5 Bahan Terbaik untuk Membuat Smoothie

Smoothies ideal sebagai cemilan ataupun makanan instan, khususnya saat cuaca panas dan merupakan cara hebat untuk memasukkan nutrisi; tapi dengan banyaknya pilihan, mengetahui bahan mana yang digunakan bisa menjadi pilihan sulit. Berikut inilah panduan bagaimana mencampur smoothie yang sehat:

Cairan

Tuangkan 1-2 cangkir sebagai komponen pertama Anda. Semakin banyak yang Anda tambahkan, semakin encer smoothie Anda. Sedikit lebih baik karena Anda masih bisa menambahkan nantinya.

  • Air – untuk memastikan rasanya tidak berubah, air adalah pilihan aman dan ini bisa menjadi cara lain untuk memenuhi jumlah air harian yang dianjurkan untuk diminum.
  • Susu – baik yang kedelai, almond, ataupun santan – pilihlah versi yang tidak ditambah pemanis – agar jika dicampur dengan protein berperisa dan tambahan lainnya, hal ini tidak akan terlalu memengaruhi rasanya.
  • Jus – jus jeruk atau apel biasanya lebih disukai, tapi cobalah yang lain jika mau. Hanya saja selalu pastikan untuk memerhatikan kandungan gulanya.
  • Air kelapa – untuk memberikan sentuhan tropis (dan elektrolit ekstra).
  • Teh hijau – kaya akan antioksidan dan tidak berasa.

Protein

Tambahkan satu sendok whey, kedelai, rami, atau spirulina untuk mendapatkan smoothie yang mengenyangkan. Terdapat berbagai macam rasa, jadi pilihlah berdasarkan selera Anda. Flaxseed, kecambah gandum, atau biji chia juga merupakan pilihan bagus untuk mendapatkan serat ekstra atau mengubahnya jadi cemilan ringan.

Buah/sayuran

Baik segar, beku, atau kombinasi keduanya, buah dan sayuran lah yang memberikan isi pada smoothie Anda. Anda bisa bereksperimen dengan bahan-bahan berikut ini:

  • Buah yang berkrim (1-2): setengah pisang (dapat digunakan sebagai dasarnya), mangga, pir, persik, alpukat
  • Buah tak berkrim (1-2): buah beri, nanas, melon, apel, anggur, kurma, dan apapun yang ingin Anda coba – tidak ada yang bisa salah dengan buah-buahan!
  • Sayuran (pilih salah satu): bayam, kale, wortel; atau yang lebih tak umum (tapi tetap bernutrisi) seperti ubi jalar, labu, dan mentimun.

Kekentalan

Untuk mengentalkan smoothie Anda (selain dengan es), tambahkan beberapa sendok yogurt Yunani atau yang rendah lemak, selai kacang, beberapa potong tahu, atau setengah potong alpukat. Setiap bahan ini sangat bernutrisi serta penh protein – tambahkan lebih dari satu dan Anda pasti akan mendapatkan smoothie yang rasanya lebih seperti susu kocok!

Rasa/tambahan

Meskipun rasio bahan yang benar akan menghasilkan smoothie yang enak, pasti kadang-kadang Anda ingin menambahkan tambahan rasa juga. Tambahkan sedikit madu, kayu manis, bubuk coklat, esens vanila, atau pala parut tergantung pada rasa yang Anda inginkan. Ingatlah, sedikit saja pun sudah akan memberikan pengaruh besar pada rasanya!