konstipasi itu terjadi karena perubahan pola makan.  Yang biasanya anda makan 3 kali sehari, lalu ngemil.  Akhirnya pada saat anda berpuasa, anda mungkin hanya makan 2 kali. Sebelum puasa dan saat berbuka puasa.  Akhirnya volume makanan anda tentunya akan berkurang.  Kalau misalkan saya katakan biasanya 100%, akan berkurang menjadi kehilangan 30%. Akhirnya volume berkurang, kemudian jumlah cairan juga harus anda perhatikan. Karena untuk membentuk kotoran, diperlukan serat dan cairan yang cukup. Serta gerakan peristaltik otot usus besar anda.

Jadi, coba perhatikan kecukupan serat dan air anda. Dan kalau bisa, tambahkan sedikit olahraga agar otot dari pencernaan anda juga ikut aktif. Dan saya juga pernah membahas video tentang konstipasi.  Anda bisa melihat videonya disini. Yaitu membahas bagaimana penanganannya, berapa jumlah air yang harus saya minum, dan sebagainya. Oke, itu tadi adalah 6 gejala atau penyakit yang sering menyerang tubuh saat anda berpuasa. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terutama bagi anda yang sedang berpuasa.