5 Manfaat Kesehatan Apel

Apel merupakan buah yang sangat umum sampai-sampai hampir terabaikan – orang-orang lebih suka buah yang menarik perhatianm seperti delima atau goji berry.

Akan tetapi, sebenarnya apel memiliki manfaat nutrisi yang mengejutkan sehingga memunculkan pepatah “satu apel sehari”. Berikut ini beberapa manfaat dari apel.

1.Nutrisinya

Apel mengandung cukup banyak serat (4 gram per apel berukuran sedang) untuk kalori berjumlah sedang (95) sehingga membuatnya cemilan manis yang mengenyangkan. Tambahan lagi, satu apel berukuran sedang setara dengan satu cup buah-buahan, jadi setelah memakan satu Anda sudah hampir memenuhi kuota buah-buahan dalam satu hari (sekitar 2 cup untuk orang dewasa yang sedang berdiet dengan 2000 kalori). Apel juga adalah sumber baik dari vitamin C peningkat imunitas tubuh (menyediakan hingga 14% dari jumlah harian yang dianjurkan).

2. Menurunkan berat badan

Apel dapat mengenyangkan dengan kalori sedikit sehingga tidak mengejutkan kalau apel bisa menjadi bagian dari diet untuk menurunkan berat badan. Dan dalam sebuah studi akhir-akhir ini, apel kering juga dapat membantu partisipan menurunkan berat badan. Wanita yang memakan satu cup apel kering setiap hari selama setahun dapat menurunkan berat badan mereka serta menurunkan risiko penyakit jantung dan kolesterol. Para peneliti Universitas Negara Bagian Florida menduga bahwa antioksidan dan pektin (sejenis serat) dalam apel memainkan peranan dalam hal ini – dan menduga bahwa apel segar akan lebih efektif lagi.

3. Kesehatan jantung

Studi Kesehatan Wanita Iowa melaporkan bahwa, di antara 34000 lebih wanita yang diteliti selama hampir 20 tahun, apel diasosiasikan dengan risiko kematian yang lebih rendah dari baik penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular. Beberapa tahun sebelumnya, para peneliti Finlandia mempelajari data diet yang dikumpulkan selama 28 tahun dari 9208 pria serta wanita dan menemukan bahwa orang yang sering makan apel memiliki risiko terkena stroke yang lebih rendah daripada mereka yang tidak makan apel. Para ahli mengatakan bahwa manfaat kesehatan bagi jantung ini berkat komponen antioksidan yang ditemukan dalam apel, yang mencegah kolesterol LDL dari mengoksidasi dan menghambat peradangan. Tambahan lagi, serat mudah larut dalam apel juga telah ditunjukkan dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

4. Melindungi terhadap sindrom metabolisme

Orang yang makan apel kemungkinan akan lebih jarang terkena sindrom metabolisme, yaitu sekumpulan sindrom yang dihubungkan dengan risiko penyakit jantung yang meningkat dan diabetes. Joyce Hendley melaporkan dalam majalah Eating Well bahwa para peneliti yang meneliti data National Health and Nutrition Examination Study (NHANES), menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi apel dalam bentuk apapun memiliki risiko 27% lebih sedikit terkena sindrom metabolisme daripada mereka yang tidak makan apel. Para pemakan apel juga memiliki jumlah protein C-reaktif yang lebih rendah. Protein ini merupakan penanda peradangan, di mana kemunculannya berarti terdapat kenaikan risiko untuk penyakit jantung dan diabetes.

5. Membuat Anda berolahraga lebih lama

Makan apel sebelum berolahraga dapat memperkuat daya tahan berolahraga Anda. Apel mengandung antioksidan yang disebut quercetin, yang membantu meningkatkan daya tahan dengan cara membuat oksigen lebih mudah didapat paru-paru. Satu studi menunjukkan bahwa quercetin – yang dimakan dalam bentuk suplemen – dapat membantu orang bersepeda lebih lama.