10 makanan kaya antioksidan yang harus Anda makan

Banyak dari kita mengambil umpan dengan kata “antioksidan”, membeli produk kesehatan dan kecantikan tanpa mengetahui secara pasti bagaimana senyawa misterius ini benar-benar menguntungkan kita. Mari kita jelaskan bahwa: “Antioksidan bertindak seperti pengawal kecil untuk melindungi sel kita dari kerusakan akibat penuaan dan penyakit dini,” jelas Cynthia Sass, editor nutrisi penyumbang Kesehatan. Mereka menetralkan radikal bebas berbahaya, molekul yang berperan dalam kanker, Alzheimer, penyakit jantung dan banyak lagi.

Meskipun ada banyak suplemen diet antioksidan di pasaran, para ahli kesehatan umumnya menganjurkan agar Anda mengkonsumsinya dengan cara kuno: melalui diet Anda. Faktanya, Sass mengatakan bahwa ia harus mengonsumsi makanan kaya antioksidan beberapa kali sehari.

Untungnya, meningkatkan asupan antioksidan harian Anda cukup sederhana; Mereka ditemukan di banyak buah, kacang, sayuran dan bahkan permen favorit Anda. Bingung di mana menemukan antioksidan paling banyak? Kami meninjau database lebih dari 3.100 makanan, minuman, rempah-rempah dan rempah-rempah (awalnya disusun dan dipublikasikan di Jurnal Nutrisi tahun 2010) untuk menemukan 10 makanan kaya antioksidan terbaik (per 100 gram) yang dibutuhkan Blackberry.

Banyak antioksidan adalah senyawa tanaman yang disebut polifenol; Mereka yang berangan ungu gelap ini telah dikaitkan dengan penurunan keterampilan kognitif dan motorik yang lebih lambat dengan penuaan. Buah beri juga mendapatkan daya antioksidan vitamin C, belum lagi hanya satu cangkir berisi 7 gram serat, sekitar sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan.

Kacang pecan

Hanya segenggam kacang ini per hari dapat membantu menurunkan kolesterol. Pecan penuh dengan bijih mangan, yang memiliki antioksidan anti-defisiensi usia untuk membantu menjaga agar kulit tetap kencang. Bonus untuk pria: kenari juga mengandung beta-sitosterol, yang berkontribusi terhadap kesehatan prostat.

Blueberry

Cranberry dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kolesterol HDL “baik” dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Mereka mengandung antioksidan unik, disebut proanthocyanidins atau PAC, yang mencegah E. coli dan bakteri lainnya menempel pada dinding kandung kemih, yang membantu mencegah infeksi saluran kemih.

Kacang

Kacang tidak hanya merupakan sumber protein, serat dan mangan padat, tapi juga mengandung lemak tak jenuh jantung sehat, seperti semua kacang. Tapi dibandingkan dengan varietas lain, kenari sangat kaya akan asam alfa-linolenat, sejenis asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan pada tumbuhan.

Stroberi

Stroberi sarat dengan vitamin C dan antioksidan ramah kulit lainnya yang membantu mengembalikan kerusakan kulit akibat sinar UV dan polusi. Mereka juga mengandung folat, vitamin B yang membantu melindungi jantung Anda. Juga diketahui bahwa stroberi secara alami memutihkan gigi Anda.

Hati artichoke

Berkat jumlah magnesium yang melimpah, artichoke diketahui menghasilkan energi. Dengan kandungan antioksidan tertinggi dari semua sayuran yang termasuk dalam database, artichoke juga membantu meningkatkan kesehatan jantung dan hati.

Blueberry

Antioksidan yang memberi potensi kecil ini sebagai antosianin biru-dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker. Cranberries juga sarat dengan vitamin C dan K dan mangan dan diperkirakan membantu melindungi terhadap penyakit jantung dan kehilangan ingatan terkait usia.

Coklat hitam

Seolah-olah Anda perlu alasan lain untuk makan lebih banyak cokelat! Coklat pahit mendapatkan manfaat kesehatannya yang terkenal dengan antioksidan yang disebut flavonol yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko diabetes. Angkat saus cokelat olahan dengan menambahkan gula dan susu, seperti biasa, karena kadar antioksidannya lebih rendah.

Cerry

Warna merah intens ceri disebabkan oleh tingginya kadar antosianin, yang juga ditemukan pada cranberry, yang mengurangi peradangan dan membantu mengurangi kolesterol.  Ceri kalengan atau ceri dan ceri kering diperoleh nilai yang lebih baik untuk antioksidan daripada variasi manis dan segar. Ceri asam mengandung keuntungan tambahan: melatonin, yang dapat membantu mengatur siklus tidur.

Raspberry

Seiring dengan buah beri lainnya, raspberry membantu memerangi kondisi inflamasi, seperti asam urat dan artritis. Hal ini diyakini bahwa serat dan polifenol melindungi terhadap penyakit jantung, sementara tingkat tinggi dari jenis antioksidan yang disebut ellagitannins dapat memerangi kanker.