5 Cara Menggunakan Shea Butter

Apabila Anda menginginkan kulit lembab dan rambut sehat (memangnya siapa sih yang tidak mau?) maka shea butter sudah pasti harus ada dalam arsenal Anda. Bahan alami menakjubkan ini dapat mengubah kulit kering dan rambut mengembang jadi lembut dan halus. Berikut ini kami berikan cara-cara Anda dapat memanfaatkan shea butter.

1. Sebagai pelembab

Shea butter dapat membantu melembabkan kulit yang paling kering dan retak-retak sekalipun. Sekali dioleskan ke kulit, shea butter menjadi bertekstur seperti minyak dan dapat diserap dengan mudah oleh kulit. Shea butter dapat mengurangi ketegangan kulit dan kulit kering dengan cara mengembalikan kelembaban. Bahan ini dapat digunakan sebagai pelembab kapanpun.

2. Untuk mengatasi bibir pecah-pecah

Apakah bibir Anda sering pecah-pecah? Shea butter dapat membantu Anda. Shea butter sempurna untuk kulit pecah-pecah apapun – yang terjadi umum pada bibir – dan membantunya untuk sembuh. Oleskan sedikit pada pagi hari dan malam hari untuk memastikan vivir tetap halus dan lembut.

3. Melawan ketombe dan iritasi kulit kepala

Shea butter memiliki efek menenagkan, yang dapat menenangkan kulit kepala khususnya jika Anda memiliki kulit kepala yang kering. Gunakan sedikit shea butter, dan pisah rambut. Pijatkan ke kulit kepala dalam gerakan melingkar. Jika rambut Anda juga kering, Anda juga dapat menyisirkan shea butter ke rambut dan biarkan menyerap selama satu jam sebagai sampo sebelum mencuci rambut.

4. Sebagai Krim Pelembut untuk Rambut Mengembang

Rambut kasar, kering, atau mengembang (atau gabungan ketiganya) tidak mungkin dapat melawan shea butter. Apabila rambut Anda cenderung mengembang saat kering – atau hanya terasa lebih sulit diatur daripada biasanya – gunakan shea butter pada area bermasalah.

5. Untuk menghaluskan tangan

Shea butter umum ditemukan di krim tangan, karena dapat mengatasi kulit kering serta menghaluskan kutikel kasar. Jika Anda ingin tangan yang halus, cobalah masker tangan shea butter ini seminggu sekali. Campur sedikit shea butter dengan gula coklat dan beberapa tetes jus lemon. Gosokkan tangan bersama untuk membuang sel kulit mati. Lalu bilas campuran dengan sabun dan air, kemudian oleskan lebih banyak lagi shea butter ke tangan dan pijatkan ke kulit. Setelah shea butter menyerap, pakai sarung tangan atau kaus kaki untuk mengistirahatkannya semalaman. Anda pun akan mendapatkan tangan lembut dan lembab.