10 Tips Meningkatkan Konsumsi Kalsium

Kalsium sangat penting untuk gigi dan tulang yang sehat. Kalsium juga memainkan peranan penting dalam kesehatan dan fungsi saraf serta jaringan otot. Kebanyakan orang tidak cukup mendapatkan nutrisi vital ini dalam pola makan mereka.

Berikut ini beberapa cara untuk mengonsumsi lebih banyak kalsium

  1. Masukkan produk susu dalam pola makan setiap hari. Pilihlah antara susu, yogurt, keju, atau kustar berbasis susu.
  2. Belajar untuk mencintai sayuran berdaun hijau. Masukkan satu sajian brokoli, kol, bok choy, atau bayam dalam piring makan siang serta makan malam Anda setiap hari.
  3. Makan lebih banyak ikan. Jika Anda tidak bisa mendapatkan ikan segar, makanlah ikan kalengan seperti sarden atau salmon yang masih ada tulangnya.
  4. Menggantikan daging dalam beberapa menu dengan tahu atau tempe. Keluarga Anda pasti akan menerima baik perubahan ini. Lagipula, mengurangi konsumsi lemak jauh baik bagi kesehatan Anda.
  5. Mengemil kacang kaya kalsium seperti kacang Brazil atau almond. Sediakan satu kotak penuh kacang-kacangan dan biji-bijian dan makanlah segenggam penuh sebagai cemilan harian.
  6. Kurangi konsumsi kafein, minuman ringan, dan alkohol. Mereka semua menghalangi kalsium dan seharusnya dikonsumsi dalam moderasi.
  7. Taburkan biji wijen pada sayuran atau salad. Biji wijen sangat mudah untuk dimasukkan dalam semua menu serta tinggi akan kalsium.
  8. Cobalah makanan yang diperkaya kalsium untuk sarapan. Beberapa sereal, jus buah dan roti yang ditambahkan kalsium dalam kandungannya sekarang sudah tersedia.
  9. Ajari anak tentang pentingnya memasukkan produk susu dalam pola makan mereka. Jika mereka lebih suka susu kedelai, pastikan pilih yang diperkaya dengan kalsium dan dorong mereka untuk makan keju dan yogurt.
  10. Pilih yogurt dan keju bebas laktosa jika Anda alergi laktosa. Produk-produk ini masih memiliki kalsium.