5 Kebiasaan Agar Tidur Dapat Optimal

Apabila Anda tidak bisa tidur, kemungkinan kebiasaan sebelum tidur Anda lah yang salah. Sama halnya ketika Anda melakukan kebiasaan bangun tidur Anda agar lebih mudah bangun, Anda memerlukan kebiasaan sebelum tidur yang baik untuk membantu merilekskan badan untuk tidur. Jika Anda ingin tahu bagaimana agar lebih cepat tidur dan meningkatkan kualitas tidur Anda, berikut kebiasaan sebelum tidur yang dapat membantu.

1. Membaca buku

Salah satu cara terbaik untuk melupakan stres sehari-hari yaitu dengan cara membaca buku yang bagus. Sisihkan 15-20 menit sebelum tidur untuk waktu membaca. Pastikan bacaan sebelum tidur Anda terdiri dari buku fiksi untuk membiarkan pikiran berlari bebas serta simpan saja buku non fiksi, yang melatih otak untuk mulai merencanakan dan berpikir, pada perjalanan menuju tempat kerja.

2. Kamar tidur untuk tidur saja

Semakin banyak aktivitas yang Anda lakukan di kamar tidur, semakin sedikit tubuh Anda akan menghubungkan ruangan tersebut dengan waktu tidur. Pilih ruangan lain untuk bekerja, nonton TV dan berselancar di internet. Para ahli mengatakan bahwa membiarkan kamar tidur hanya untuk tidur alih-alih menggunakannya sebagai meja kerja kedua akan membantu melatih pikiran dan tubuh untuk menghubungkannya dengan rasa lelah.

3. Konsisten pada waktu tidur

Tetap kukuh pada waktu tidur sangat bermanfaat untuk kecantikan Anda. Konsistensi memberitahu tubuh Anda kapan tepatnya harus tidur – dan kapan waktunya bangun. Ketika tubuh Anda sudah terlatih untuk shut down setiap malam, tubuh akan beristirahat dengan pebuh. Dengan mengatur jam internal tubuh Anda, Anda akan tertidur – dan tetap tidur – lebih mudah.

4. Jangan tidur dengan perut kenyang – atau lapar

Membiarkan tubuh mencerna makanan setidaknya 3 jam sebelum tidur akan mencegah gangguan tidur yang berupa sakit perut. Pada sisi lain, tidur dengan perut keroncongan akan menjauhkan Anda dari waktu REM yang berharga. Jika Anda lapar sebelum waktu tidur, makan sesuatu yang sehat dan tidak memengaruhi kadar gula darah Anda, seperti apel, pisang, atau sedikit kacang-kacangan.

5. Mandi air hangat

Mandi air hangat tentu sangat merilekskan serta terdapat ilmu sains yang mendukung bahwa mandi air hangat sebelum tidur dapat memberikan Anda 7-9 jam tidur lelap. Suhu tubuh secara alami turun saat malam. Ketika Anda menaikkan suhu tubuh dengan mandi air hangat – idealnya 2 jam sebelum tidur – penurunan suhu internal yang lebih tajam akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.